PENGGUNAAN MODEL SINEKTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MAHASISWA DALAM MENULIS PUISI

Sun Suntini, Figiati Indra Dewi

Abstract


ABSTRAK: Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, fokus dari penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran sinektik untuk meningkatkan kemampuan menulis mahasiswa PBSI tingkat II tahun ajaran 2018/2019. Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menulis puisi dengan memperhatikan pilihan kata yang tepat, pencitraan, pemadatan bahasa, kata konkret, tema, dan amanat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas. Objek penelitian mahasiswa PBSI tingkat II tahun ajaran 2018/2019 dengan jumlah 58 orang. Hasil peneltian 1). Menyusun RPS dengan langkah-langkah sebagai berikut 1) menggunakan teknik tanya jawab anatara mahasiswa dan peneliti/dosen mengenai tema yang sudah ditentukan oleh dosen yaitu “wanita karier”(2) menggunakan teknik analogi langsung mahasiswa menganalogikan wanita karier dengan benda, hewan, kata sifat ada kata positif dan ada kata negatif. Mahasiswa harus mengumpulkan kata-kata tersebut sebanyak-banyaknya untuk dirangkai menjadi sebuah puisi .(3) masing-masing mahasiswa disuruh menulis puisi dengan tema wanita karier. (4) menggunakan kriteria penilaian untuk mengukur kemampuan siswa dalam menulis puisi. Tindakan-tindakan tersebut termuat dalam Rancangan Pembelajaran Semester (RPS).2). Proses pelaksanaan pembelajaran menulis puisi, pada awalanya dosen/peneliti melakukan tanya jawab dengan mahasiswa tentang puisi kemudian dosen memberikan tema (wanita karier), para mahasiswa disuruh menulis sebanyak-banyaknya kata-kata yang menganalogikan wanita karier misalnya analogi dengan kata sifat. Analogi dengan binatang. Analogi dengan benda. Kata –kata yang dikumpulkan ada yang negatif ada yang maknanya positif. Selanjutnya setiap mahasiswa harus menulis puisi dengan kata-kata yang sudah ditulis sebelumnya.3). Hasil pembelajaran yang dicapai dapat dilihat pada pencapaian sebagai berikut. Pada siklus I, mahasiswa yang memperoleh nilai di atas 80 hanya ada lima  orang dengan nilai rata-rata seluruh mahasiswa 73. Sedangkan pada siklus II siswa yang memperoleh nilai di atas 80 sebanyak  42 orang dengan nilai rata-rata seluruh siswa 83. Ini membuktikan bahwa model sinektik yang digunakan oleh peneliti efektif untuk meningkatkan pembelajaran menulis puisi pada mahasiswa PBSI tingkat II tahun ajaran 2018/2019 Universitas Kuningan.

KATA KUNCI: model sinektik; kemampuan menulis puisi; mahasiswa PBSI tingkat II tahun ajaran 2018/2019.

THE USE OF THE SYNECTIC MODEL TO IMPROVE COLLEGE STUDENTS 'ABILITY IN WRITING POETRY

 

ABSTRACT: This research is a classroom action research, the focus of this research is the use of synectic learning models to improve the writing ability of PBSI level II students in the 2018/2019 school year. The purpose of this study is to improve students' ability to write poetry by considering the right choice of words, imaging, compaction language, concrete words, themes, and mandates. The method used in this study is the Classroom Action Research method. The object of research of PBSI level II students in the 2018/2019 school year was 58 people. Research Results 1). Prepare the RPS with the following steps 1) use question and answer techniques between students and researchers/lecturers on themes that have been determined by the lecturer namely "career women" (2) using direct analogy techniques students analogize hunting women with objects, animals, adjectives there positive words and negative words. Students must collect these words as much as possible to be arranged into poetry. (3) each student is told to write poetry with the theme of career women. (4) using criteria to measure students' ability to write poetry. These actions are contained in the Semester Learning Plan (RPS). 2). The process of learning to write poetry, in the beginning, lecturers/researchers conduct questions and answers with students about poetry then lecturers provide themes (career women), students are told to write as many words as analogous to women who conduct analogy research with adjectives. The analogy with animals. The analogy with objects. Words that are collected are negative and positive. Furthermore, each student must write a poem with words that have been written previously.3). Learning outcomes obtained can be seen when following. In the first cycle, students who scored above 80 there were only five people with an average value of all students 73. While in cycle II students who scored above 80 were 42 people with an average value for each student 83. This proves the synectic model used by researchers to improve poetry writing learning in PBSI level II students in 2018/2019 University of Kuningan.

KEYWORDS: synectic model; the ability to write poetry; PBSI level II students in the 2018/2019 school year.

References


Arikunto, Suharsini.(2010). Prosedur penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Chaedar.(2007).Pokoknya Menulis. Bandung: Anggota IKAPI.

E. Mulyasa.(2013). Praktikpenelitian Tindakan Kelas. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Hamdani.(2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Heryadi, Dedi. (2008). Metode Penelitian Bahasa. Tasikmalaya : Universitas Siliwangi Tasikmalaya.

Huda, Miftahul.(2014). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Joyce, Bruce dkk.(2009). Models of Teaching. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Listini, L., & Saraswati, S. (2017). Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerpen Melalui Model Pembelajaran Sinektik Siswa Kelas Vii Smp Sandika Sukajadi. Jurnal Bindo Sastra, 1(1), 24-27.

Muslich, Masnur.(2008). KTSP. Jakarta: Bumi Aksara.

Rozak,Abdul.(2012). Menulis Skripsi Itu Tidak Sulit. Cirebon : Unswagati Cirebon.

Rusman.(2012). Model-Model Pembelajaran (Edisi Kedua). Jakarta: Raja Grapindo Persada.

Subana dan Sunarti. (2009). Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia. Bandung : Pustaka Setia.

Suntini, S. (2016). Penggunaan Model Sinektik Untuk Meningkatkan Kemempuan Menulis Pada Pembelajaran Wacana Naratif Siswa Kelas XI SMK Muhammadiyah Jalaksana Tahun Ajaran 2014/2015. FON: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 9(2).

Supriyadi, S. (2016). Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Dengan Model Sinektik. Jp2sd (Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar), 1(3), 201-211.

Sukmadinata, Nana Syaodih.(2012). Metode Penelitian Pendidikan.Bandung : Rosdakarya.

Tarigan, Henry Guntur.(2008). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Wirawan, Bimo.(2008). Menjadi Penulis Mahir dalam 7 Langkah. Yogyakarta: Pelangi Multi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.25134/fjpbsi.v16i1.2506



Copyright (c) 2020 FON

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

e-ISSN 2614-7718 | p-ISSN 2086-0609

 Creative Commons License

View My Stats

Jl. Cut Nyak Dien No. 36A Cijoho-Kuningan

Pos. 45513 | [email protected]