Main Article Content

Abstract

Penelitian ini merupakan studi literatur dengan analisis bibliometrik terhadap artikel jurnal internasional tentang keterampilan Critical Thinking siswa selama 2020–2024. Data dikumpulkan dari Google Scholar dan ERIC menggunakan Publish or Perish serta dianalisis dengan Vosviewer. Hasilnya menunjukkan tren penelitian berbeda antara Indonesia dan Amerika. Publikasi Indonesia cenderung fluktuatif dengan puncak pada 2021 (23%) dan nol pada 2023, sementara Amerika memiliki tren stabil dengan peningkatan pada 2023–2024 (25%). Fokus penelitian di Amerika lebih pada pengembangan, sedangkan di Indonesia pada implementasi model pembelajaran, yang memengaruhi tren publikasi dan kepadatan kata kunci.

Article Details

How to Cite
Aghniyah Mawaddah Mahar Azizi Soewondo, Fatimatuzzahro, Anita Veronica, & Zaenal Abidin. (2025). Analisis Bibliometrik : Terhadap Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik di Indonesia dan Amerika Serikat. Edubiologica: Jurnal Penelitian Ilmu Dan Pendidikan Biologi, 12(2), 35-43. Retrieved from https://journal.uniku.ac.id/index.php/edubiologica/article/view/11662