PENGARUH PENGGUNAAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) & PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas VIII di SMPN 3 Kuningan dalam Materi IPS Kompetensi Dasar Ekonomi)
Abstract
Abstrak
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa yang belum menunjukkan hasil yang maksimal, hal ini ditunjukkan dengan nilai Ujian Akhir Semester (UAS) ganjil kelas VIII tahun pelajaran 2015/2016, masih ada siswa yang memperoleh nilai di bawah Standar Kelulusan Minimal.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara kelas yang menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dengan kelas yang menggunakan metode pembelajaran Problem Solving. 2). Untuk mengetahui perbedaan peningkatan hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dengan kelas yang menggunakan metode pembelajaran Problem Solving.
Metode yang digunakan adalah control group pretest-posttest design. Dimana yang menjadi subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 3 Kuningan, dengan mengambil kelas VIII D yang berjumlah 28 sebagai kelas eksperimen 1 yang menggunakan model pembelajaran STAD dan kelas VIII B yang berjumlah 30 sebagai kelas eksperimen 2 yang menggunakan model pembelajaran problem Solving.
Berdasarkan hasil pengolahan dan analisis, diperoleh hasil sebagai berikut : Pertama, tidak terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada tes awal. Kedua, setelah pembelajaran berlangsung dengan mendapatkan perlakuan diperoleh hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran Student Team Achievment Division (STAD) lebih tinggi dibandingkan dengan kelas yang menggunakan model pembelajaran Problem Solving. Ketiga, peningkatan (N-Gain) hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran Student Team Achievment Division (STAD) lebih tinggi dibandingkan dengan kelas yang menggunakan model pembelajaran Problem Solving.
Kata kunci : Student Team Achievment Division (STAD),Problem Solving, Hasil Belajar Siswa
References
Daftar Pustaka
Arikunto, Suharsimi. (2001). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.
Danim, Sudarwan dan H.Khairi. (2010). Psikologi Pendidikan. Bandung : Alfabeta,
Ratumanan. (2002). Belajar Motivasi Diri Sendiri. Jakarta : Rineka Cipta
Sudrajat, Akhmad. (2011). Kurikulum dan Pembelajaran dalam Paradigma Baru. Yogyakarta : Paramitra Publishing
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Taniredja, Tukiran. (2011). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Bandung : Alfabeta
Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Pranada Media Grup
Aini, Rini. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Koopertatif STAD dengan Peta
Konsep Pada Pokok Bahasan redoks Terhadap Hasil Belajar Siswa kelas
X SMA N 1 Ungaran. Jurnal: Universitas Ungaran.
Basuki, Yuanita Mahardika. 2009. Penerapan metode pembelajaran Problem Solving dan STAD Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Ekonomi SiswaKelas X SMAN 1 Kertosono. Jurnal Ekonomi Volume 3.No.2 http//eprints. Unsri.ac.id (Akses 8 Januari).
Kurniyati, Nia. 2012. Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) Terhadap Hasil Belajar Siswa (Studi Eksperimen Pada Siswa kelas X UPW di SMKN 2 Kuningan Dalam Materi IPS Pokok Bahasan Prinsip Dan Motif Ekonomi)
EQUILIBRIUM: Jurnal penelitian Pendidikan dan Ekonomi is licensed under a Creative Commons CC-BY-SA. This is the very permissive of the Creative Commons licences and allows for maximum dissemination and use of the licenced work with appropriate credit. The licence permits others to use, reproduce, disseminate or display the article in any way, including for commercial purposes, so long as they credit the author for the original creation. In case of remix, transform, or build upon the material, distribution of your contributions under the same license as the original.
You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material
- for any purpose, even commercially.
You can find details of the licence below.Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0)