Manajemen Pendidikan Di Negara Cina
Abstract
Pendidikan merupakan jendela ilmu pengetahuan yang bermanfaat bagi kehidupan setiap orang. Tinggi dan rendahnya tingkat pendidikan sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi suatu negara. Akibatnya, mempengaruhi stabilitas daya saing suatu negara. Berdasarkan beberapa bukti empiris negara China menjadi salah satu negara yang memilki pendidikan terbaik di dunia. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengapa pendidikan di China bisa menjadi salah satu yang terbaik di dunia serta seberapa jauh penerapan manajemen pendidikan di China sehingga dapat dikatakan salah satu negara pendidikan terbaik d dunia.
Hasil pembahasan dan diskusi menunjukan bahwa China memiliki sistem pendidikan bersifat transentralisasi, artinya mulai dari level pusat, provinsi, kotamadya, kabupaten, dan termasuk daerah-daerah otonomi setingkat kotamadya. Kemudian pendidikan di China terdiri dari empat sektor (1) basc education, (2) technical & vacational education, (3) higher education, dan (4) adult education. Selain empat sektor tersebut terdapat pula pendidikan non formal yaitu pendidikan literasi guna untuk memberantas buta huruf. Kurkulum pendidikan di china lebih fleksibel dengan kebutuhan siswanya dan kesejahteraan guru lebih diperhatikan.
References
Anwar, C. (2014). Sistem Pendidikan di Cina. Beijing. Kantor Atase Pendidikan KBRI.
Fadillah, et al. (2019). UPAYA MENINGKATKAN KECERDASAN SPIRITUAL PESERTA DIDIK MELALUI MANAJEMEN PESERTA DIDIK. Manajemen Pendidikan Islam, 5.
Guodong, X. (2003). Adult Education in China: Present Situation, Achievements and Challenges. In DVV Internatonal. Online. https://www.dvv-international.de/en/adult-education-and-development/editions/aed-602003/25-years-of-cooperation-aspbae-and-iizdvv/adult-education-in-china-present-situation-achievements-and-challenges/
Hikamat. (2011). Manajemen Pendidikan (2nd ed.). Bandung. CV Pustaka Setia.
ICAN. (2020). Sistem Penddikan Di China. Online. https://www.ican-education.com/berita-event/news/sistem-pendidikan-di-china
Koranyogya. (2018). Sistem Pendidikan Tinggi di Cina. In Terompet Anak Bangsa Koranyogya.com. Online. https://koranyogya.com/sistem-pendidikan-tinggi-di-cina/#:~:text=Cina memiliki sistem pendidikan universitas,selama lebih dari 10 tahun.&text=Di sisi lain%2C perintah tingkat,memasukkan kurikulum dalam bahasa Mandarin.
Liebchen. (2013). Nambah Pengetahuan Dengan Mengetahui Sistem Pendidikan Cina Yu. In Sekolah Luar Negeri. Online. https://konsultanpendidikan.com/2013/10/05/nambah-pengetahuan-dengan-mengetahui-sistem-pendidikan-cina-yu/amp/
Mustari, M. (2015). Manajemen Pendidikan (1st ed.). Depok. Rajawali.
OECD. (2018). Beijing, Shanghai, Jiangsu and Zhejiang (China). In PISA RESULTS.
Putra, A. (2017). MENGKAJI & MEMBANDINGKAN KURIKULUM 7 Negara ( Malaysia, Singapura, Cina, Korea, Jepang, Amerika dan Finlandia). In File_Perbandingan Kurikulum.
Wijaya, I. E. (2007). STUDI KOMPARATIF PENDIDIKAN DI KAWASAN ASIA (RRC, KOREA SELATAN, JEPANG ). Educar, 5(1), 48–66.
EQUILIBRIUM: Jurnal penelitian Pendidikan dan Ekonomi is licensed under a Creative Commons CC-BY-SA. This is the very permissive of the Creative Commons licences and allows for maximum dissemination and use of the licenced work with appropriate credit. The licence permits others to use, reproduce, disseminate or display the article in any way, including for commercial purposes, so long as they credit the author for the original creation. In case of remix, transform, or build upon the material, distribution of your contributions under the same license as the original.
You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material
- for any purpose, even commercially.
You can find details of the licence below.Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0)