ANALISIS GAYA BAHASA DARI KUMPULAN ESAI-ESAI GOENAWAN MOHAMAD PERIODE 1960-2001 SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA DI SMA

Ahmad Dedi Mutiadi

Abstract


Gaya bahasa merupakan bentuk retoris, dengan tujuan untuk menghadirkan kesan imajinatif bagi penyimak atau pembacanya. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) gaya bahasa apa yang muncul dalam kumpulan esai-esai Gunawan Muhamad periode 1960-2001?, 2) jenis gaya bahasa apa yang sering muncul dalam kumpulan esai-esai Gunawan Muhamad periode 1960-2001?, 3) apakah gaya bahasa yang terdapat dalam kumpulan esai-esai Gunawan Muhamad dapat digunakan sebagai alternatif bahan ajar bahasa Indonesia di SMA? Tujuan penelitian yang ingin dicapai penulis adalah Untuk mengetahui gaya bahasa yang terdapat dalam esai-esai Gunawan Muhamad periode 1960-2001. Untuk mengetahui gaya bahasa yang sering muncul dalam esai-esai Gunawan Muhamad periode 1960-2001. Untuk mengetahui dapat atau tidaknya esai-esai Gunawan Muhamad dipergunakan sebagai alternatif bahan ajar bahasa Indonesia di SMA. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode deskriftif kualitatif. Teknik yang digunakan adalah teknik dokumentasi, teknik studi pustaka, dan teknik analisis. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh judul dalam esai-esai Goenawan Mohamad periode 1960-2001, yang berjumlah 87 judul esai. Berdasarkan hasil analisis data tentang gaya bahasa yang terdapat dalam esai-esai Goenawan Muhamad periode 1961 – 2001, secara keseluruhan gaya bahasa berdasarkan urutan terbanyak adalah antonomasia, hiperbola, simile, sinekdoke totem properte, asindeton, anafora, satire, sinisme, hipalase, sinekdoke pras prototo, sarkasme, tautologi, litotes, koreksio epanortosis, perifrasis, metafora, inuendo, antisipasi prolepsis, elipsis, aptronim, okupasi, eroteris, paradoks, polisindeton, apostrof, metonomia, zeugma, personifikasi, slepsis, klimaks, apofasis, sinestesia, anadiplosis, depersonifikasi, paralelisme, tropen, asonansi, paranomasia, ironi, eponim, oksimoron, gradasi, alusio, antitesis, antiklimaks, epitet, eufeumisme, epanalepsis, pleonasme, mesodiplosis, asosiasi, alegori fabel, epizeukis. Saran bagi para guru bahasa Indonesia di SMA adalah semoga hasil penelitian ini dapat dijadikan bahan pembelajaran, bagi penulis semoga dapat meneruskan kebiasaan menulisnya sehingga dapat dijadikan referensi keilmuan. Peneliti sendiri menyadari masih banyak kekurangan dalam penelitian ini, semoga hasil penelitian ini dapat dijadikan langkah awal pengembangan keilmuan khususnya gaya bahasa bahasa Indonesia.
Kata kunci : gaya bahasa, esai Goenawan Mohamad, bahan ajar

References


Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian; Suatu Pendekatan Praktek Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsuka, Nirwan Ahmad. (2001). Kata, Waktu: Esai-Esai Gunawan Muhamad 1960-2001. Jakarta: Pusat Data dan Analisa Tempo

Chaer, Abdul. (2003). Psikolinguistik. Jakarta : Rineka Cipta.

Cunandar, Dadang. (2009). Skripsi Teknik Persuasi dalam Teks Pidato Soekarno di Depan Mahasiswa, pemuda, dan Pelajar. Kuningan:

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kuningan

Depdiknas. (2005). Materi Pelatihan Terintegrasi. Bahasa dan Sastra Indonesia.Pengembangan Kemampuan Menulis Sastra. Buku 3.

Jakarta: Direktorat PLP Dirjendikdasmen Depdiknas

Desmita. (2010). Psikologi Perkembangan. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.

Fuziara Desie. (2010). Skripsi Unsur-unsur Intrinsik Kumpulan Cerpen “Sampah Bulan Desember†Karya Hamsad Rangkuti Sebagai Upaya pemilihan Bahan Pembelajaran Apresiasi Sastra di SMA. Kuningan: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kuningan.

Heryadi, Dedi. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung: Puspill-Bandung.

Sudewa, Ari. (2011). Bahasa dan Sastra. Powered by WordPress.com. http://arisudev. wordpress. com/. 5.

Keraf, Gorys. (2010). Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Kleden, Ignas. (2004). Sastra Indonesia dalam Enam Pertanyaan. Jakarta: PT Pustaka Utama Grafiti.

Martiningtyas, Nining. (2011). Teori,Soal Pembahasan STATISTIKA. Jakarta PT Prestasi Pustakaraya.

Munsyi, Alif Danya. (2005). Bahasa Menunjukan Bangsa. Jakarta: Percetakan Grafika Madri Yuana..

Sanjaya, Wina. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana

Sugiantomas, Aan. 2006. Kajian Frosa Fiksi dan Drama. Kuningan: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Kuningan.

Sugiyono, 2007. Statistik Untuk Penelitian. Bandung: CV. Alfabeta.

Umar, Husein, 2003. Metode Riset Bisnis. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama




DOI: https://doi.org/10.25134/fjpbsi.v5i2.181



Copyright (c)



Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

e-ISSN 2614-7718 | p-ISSN 2086-0609

 Creative Commons License

View My Stats

Jl. Cut Nyak Dien No. 36A Cijoho-Kuningan

Pos. 45513 | [email protected]