KONSERVASI DAN REVITALISASI BAHASA SEBAGAI SALAH SATU UPAYA INTERNASIONALISASI BAHASA INDONESIA

Yusida Gloriani

Abstract


Jika kita menengok kembali pada isi Sumpah Pemuda tahun 1928 yang berkaitan dengan bahasa yaitu: Kami Putra dan Putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan bahasa Indonesia, maka kita bisa mengambil makna dari pernyataan tersebut yaitu bahwa para pemuda Indonesia pada saat diikrarkannya Sumpah Pemuda memiliki sifat dan rasa kebangsaan yang tinggi. Mereka bersumpah dengan tekad yang bulat menyatakan diri untuk menjaga tanah air, bangsa, dan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan.

Apa makna dari sumpah: menjunjung bahasa persatuan bahasa Indonesia? Kata ‘menjunjung’ menurut Kamus Bahasa Indonesia adalah membawa di atas kepala, menaati, memuliakan, menghormati, menghargai. Berdasarkan arti tersebut, maka kita selaku bangsa Indonesia, sebagai generasi penerus bangsa, berkewajiban untuk melanjutkan cita-cita tersebut. Namun ternyata untuk melaksanakan amanat tersebut tidak semudah mengucapkannya. Seiring dengan perkembangan zaman, sifat bangga dan loyal pada bahasa sendiri yaitu bahasa Indonesia semakin terkikis. Masuknya budaya asing, pengaruh bahasa pada media sosial, perkembangan teknologi komunikasi ternyata memberikan dampak, khususnya anak muda lebih bangga jika berkomunikasi menggunakan bahasa milik orang lain (bahasa asing) yang dianggapnya lebih modern atau lebih dihormati.

References


Asrini, Hari Windu. 2014. Memperkokoh Kedudukan Bahasa Indonesia: Meneguhkan Sikap Positif Terhadap Bahasa Indonesia dalam Prosiding Seminar Internasional. Universitas Muhammadiyah Malang, 4-5 November 2014.

Badan Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 2016. Badan Bahasa: Upaya Internasionalisasi Bahasa Indonesia dan Pelindungan Bahasa dan Sastra Daerah. http://badanbahasa.kemendikbud.go.id

Budiwiyanto. Adi. 2016. Pendokumentasian Bahasa dalam Upaya Revitalisasi Bahasa Daerah yang Terancam Punah di Indonesia. http://badanbahasa.kemendikbud.go.id. (artikel)

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Program Unggulan dan Prioritas Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. Program_Badan_Bahasa.pdf.

Muslich, Masnur. dan I gusti Ngurah Oka. 2010. Perencanaan Bahasa pada Era Globalisasi. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Subangun. 2014. Peran Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Ilmu Pengetahuan dan Bahasa Internasional dalam Membangun Peradaban Manusia dalam Prosiding Seminar Internasional. Universitas Muhammadiyah Malang, 4-5 November 2014.

Sulistyaningsih, Tri. 2014. Implementasi Kebijakan Politik Bahasa Indonesia di Era Globalisasi dalam Prosiding Seminar Internasional. Universitas Muhammadiyah Malang, 4-5 November 2014.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 24 tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan.




DOI: https://doi.org/10.25134/fjpbsi.v11i2.717



Copyright (c) 2017 FON



Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

e-ISSN 2614-7718 | p-ISSN 2086-0609

 Creative Commons License

View My Stats

Jl. Cut Nyak Dien No. 36A Cijoho-Kuningan

Pos. 45513 | [email protected]