KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERORIENTASI BERPIKIR KRITIS DALAM PEMBELAJARAN MENULIS KARANGAN ARGUMENTASI PADA SISWA KELAS XI SMK MUHAMMADIYAH 3 KUNINGAN TAHUN AJARAN 2013/2014

Nia Nurhayatin

Abstract


Judul penelitian ini “ Keefektifan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berorientasi Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Menulis Karangan Argumentasi Pada Siswa Kelas XI SMK Muhammadiyah 3 Kuningan Tahun Ajaran 2013-2014â€. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1). bagaimana perencanaan pembelajaran berbasis masalah berorientasi berpikir kritis dalam pembelajaran menulis paragraf argumentasi, 2) bagaimana aktivitas guru dan siswa dalam proses penerapan model pembelajaran berbasis masalah  berorientasi berpikir kritis dalam pembelajaran  menulis karangan argumentasi 3) bagaimana efektifitas model pembelajaran berbasis masalah berorientasi berpikir kritis dalam pembelajaran  menulis karangan argumentasi . Berdasarkan rumusan masalah di atas maka tujuan penelitian ini adalah: 1) mendeskripsikan perencanaan model pembelajaran berbasis masalah berorientasi berpikir kritis dalam pembelajaran menulis  karangan argumentasi 2). mendeskripsikan aktivitas guru dan siswa dalam penerapan model pembelajaran  berbasis masalah berorientasi berpikir kritis dalam pembelajaran  menulis karangan argumentasi, 3)  mengetahui keefektifan model pembelajaran berbasis masalah berorientasi berpikir kritis dalam pembelajaran  menulis karangan argumentasi.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu dengan kategori tes awal dan tes akhir pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi penelitian ini, yaitu siswa kelas XI  dengan sampel siswa eksperimen yaitu kelas XI TKJ 1 dan sampel kelas kontrol yaitu kelas XI TKR 1 SMK Muhammadiyah 3 Kuningan Tahun Ajaran 2013-2014. Instrumen yang digunakan yaitu berupa lembar observasi guru dan siswa, lembar tes awal dan tes akhir, dan lembar observasi.

Hipotesis dalam penelitian ini adalah “model pembelajaran berbasis masalah berorientasi berpikir kritis efektif diterapkan dalam pembelajaran menulis karangan argumentasi:. Setelah dilakukan penelitian, hipotesis itu terbukti. Hal ini dapat dilihat dari niai rata-rata tes akhir di kelas kontrol mengalami kenaikan dari tes awalnya yang tidak begitu signifikan karena hanya mencapai angka 10, yakni dari 52 menjadi 62. Ini menunjukkan bahwa model pembelajaran ceramah yang dilakukan guru di kelas kontrol berhasil diterapkan karena kemampuan siswa dalam menulis karangan argumentasi meningkat. Sedangkan di kelas eksperimen nilai rata-rata tes akhir menulis karangan argumentasi juga mengalami kenaikan yang signifikan dari tes awalnya, yakni dari 53 menjadi 81.  Atau mengalami kenaikan 28 angka. Disini menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah berorientasi berpikir kritis yang diterapkan di kelas eksperimen  berhasil dan efektif, karena dibuktikan dengan meningkat nya nilai siswa yang lebih tinggi dibandingkan di kelas kontrol.

       Berdasarkan hasil penelitian tersebut, penulis menyimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis masalahberorientasi berpikir kritis ini dapat digunakan sebagai aternatif dalam pembelajaran menulis karangan argumentasi.

Kata Kunci:  Pembelajaran Berbasis Masalah, Berpikir Kritis dan Karangan Argumentasi

References


Alwasilah, A.C. dan Alwasilah, S.S. (2007). Pokoknya Menulis Cara Baru! Menulis Dengan Metode Kolaborasi. Bandung: PT. Kiblat Buku Utama.

Amir, M. T. (2009). Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

B. Eaine Johnson. Dkk. (2002). CTL (Contextual Teacing & Learning). Bandung: Kaifa Learning

De Poter, Bobi. Dkk. (999). Quantum Learning.Bandung: Kaifa.

