RANCANG BANGUN MEDIA INTERAKTIF TUNTUNAN SHALAT BERBASIS MULTIMEDIA UNTUK ANAK-ANAK SD DENGAN MENGGUNAKAN FLASH ( STUDI KASUS PADA SDN 1 WINDUHAJI )

Muhsin ., Tito Sugiharto

Abstract


Pembelajaran tentang Tuntunan Shalat di sekolah-sekolah masih banyak menggunakan media sederhana. Media yang digunakan dalam pembelajaran Tuntunan Shalat masih menggunakan media buku dan media ceramah. Hal ini membuat gambaran tentang Tuntunan Shalat terbatas untuk ditangkap siswa-siswi. Diperlukan sebuah media interaktif yang dapat mengkomunikasikan pembelajaran Tuntunan Shalat lebih menarik.

Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana merancang dan mengimplementasikan tuntunan shalat berbasis multimedia untuk anak-anak sekolah dasar, (2) bagaimana caranya anak-anak menggunakan media interaktif untuk tuntunan shalat berbasis multimedia. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk membuat suatu media pembelajaran interaktif dan mengajarkan cara penggunaan media tersebut.

Aplikasi media interaktif tuntunan shalat ini dibuat dengan menggunakan software Adobe Flash, Adobe Premiere Pro, Adobe Audition, Adobe Photoshop. Output dari aplikasi ini berbentuk file exe, file swf dan file video.

Kata Kunci

Pembelajaran, Tuntunan Shalat, Media Interaktif, Adobe Flash, Multimedia.



DOI: https://doi.org/10.25134/nuansa.v7i02.63

NUANSA INFORMATIKA : JURNAL TEKNOLOGY DAN INFORMASI
p-ISSN :1858-3911 , e-ISSN : 2614-5405
DOI : https://doi.org/10.25134/nuansa
Accreditation : SINTA 5

Organized by Faculty of Computer Science, Universitas Kuningan, Indonesia.
Website : https://journal.uniku.ac.id/index.php/ilkom
Email : [email protected]
Address : Jalan Cut Nyak Dhien No.36A Kuningan, Jawa Barat, Indonesia.

StatCounter

View My Stats Creative Commons

Lisensi Creative Commons
NUANSA INFORMATIKA is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.