PENGARUH MODERNITAS INDIVIDU DAN LINGKUNGAN SOSIAL TERHADAP GAYA HIDUP PADA SISWA SMK BISNIS DAN MANAJEMEN TERAKREDITASI ADI KOTA BANDUNG

Entin Jumantini

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur dan menganalisis pengaruh modernitas individu dan lingkungan sosial terhadap gaya hidup siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey, sedangkan teknis analisis yang digunakan adalah analisis model persamaan structural. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah populasi sasaran yaitu siswa pada 12 SMK Bisnis dan Manajemen yang terakreditasi A di Kota Bandung. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik proportionale random samplinguntuk menentukan jumlah siswa yang menjadi sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modernitas individu dan lingkungan social berpengaruh positif terhadap gaya hidup. Kesimpulannya bahwa tinggi rendahnya gaya hidup dipengaruhi oleh modernitas individu dan lingkungan sosial.

Kata Kunci : modernitas individu, lingkungan sosial, gaya hidup


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Anton, Barker. 2004. Alternatif Pengembangan Masyarakat Di Era Globalisasi. Jakarta: Kanisius

Engel, James F, Blackweel, Roger, Miniard, Paul W. 1994. Perilaku Konsumsi. Jakarta: Binarupa Aksara

Fatchur, Rohman. 2009. Peran Nilai Hedonik Konsumsi dan Reaksi Impulsif sebagai Mediasi Pengaruh Faktor Situasional terhadap Keputusan Pembelian Impulsif di Butik Kota Malang. Jurnal Aplikasi Manajemen. Vol.7 No.2

Howkins, Coney&Bert. 1980. Consumer Behavior (Implications for Marketing Strategy). Texas: Business Publication.Inc

Kasali, Rhenald. 1998. Membidik Pasar Indonesia; Segmentasi, Targetting, dan Positioning. Jakarta: PT Gramedia Pusaka Utama

Kunto, Yohanes S & Peter Remy P. 2006. Segmentasi gaya hidup pada mahasiswa program studi pemasaran Universitas Kristen Petra.Vol 1 No.1 april 2006, halaman 13-21.

Loudon, David L.;Bitta, Albert.J.Della. 1993. Consumer Behavior: Concepts and Application. Singapore: Mc Graw-Hill Book Company

Nugraheni,P.N.A.2003. Perbedaan Kecenderungan gaya Hidup Hedonis Pada Remaja Ditinjau dari Lokasi Tempat Tinggal. Skripsi (tidak diterbitkan).

Sumartono. 2002. Terperangkap Dalam Iklan (Meneropong Imbas Pesan Iklan Televisi). Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.25134/equi.v15i01.1072

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


EQUILIBRIUM: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi is Indexed in :                   
 
 
E-ISSN 2614-5839 ||  P-ISSN 02165287