Manajemen Pendidikan Di Negara Cina

Yudi -, MN. Feisyal Abdul Aziz

Abstract


Pendidikan merupakan jendela ilmu pengetahuan yang bermanfaat bagi kehidupan setiap orang. Tinggi dan rendahnya tingkat pendidikan sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi suatu negara. Akibatnya, mempengaruhi stabilitas daya saing suatu negara. Berdasarkan beberapa bukti empiris negara China menjadi salah satu negara yang memilki pendidikan terbaik di dunia. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengapa pendidikan di China bisa menjadi salah satu yang terbaik di dunia serta seberapa jauh penerapan manajemen pendidikan di China sehingga dapat dikatakan salah satu negara pendidikan terbaik d dunia.

Hasil pembahasan dan diskusi menunjukan bahwa China memiliki sistem pendidikan bersifat transentralisasi, artinya mulai dari level pusat, provinsi, kotamadya, kabupaten, dan termasuk daerah-daerah otonomi setingkat kotamadya. Kemudian pendidikan di China terdiri dari empat sektor (1) basc education, (2) technical & vacational education, (3) higher education, dan (4) adult education. Selain empat sektor tersebut terdapat pula pendidikan non formal yaitu pendidikan literasi guna untuk memberantas buta huruf. Kurkulum pendidikan di china lebih fleksibel dengan kebutuhan siswanya dan kesejahteraan guru lebih diperhatikan.

 


Full Text:

PDF

References


Anwar, C. (2014). Sistem Pendidikan di Cina. Beijing. Kantor Atase Pendidikan KBRI.

Fadillah, et al. (2019). UPAYA MENINGKATKAN KECERDASAN SPIRITUAL PESERTA DIDIK MELALUI MANAJEMEN PESERTA DIDIK. Manajemen Pendidikan Islam, 5.

Guodong, X. (2003). Adult Education in China: Present Situation, Achievements and Challenges. In DVV Internatonal. Online. https://www.dvv-international.de/en/adult-education-and-development/editions/aed-602003/25-years-of-cooperation-aspbae-and-iizdvv/adult-education-in-china-present-situation-achievements-and-challenges/

Hikamat. (2011). Manajemen Pendidikan (2nd ed.). Bandung. CV Pustaka Setia.

ICAN. (2020). Sistem Penddikan Di China. Online. https://www.ican-education.com/berita-event/news/sistem-pendidikan-di-china

Koranyogya. (2018). Sistem Pendidikan Tinggi di Cina. In Terompet Anak Bangsa Koranyogya.com. Online. https://koranyogya.com/sistem-pendidikan-tinggi-di-cina/#:~:text=Cina memiliki sistem pendidikan universitas,selama lebih dari 10 tahun.&text=Di sisi lain%2C perintah tingkat,memasukkan kurikulum dalam bahasa Mandarin.

Liebchen. (2013). Nambah Pengetahuan Dengan Mengetahui Sistem Pendidikan Cina Yu. In Sekolah Luar Negeri. Online. https://konsultanpendidikan.com/2013/10/05/nambah-pengetahuan-dengan-mengetahui-sistem-pendidikan-cina-yu/amp/

Mustari, M. (2015). Manajemen Pendidikan (1st ed.). Depok. Rajawali.

OECD. (2018). Beijing, Shanghai, Jiangsu and Zhejiang (China). In PISA RESULTS.

Putra, A. (2017). MENGKAJI & MEMBANDINGKAN KURIKULUM 7 Negara ( Malaysia, Singapura, Cina, Korea, Jepang, Amerika dan Finlandia). In File_Perbandingan Kurikulum.

Wijaya, I. E. (2007). STUDI KOMPARATIF PENDIDIKAN DI KAWASAN ASIA (RRC, KOREA SELATAN, JEPANG ). Educar, 5(1), 48–66.




DOI: https://doi.org/10.25134/equi.v17i02.2924

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


EQUILIBRIUM: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi is Indexed in :                   
 
 
E-ISSN 2614-5839 ||  P-ISSN 02165287