PEMBUATAN PETA 3 DIMENSI KAMPUS UNIVERSITAS KUNINGAN

Rachmat Ismaya, Heru Budianto

Abstract


Peta merupakan gambaran wilayah geografis bagian permukaan bumi yang disajikan dalam berbagai cara yang berbeda, mulai dari peta konvensional yang tercetak hingga peta digital yang tampil di layar komputer. Selama ini bentuk peta cenderung hanya dalam pemodelan peta 2 dimensi (2D) saja, oleh karena itu agar lebih menarik dan informatif maka dibuat peta yang menyerupai keadaan real (sebenarnya) berupa peta 3 dimensi (3D).

Dalam penelitian ini penulis menitik beratkan Pembuatan Peta 3 Dimensi Kampus Uniku  kepada unsur-unsur seni Animasi Multimedia 3 Dimensi menggunakan Software Blender Release 2.61. Terdapat beberapa tahapan dalam proses pembuatan peta 3 dimensi (3D) kampus Uniku ini yaitu pengumpulan data, penggambaran bentuk dengan menggunakan software Blender Release 2.61 juga Autocad Land Desktop 2010 apabila diperlukan untuk gambar-gambar tertentu kemudian di ekpor imfor ke file blend .

Hasil akhir dari seni animasi multi media 3 D lebih ditekankan kepada visualisasi 3 dimensi  yang tertangkap oleh menu kamera, baik pada saat capture gambar atau pada saat pembuatan film animasi 3 Dimensi.Dari pembuatan peta 3 dimensi diperoleh hasil peta 3 dimensi (3D) kampus uniku yang sesuai dengan keadaan real (nyata) dipermukaan bumi. semoga dapat menghasilkan data dan informasi geografis yang up to date (terbaru) mengenai kondisi bangunan fisik (gedung, jalan) maupun bangunan-bangunan terbaru lainnya yang mudah dimengerti oleh pengguna dan dapat dijadikan referensi peta kampus yang efektif dan User Friendly.


Full Text:

XML

References


http://usa.autodesk.com/ ( diacces pada tanggal 20 Maret 2012), Autodesk – 3 D design dan Rekayasa Perangkat lunak untuk Arsititek, Manufaktur

http://en.wikipedia.org/wiki/Blender_(software) ( diacces pada tanggal 20 Maret 2012), Blender Perangkat Lunak –Wikipedia-Ensiklopedia Bebas

I.G.N. Willy, D.G. Pratomo, A.B. Cahyono .Pembuatan Peta 3 Dimensi Kampus ITS ,

Program Studi Teknik Geomatika FTSP-ITS Sukolilo, Surabaya

Aziz, Lukman dan Rahman, Ridwan (1979). Pemetaan Tematik. Bandung : Jurusan Teknik Geodesi ITB.

Aziz, Lukman. Semiologi. Jurusan Teknik Geodesi ITB Bandung

Frick, Heinz. (1996). Ilmu Ukur Tanah. Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.25134/nuansa.v9i2.228

NUANSA INFORMATIKA : JURNAL TEKNOLOGY DAN INFORMASI
p-ISSN :1858-3911 , e-ISSN : 2614-5405
DOI : https://doi.org/10.25134/nuansa
Accreditation : SINTA 5

Organized by Faculty of Computer Science, Universitas Kuningan, Indonesia.
Website : https://journal.uniku.ac.id/index.php/ilkom
Email : [email protected]
Address : Jalan Cut Nyak Dhien No.36A Kuningan, Jawa Barat, Indonesia.

StatCounter

View My Stats Creative Commons

Lisensi Creative Commons
NUANSA INFORMATIKA is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.