PENGARUH PENGGUNAAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) & PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas VIII di SMPN 3 Kuningan dalam Materi IPS Kompetensi Dasar Ekonomi)

Cucu Suhartini, Asep Subakti

Abstract


Abstrak

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa yang belum menunjukkan hasil yang maksimal, hal ini ditunjukkan dengan nilai Ujian Akhir Semester (UAS) ganjil kelas VIII tahun pelajaran 2015/2016, masih ada siswa yang memperoleh nilai di bawah Standar Kelulusan Minimal.

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara kelas yang menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dengan kelas yang menggunakan metode pembelajaran Problem Solving. 2). Untuk mengetahui perbedaan peningkatan hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dengan kelas yang menggunakan metode pembelajaran Problem Solving.

Metode yang digunakan adalah control group pretest-posttest design. Dimana yang menjadi subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 3 Kuningan, dengan mengambil kelas VIII D yang berjumlah 28 sebagai kelas eksperimen 1 yang menggunakan model pembelajaran STAD dan kelas VIII B yang berjumlah 30  sebagai kelas eksperimen 2 yang menggunakan model pembelajaran problem Solving.

Berdasarkan hasil pengolahan dan analisis, diperoleh hasil sebagai berikut : Pertama, tidak terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada tes awal. Kedua, setelah pembelajaran berlangsung dengan mendapatkan perlakuan diperoleh hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran Student Team Achievment Division (STAD) lebih tinggi dibandingkan dengan kelas yang menggunakan model pembelajaran Problem Solving. Ketiga, peningkatan (N-Gain) hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran Student Team Achievment Division (STAD) lebih tinggi dibandingkan dengan kelas yang menggunakan model pembelajaran Problem Solving.

 

 

Kata kunci : Student Team Achievment Division (STAD),Problem Solving, Hasil Belajar Siswa


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Arikunto, Suharsimi. (2001). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Danim, Sudarwan dan H.Khairi. (2010). Psikologi Pendidikan. Bandung : Alfabeta,

Ratumanan. (2002). Belajar Motivasi Diri Sendiri. Jakarta : Rineka Cipta

Sudrajat, Akhmad. (2011). Kurikulum dan Pembelajaran dalam Paradigma Baru. Yogyakarta : Paramitra Publishing

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Taniredja, Tukiran. (2011). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Bandung : Alfabeta

Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Pranada Media Grup

Aini, Rini. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Koopertatif STAD dengan Peta

Konsep Pada Pokok Bahasan redoks Terhadap Hasil Belajar Siswa kelas

X SMA N 1 Ungaran. Jurnal: Universitas Ungaran.

Basuki, Yuanita Mahardika. 2009. Penerapan metode pembelajaran Problem Solving dan STAD Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Ekonomi SiswaKelas X SMAN 1 Kertosono. Jurnal Ekonomi Volume 3.No.2 http//eprints. Unsri.ac.id (Akses 8 Januari).

Kurniyati, Nia. 2012. Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) Terhadap Hasil Belajar Siswa (Studi Eksperimen Pada Siswa kelas X UPW di SMKN 2 Kuningan Dalam Materi IPS Pokok Bahasan Prinsip Dan Motif Ekonomi)




DOI: https://doi.org/10.25134/equi.v15i01.1036

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


EQUILIBRIUM: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi is Indexed in :                   
 
 
E-ISSN 2614-5839 ||  P-ISSN 02165287