PENGARUH PERSEPSI HARGA, LOKASI DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh harga, lokasi dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah atau sering datang pada Waroeng Steak 76 Palmerah. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari kuesioner yang secara acak diberikan kepada 100 konsumen Waroeng Steak 76 Palmerah dengan metode incidental sampling. Metode analisis yang digunakan adalah analisis kuantitatif, analisis regresi berganda. Analisis ini meliputi: validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, pengujian hipotesis dengan uji t dan uji F, serta analisis koefisien determinasi (R2). Variabel kualitas produk memiliki pengaruh paling besar terhadap keputusan pembelian sebesar 0,396 diikuti oleh variabel harga sebesar 0,281. Sedangkan variabel lokasi memiliki pengaruh paling rendah dibandingkan dengan variabel lain sebesar 0,185. Pengujian hipotesis menggunakan uji t yang menunjukkan bahwa ketiga variabel bebas yaitu persepsi harga (X1), lokasi (X2), dan kualitas produk (X3) yang diselidiki terbukti secara positif dan signifikan mempengaruhi variabel terikat adalah keputusan pembelian (Y). Kemudian melalui uji F dapat diketahui bahwa variabel harga, kualitas produk, dan lokasi memenuhi syarat untuk menguji variabel dependen yaitu keputusan pembelian. Adjusted R Square menjelaskan angka-angka bahwa 85,5% variasi keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh tiga variabel independen dalam persamaan regresi berganda.
Kata Kunci: persepsi harga; lokasi; kualitas produk; keputusan pembelian.References
Alma, Buchari. 2016. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung:Alfabeta.
Bloom, Paul N dan Boone, Louise N. 2006. Strategi Pemasaran Produk. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Cooper, Brian dan Floody, Brian dan McNeil, Gina. 2005. Memulai dan Menjalankan Bisnis Restauran.Jakarta: DINASTINDO.
Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 21. Semarang: Universitas Diponegoro
Goh, Sunny T.H dan Hor, Khoo Kheng. 2003. Marketing Wise. Jakarta: Bhuana Ilmu Populer.
Gunawan, Imam. 2017. Pengantar Statistika Inferensial. Jakarta: Raja Grafindo.
Heizer, Jay dan Render Barry. 2015. Manajemen Operasi. Edisi 11. Jakarta: Salemba Empat.
Herawati, Lucky. 2016. Uji Normalitas Data Kesehatan Menggunakan SPSS. Edisi pertama. Yogyakarta: Poltekkes Jogja Press.
Janie, Dyah Nirmala Arum. 2012. Statistik Deskripstif dan Regresi Linear Berganda dengan SPSS. Semarang: Semarang University Press
Kasmir. 2011. Kewirausahaan. Jakarta : Raja Grafindo Persada
Kotler, Phillip. 2005. Manajemen Pemasaran. Edisi 11. Jilid 2. Jakarta: Indeks.
, Philip dan Keller, Kevin. 2007. Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jilid 2. Jakarta: Indeks.
, Philip dan Armstrong, Gary. 2008. Prinsip – prinsip Pemasaran. Edisi 12. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
, Philip dan Keller, Kevin. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
, Philip dan Armstrong, Gary dan Opreshik, Marc Oliver. 2018. Prinsip –prinsip Pemasaran. Edisi 17. United Kingdom: Pearson Education.
Lupiyoadi, Rambat. 2014. Pemasaran Jasa. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Ma’aruf, Hendri. 2005. Pemasaran Ritel. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.
Marsum. 2005. Restoran dan Segala Permasalahannya. Edisi IV. Yogyakarta: ANDI
Priyatno, Duwi. 2014. Pengolahan Data Terpraktis. Yohyakarta: Andi
Rangkutti, Freddy. 2009. Strategi Promosi Yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Sangadji, Etta Mamang dan Sopiah. 2013. Perilaku konsumen. Yogyakarta : Andi Offset.
Stanton, William J. 1984. Fundamental of Marketing. Seventh Edition. Jakarta: Erlangga.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA
Suharjo, Bambang. 2008. Analisis Regresi Terapan Dengan SPSS. Yogyakarta: Graha Ilmu
Singarimbun, Masri dan Effendi, Sofian. 1989. Metode Penelitian Survei. Jakarta: LP3ES.
Swastha, Basu. 2015. Manajemen Penjualan. Yogyakarta: BPFE.
Tjiptono, Fandy dan Chandra, Gregorius. 2012. Pemasaran Strategik. Edisi Kedua. Yogyakarta: Andi Offset.
, Fandy. 2016. Service Quality dan Satisfaction. Edisi Keempat. Yogyakarta:Andi Offset.
Wahyuni, Hana catur ; Sulistiyowati, Wiwik ; Khamin Muhammad. 2015. Pengendalian Kualitas. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Wijaya, Toni. 2018. Manajemen Kualitas Jasa. Edisi Kedua. Jakarta: Indeks
JURNAL
Aprisal, Dede. 2017. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Great Store Clothing Samarinda). eJournal Administrasi Bisnis 5: 815-826
Paramitha, Mariska Deasy dan Khasanah, Imroatul. 2015. Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Lokasu Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Mie Nges-Nges Banyumanik Semarang). Diponegoro Journal Of Management 4: 1-10
Silalahi, Rudi Yanto Batara dan Susantri, Letanli Ayu. 2018. Pengaruh Kualitas Produk, Tempat dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Bekas Di Pasar Seken Aviari. Jurnal Elektronik REKAMAN (Riset Ekonomi Bidang Manajemen dan Akutansi) 2: 83-94
EQUILIBRIUM: Jurnal penelitian Pendidikan dan Ekonomi is licensed under a Creative Commons CC-BY-SA. This is the very permissive of the Creative Commons licences and allows for maximum dissemination and use of the licenced work with appropriate credit. The licence permits others to use, reproduce, disseminate or display the article in any way, including for commercial purposes, so long as they credit the author for the original creation. In case of remix, transform, or build upon the material, distribution of your contributions under the same license as the original.
You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material
- for any purpose, even commercially.
You can find details of the licence below.Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0)