MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN HABITS OF MIND SISWA SMA MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING

Diana Wijayanti, Nurpradesa Maulida, Masta Hutajulu, Heris Hendriana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pencapaian dan peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMA. Siswa SMA masih merasakan kesulitan dalam belajar matematika terlebih mempelajari materi trigonometri. Oleh karena itu, penelitian ini menggunakan pendekatan contextual teaching and learning agar siswa dapat lebih mudah memahami materi yang dianggap sulit tersebut. Melalui habits of mind siswa dapat terbiasa dalam berpikir kreatif dalam menyelesaikan permasalahan trigonometri dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan isntrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir kreatif dan skala habits of mind yang diberikan kepada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X di SMAN 15 Bandung. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa pencapaian kemampuan berpikir kreatif yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan contextual teaching and learning lebih baik dibandingkan dengan siswa yang memperoleh pembelajaran biasa. Peningkatan kemampuan berpikir kreatif yang menggunakan pendekatan contextual teaching and learning lebih baik dibandingkan dengan siswa yang memperoleh pembelajaran biasa. Dan habits of mind siswa yang menggunakan pendekatan contextual teaching and learning lebih baik dibandingkan siswa yang memperoleh pembelajaran biasa.


Keywords


Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Habits of Mind, pendekatan Contextual Teaching and Learning

References


Alwasilah, A. Chaedar. (2011). Pokoknya Kualitatif: Dasar-dasarMerancang dan Melakukan Penelitian Kualitatif. Jakarta: Dunia Pustaka Jaya.

Costa, A. L dan Garmston, R . J. „Five Human Passion: The Origin of Effective Thinking” dalam A. L. Costa,. (Ed.) (2001). Developing Minds. A Resource Book for Teaching Thinking. 3rd Edidition. Assosiation for Supervision and Curriculum Development. Virginia USA.

Hutajulu, M. & Minarti, D. E. (2017). Meningkatkan Kemampuan Advance Mathematical Thinking dan Habits of Mind Mahasiswa Melalui Pendekatan Keterampilan Kognitif. JES MAT. Vol. 3: No.2.

McGregor, D. (2007). Developing Thinking; Developing Learning A Guide to Thinking Skills in Education. New York: Open University Press McGraw-Hill.

Munandar, U. (2009). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Saud, U. S & Suherman, A. (2010). Inovasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Setiawati, E. (2014). Mengembangkan Kemampuan Berpikir Logis, Kreatif, dan Habits of Mind Matematis Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Bandung: respository.upi.edu.

Suwangsih dan Tiurlina. (2006). Model Pembelajaran Matematika. Bandung: UPI Press.

Wahyudin. (2008). Pembelajaran dan Model-model Pembelajaran. Bandung: UPI.

Winarti. (2015). Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. JPFK. Volume 1




DOI: https://doi.org/10.25134/jes-mat.v4i2.1454

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JES-MAT (Jurnal Edukasi dan Sains Matematika)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Lihat Statistik Jurnal View MyStat

--------------------------------

JES-MAT INDEXING:

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.