Depdiknas. (2005). Pedoman Umum Ejaan Yang Disempurnakan dan Pedoman Umum Pembentukan Istilah. Bandung: CV Pustaka Setia.

Fisher Alec. (2009). Berpikir Kritis: Sebuah Pengantar. Bandung: Erlangga

Indriati, Etty. (2001). Menulis Karya Ilmiah: Artikel, Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Jakarta: Gramedia.

Iskandarwassid, dan Dadang Suhendar. (2008). Strategi Pembelajaran Bahasa. Rosda: Bandung.

Kartono, St. (2009). Menulis Tanpa Rasa Takut, Membaca Realitas dengan Kritis. Yogyakarta: Kanisius.

Keraf, Goryf. (1982). Argumentasi dan Narasi. Jakarta: Gramedia.

Komala. (2006). Implementasi Pembelajaran Matematika Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Skripsi Sarjana .FPMIPA UPI. Bandung: Tidak Diterbitkan.

Kosasih, E. (2004). Kompetensi Ketatabahasaan dan Kesusastraan; Cermat Berbahasa Indonesia. Bandung: Yrama Widya

Kridalaksana, Harimurti. (2001). Kamus Linguistik. Jakarta: PT. Gramedia

Kridalaksana, Harimurti. (2011). Kamus Linguistik. Jakarta: PT. Gramedia

Kusuma, Suherli,. (2012). Guru Bahasa Indonesia Profesional.Multi Kreasi Jakarta: Satu Delapan.

Mulyono, Iyo. (2003). Bahasa Indonesia: Pengembangan Paragraf. Bandung: Sekolah Tinggi Bahasa asing YAPARI-ABA Bandung.

Nurgiyantoro, Burhan. (1995). Teori Pengkajian Fiksi. Jakarta: Balai Pustaka.

Nurgiyantoro, Burhan. (2001). Penilaian Dalam Pengajaran Bahasa dan Keterampilan Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.

Rosidi, Imron. (2009). Menulis…Siapa Takut?. Yogyakarta: Kanisius.

Rusman. (2011). Model-Model Pembelajaran mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Semi. M. Atar. 1989. Menulis Efektif. Padang: Etika Pustaka Utama.

Subana dan Sunarti. (2002). Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia; Berbagai Pendekatan, Metode, Teknik, dan Media Pengajaran. Bandung: Pustaka Jaya.

Subana, Moersetyo Rahadi, dan Sudrajat. (2005). Statistik Pendidikan. Bandung. CV Pustaka Setia

Tarigan, H.G. (1994). Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung:

________________. (2007). Jenis-Jenis Karangan. [Online]. From: http://books.google.co.id/books?id=2/GwcodeGTw4C&pg=PA62&lpg=PA62&dq=jenisjenis+paragraf&source=web&ots=8H53Yz3Z3s&sig=UddEFd9bW5_Rhat5SYFP4TvJaE&h=id)saX&oi=book_result&resnum=8&ct=result#PPT1,M1. [31 Desember 2010].

________________. _________. Jurnal hasil penelitian model problem basedlearning.From:http://www.google.co.id/search?hl=id&q=jurnal+hasil+penelitian+model+problem+based+learning&aq=f&aqi=&aql=&oq=. [11 April 2011].

Nurudin, Ahmad. (2013). Pembelajaran Ekonomi Menggunakan Model Pembelajaran Kontekstual Berorientasi Berpikir Kritis. Tidak Diterbitkan: Tesis Uniku

Nursisto. (1999). Penuntun Mengarang. Yogyakarta: Adi Cita Karya Nusa.

Rahardi Kunjana.(2009). Penyuntingan Bahasa Indonesia untuk Karang-Mengarang. Yogyakarta: PT. Gelora Aksara Pratama

Ruseffendi, E.T. (1991). Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya Dalam Pengajaran Matematika Untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.




DOI: https://doi.org/10.25134/fjpbsi.v5i2.189



Copyright (c)



Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

e-ISSN 2614-7718 | p-ISSN 2086-0609

 Creative Commons License

View My Stats

Jl. Cut Nyak Dien No. 36A Cijoho-Kuningan

Pos. 45513 | [email protected]