PERANCANGAN SIMULATOR SISTEM PENGGERAK BATANG KENDALI VIA ETHERNET MENGGUNAKAN PLC T100MD1616+

Heru Budianto, Daswa .

Abstract


Batang kendali memiliki peran penting dalam pengoperasian sebuah reaktor nuklir. Batang kendali berfungsi untuk mengendalikan dan mengatur reaksi fisi yang terjadi dalam reaktor dengan cara mengatur jumlah populasi neutron yang menentukan tingkat daya sebuah reaktor. Batang kendali juga berkaitan dengan keselamatan sebuah reaktor nuklir, sehingga sistem penggeraknya didesain sedemikian rupa agar jika terjadi kegagalan operasi maka secara otomatis akan scram. Sistem penggerak dari batang kendali berfungsi untuk menaikkan dan menurunkan batang kendali sesuai dengan kebutuhan dalam rangka mengatur populasi neutron yang dihasilkan dari reaksi berantai dalam reaktor. Penggerak yang dipergunakan menggunakan motor stepper yang memiliki kemudahan dalam proses penggerakannya.

Kemajuan teknologi memungkinkan proses online-monitoring dalam pengendalian dan proses untuk shutdown reaktor jika ada hal-hal yang dapat membayakan operasi sebuah reaktor. PLC T100MD1616+ menyediakan fasilitas pengendalian dan online-monitoring peralatan sehingga jika dipergunakan dalam sistem penggerak memungkinkan untuk dilakukan proses online-monitoring dan pengendalian jarak jauh dimana dalam hal ini via ethernet.

Penelitian ini dilakukan untuk merancang simulator sistem pengggerak batang kendali dengan menggunakan motor stepper dan PLC yang memungkinkan proses monitoring online dan pengendalian untuk keadaan tertentu bisa dilakukan tanpa harus ada di dalam reaktor. Harapannya penelitian ini bisa dihubungkan dengan simulator lainnya agar menghasilkan simulator reaktor nuklir yang utuh sehingga mampu memberikan gambaran sebenarnya sebuah reaktor.

Kata kunci: batang kendali, PLC T100MD1616+, sistem penggerak, motor stepper.

Full Text:

XML

References


Amin M, Atmoko Dian Fitri, Shobari I, 2008, “Perancangan Sarana Uji Komponen PLTN : Plant Simulator†, Pusat Rekaya Perangkat Nuklir – BATAN, Serpong, Tangerang.

Waluyo J, 2007, †Rancang Bangun Perangkat Elektromekanik untuk Simulasi Sistem Interlock Reaktor PLTN Berbasis PLCâ€, STTN-BATAN, Yogyakarta

Budianto H, 2008, â€Perancangan Sistem Penggerak Batang Kendali dengan Menggunakan Motor Stepperâ€, STTN-BATAN, Yogyakarta

www.infonuklir.com, Batang kendali, 30 Juli 2008




DOI: https://doi.org/10.25134/nuansa.v9i2.229

NUANSA INFORMATIKA : JURNAL TEKNOLOGY DAN INFORMASI
p-ISSN :1858-3911 , e-ISSN : 2614-5405
DOI : https://doi.org/10.25134/nuansa
Accreditation : SINTA 5

Organized by Faculty of Computer Science, Universitas Kuningan, Indonesia.
Website : https://journal.uniku.ac.id/index.php/ilkom
Email : [email protected]
Address : Jalan Cut Nyak Dhien No.36A Kuningan, Jawa Barat, Indonesia.

StatCounter

View My Stats Creative Commons

Lisensi Creative Commons
NUANSA INFORMATIKA is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.