PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DENGAN BERBANTUAN SOFTWARE SPSS TERHADAP MOTIVASI DAN PEMAHAMAN STATISTIKA

Heri Herwanto

Abstract


Penelitian yang berjudul “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dengan Berbantuan software SPSS terhadap Motivasi dan Pemahaman Statistika” dilakukan pada mahasiswa semester dua program studi Teknik Informatika Fakultas ilmu komputer Universitas Kuningan. Penelitian bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari penerapan model pembelajaran Project Based Learning dampaknya terhadap motivasi dan pemahaman statistika mahasiswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh fakta bahwa besarnya pengaruh penerapan model pembelajaran Project Based Learning terhadap motivasi dan pemahaman statistika adalah sigifikan dan tanggapan mahasiswa terhadap penerapan model pembelajaran Project Based Learning dengan berbantuan software SPSS adalah positif.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Project Based Learning, Software SPSS, Motivasi dan Pemahaman Statistika

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Abin Syamsuddin Makmun (1998), Psikologi Kependidikan Perangkat Sistem Pengajaran Modul. Bandung: Remaja Rosdakarya

Hamzah B. Uno dan Masri Kuadrat (2009), Mengelola Kecerdasan Dalam Pembelajaran: Sebuah Konsep pembelajaran Berbasis Kecerdasan Jakarta: Bumi Aksara

Lindawati, dkk. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Man I Kebumen (Radiasi.Vol.3.No.1). Purworejo : FKIP-Universitas Muhamadiyah Purworejo

Prabowo, A. (2012). Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Pemahaman Mahasiswa atas Permasalahan Statistika pada Perkuliahan Studi Kasus dan Seminar. Semarang: FMIPA-UNNES Jurnal Kreano ISSN: 2086-2334 Vol.3)

Sudjana (2002). Metode Statistika. Bandung: Tarsito

Suherman,E. (2001). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer.

Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia JICA

Sugiyono, (2010). Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfabeta.

Trianto. (2011). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Widyantini, Th. ( 2014). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning dalam Materi Pola




DOI: https://doi.org/10.25134/nuansa.v12i2.1354

NUANSA INFORMATIKA : JURNAL TEKNOLOGY DAN INFORMASI
p-ISSN :1858-3911 , e-ISSN : 2614-5405
DOI : https://doi.org/10.25134/nuansa
Accreditation : SINTA 5

Organized by Faculty of Computer Science, Universitas Kuningan, Indonesia.
Website : https://journal.uniku.ac.id/index.php/ilkom
Email : [email protected]
Address : Jalan Cut Nyak Dhien No.36A Kuningan, Jawa Barat, Indonesia.

StatCounter

View My Stats Creative Commons

Lisensi Creative Commons
NUANSA INFORMATIKA is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.