Perbandingan Algoritma Horspool dan Raita Pada Pencarian Data Mahasiswa

Siti Maesyaroh, Daswa Daswa, Gentur Priguna Suwarto

Abstract


Salah satu fitur yang terdapat di dalam sebuah aplikasi yaitu adanya fasilitas pencarian yang digunakan untuk memperoleh informasi. Jika data yang dikelola oleh suatu aplikasi terus bertambah dan memiliki kesamaan maka akan dapat mempengaruhi dalam proses pencarian untuk mendapatkan informasi yang tepat dan cepat. Pada sistem akademik di program studi Teknik Informatika FKOM UNIKU menyimpan data mahasiswa dengan jumlah 1003 mahasiswa dan data ini memungkinkan akan terus bertambah dengan adanya data mahasiswa baru sehingga saat pencarian membutuhkan waktu untuk mendapatkan informasi dikarenakan jumlah data yang banyak dan memiliki kesamaaan pada identitas mahasiswa. Algoritma horspool dan algoritma raita merupakan algoritma pencocokan string yang dapat diterapkan dalam fitur pencarian untuk mendapatkan informasi tentang data siswa yang dicari. Tujuan dari penelitian ini untuk membandingkan algoritma horspool dan algoritma raita berdasarkan waktu pencarian dan ketepatan informasi yang dicari. Oleh karena itu, penulis menerapkan algoritma horspool dan algoritma raita ke dalam sistem pencarian data siswa. Algoritma kedua tersebut diterapkan pada halaman yang berbeda di sistem untuk mengetahui informasi yang dicari berdasarkan informasi yang ditampilkan di sistem. Sedangkan untuk perbedaan waktu proses pencarian dari algoritma horspool dan algoritma raita dapat dilihat dari grafik perbandingan pada sistem. Hasil dari penelitian ini bahwa total rata-rata waktu pencarian untuk algoritma horspool adalah 9.268 ms dan algoritma raita adalah 4.307.

Keywords


string matching; students; horspool algorithm; raita algorithm

References


H. K. Simbolon, “Bulletin of Information System

Research (BIOS) Perbandingan Algoritma Raita

Dan Apostolico Crochemore Untuk Pencarian

Data Perpustakaan Menggunakan Metode

Eksponensial,” 2023, [Online]. Available:

https://journal.grahamitra.id/index.php/bios

D. Wahyuni Kartini, P. Algoritma Boyer Moore Horspool Pada Pencarian Katalog Buku Dian wahyuni Kartini, R. Yanur Tanjung, and I. Lasmana, Seminar Nasional Sains & Teknologi Informasi (SENSASI). 2019. [Online]. Available: http://prosiding.seminar-

P. Algoritma Horspool Dan Algoritma Knuth Morris Pratt Pada Aplikasi Kamus Farmasi Berbasis Android, A. Sitti Nur Zainab, L. Tajidun, R. Adi Saputra, and J. Teknik Informatika, “Terakreditasi ‘Peringkat 4 (Sinta 4)’ oleh Kemenristekdikti This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International Licenseecei,” vol. 6, no. 1, pp. 1–5, doi: 10.5281/zenodo.3856171.

D. Rudi Bawanto and N. Rosmawanti, “Perbandingan Algoritma Binary Search Dan Raita Dalam Pencarian Data”.

A. Kharismahendra and C. Author, “Sintaksis : Jurnal Ilmiah Pendidikan PERBANDINGAN DARI ALGORITMA MORRIS-PRATT DAN HORSPOOL ALGORITMA PADA TERM DARI TELEKOMUNIKASI APLIKASI KAMUS BERBASIS ANDROID”.

A. Azhar, N. Marbun, S. Aripin, and E. Buulolo, “IMPLEMENTASI ALGORITMA HORSPOOL PADA APLIKASI ISTILAH FASHION,” KOMIK (Konferensi Nasional Teknologi Informasi dan Komputer), vol. 3, no. 1, Nov. 2019, doi: 10.30865/komik.v3i1.1641.

S. Maesyaroh, N. A. Asikin, and D. Daswa, “INNOVATION OF WEB BASED ENGLISH LEARNING MEDIA DEVELOPMENT,” English Review: Journal of English Education, vol. 11, no. 2, pp. 451–460, Jun. 2023, doi: 10.25134/erjee.v11i2.7468.

N. Marbun, M. Zarlis, D. Hartama, and B. J. Sitompul, Seminar Nasional Sains & Teknologi Informasi (SENSASI) Implementasi Algoritma Raita Pada Pencarian Katalog Alkes. [Online]. Available: http://prosiding.seminar-id.com/index.php/sensasi/issue/archivePage|520




DOI: https://doi.org/10.25134/buffer.v9i2.9331

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Buffer Informatika


BUFFER INFORMATIKA : DEPARTMENT of INFORMATICS ENGINEERING
(print) p-ISSN :2527-4856 , (online)e-ISSN : 2614-5413
DOI :https://doi.org/10.25134/buffer.v5i2

Organized by Department of Informatics Engineering, Faculty of Computer Science, University of Kuningan, Indonesia.

website : https://journal.uniku.ac.id/index.php/buffer
E-Mail : [email protected]
Mailing : Jalan Cut Nyak Dhien No.36A Kuningan, Jawa Barat, Indonesia

Lisensi Creative Commons
BUFFER INFORMATIKA is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

StatCounter

View My Stats