KINERJA PEMASARAN PADA UKM MEBEL DI KABUPATEN KUNINGAN

Iskandar -, Putri Yunita Aprillianita, Micita Sani, Riki Irawan, Siti Hamidah

Abstract


Masalah yang ingin diteliti dalam penelitian ini adalah menurunnya kinerja pemasaran perusahaan-perusahaan UKM Mebel di Kabupaten Kuningan. Untuk bisa mengatasi masalah ini, maka perlu diketahui faktor-faktor penyebabnya. Telaah pustaka menunjukkan bahwa kinerja pemasaran ini dipengaruhi secara langsung oleh keunggulan bersaing. Sementara keunggulan bersaing dipengaruhi oleh perilaku kewirausahaan, adaptabilitas lingkungan, kualitas aset stratejik, dan orientasi pasar. Oleh karena itu, penelitian ini ingin menguji keterkaitan kelima variabel tersebut, untuk kemudian mencari solusi bagi permasalahan penurunan kinerja pemasaran di atas. Penelitian dilakukan terhadap 82 perusahaan sebagai  sampel terpilih dari populasi sejumlah 103 perusahaan. Data diperoleh dari angket yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya, yang kemudian dianalisis dengan menggunakan path analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lemahnya keunggulan bersaing merupakan faktor utama yang menyebabkan menurunnya kinerja pemasaran perusahaan-perusahaan mebel di Kabupaten Kuningan. Sementara itu, lemahnya keunggulan bersaing disebabkan oleh lemahnya adaptabilitas lingkungan, orientasi pasar, kualitas aset stratejik, dan perilaku kewirausahaan mereka. Berdasarkan temuan penelitian ini, maka untuk meningkatkan kinerja pemasaran mereka direkomendasikan untuk: meningkatkan inovasi produk sehinga tidak kalah oleh pesaing, pantau dan perhatikan produk pesaing, sering-seringlah ikut pameran untuk menambah wawasan dan mengasah kreativitas, perbaiki hubungan dengan penyalur, ikutilah pelatihan-pelatihan marketing, serta  perluas jejaring untuk meningkatkan kapabilitas organisasi.


Full Text:

PDF

References


Alma, Buchari (2008); Kewirausahaan, untuk Mahasiswa dan Umum; Bandung: Alfabeta.

Barokah, Siti Nur (2009); Studi tentang Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kualitas Strategi Bersaing untuk Meningkatkan Kinerja Perusahaan; Thesis; Semarang: Universitas Diponegoro.

Cravens, David. W. (1999); Pemasaran Strategis Jilid I (terjemahan Lina Salim); Jakarta: Erlangga.

Depary, Astrid Orsini (2010); Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Pemasaran di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Untuk Umum (SPBU) Di Semarang; Tesis; Program Magister Manajemen Pascasarjana Universitas Dipenogoro.

Faisal, Sanapiah (1989); Format-format Penelitian Sosial, Dasar-dasar dan Aplikasi; Jakarta: Rajawali.

Fatonah, Siti. 2009. Pengaruh Bauran Pemasaran dan Orientasi Pasar Terhadap Keunggulan Bersaing Dalam Meningkatkan Kinerja Pemasaran Pada Perusahaan Batik di Surakarta. Jurnal Ilmu Ekonomi dan Manajemen Volume 6 nomor 1 hal 106. Universitas 17 Agustus: Surabaya.

Ferdinand, A.T. 2003. Manajemen Pemasaran: Sebuah Pendekatan Stratejik. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Indriantoro, Nur dan Bambang Supomo (1999); Metode Penelitian Bisnis, untuk Akuntansi dan Manajemen; Yogyakarta: BPFE.

Kadek, Dewi Fadmawati, (2011); Reformulasi Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Occupancy Room Rate di Hotel Four Seasons Resort Jimbaran Bali; Tesis; Denpasar: Universitas Udayana.

Kotler, Philip; (2005); Manajemen Pemasaran Jilid I (terjemahan Benyamiin Molan); Jakarta: Indeks.

Kotler dan Armstrong. 2006. Prinsip-prinsip Pemasaran jilid 1 edisi 12. Jakarta : Erlangga.

Kuncoro, Mudrajad (2006); Strategi Bagaimana Meraih Keunggulan Bersaing. Jakarta: Erlangga.

Porter, Michael E. (1994) Keunggulan Bersaing. Jakarta: Binarupa Aksara.

Rachman, Soviadi Nor (2006); Analisis Pengaruh Keunggulan Produk, Reputasi Perusahaan Dan Asosiasi Merek Terhadap Kesuksesan Produk Baru Dalam Meningkatkan Kinerja Pemasaran. Studi Kasus pada Outlet Penjualan Produk Telkomflexi di Semarang; Tesis; Program Magister Manajemen Pascasarjana Universitas Diponegoro.

Sensi, Tribuana Dewi (2005); Analisis Pengaruh Orientasi Bisnis dan Inovasi Produk Terhadap Keunggulan Bersaing Untuk Meningkatkan Kinerja Bisnis. Volume 3 No. 8. ISSN : 1967-9386. Diakses pada Februari 2015. Melalui World Wide Web: http://www.ipedr.com/vol11/25-R10037.pdf

Sherman, Stratford P. (1989); The Mind of Jack Welch Fortune; 27 Maret 1989.

Sismanto, Adi (2006); Analisis Pengaruh Orientasi Pembelajaran, Orientasi Pasar dan Inovasi Terhadap Keunggulan Bersaing Untuk Meningkatkan Kinerja Pemasaran (Studi Empiris Pada Industri Kecil Dan Menengah Produk Makanan Di Provinsi Bengkulu); Tesis; Program Magister Manajemen Pascasarjana Unversitas Diponegoro.

Supranoto, Meike (2009); Strategi Menciptakan Keunggulan Bersaing Produk Melalui Orientasi Pasar, Inovasi, Dan Orientasi Kewirausahaan Dalam Rangka Meningkatkan Kinerja Pemasaran (Studi Empiris Pada Industri Pakaian Jadi Skala Kecil Dan Menengah Di Kota Semarang; Tesis; Semarang: Universitas Diponegoro.

Suryana (2006); Kewirausahaan, Pedoman Praktis: Kiat dan Proses Menuju Sukses; Jakarta: Salemba Empat.

Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra (2012). Pemasaran Strategik. Yogyakarta: Andi.




DOI: https://doi.org/10.25134/equi.v15i01.1070

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


EQUILIBRIUM: Jurnal penelitian Pendidikan dan Ekonomi is Indexed in :

http://udledge.com/i-journal.html