PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH (eWOM) DI INSTAGRAM TERHADAP PURCHASE INTENTION PADA RESTORAN RICHEESE FACTORY
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh electronic Word of Mouth (eWOM) terhadap keputusan pembelian. Populasi penelitian adalah pengguna internet yang berinteraksi di social media Instagram pada hastag #Richeesefactory. Dimensi yang digunakan dalam penelitian ini adalah platform assistance, concern for others, economic insentive, helping the company, extraversion dan advice seeking untuk variabel eWOM dan dimensi Tindakan konsumen untuk memutuskan melakukan pembelian untuk variabel Keputusan Pembelian. Teknik pengambilan sampel proporsional adalah simple random sampling. Sampel dari berjumlah 100 responden. Data primer dikumpulkan melalui kuesioner menggunakan model skala Likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisa Regresi Sederhana dengan SPSS 19. Hasil penelitian ini adalah: electronic Word of Mouth (eWOM) di Instagram memiliki pengaruh yang positif terhadap Keputusan Pembelian pada Richeese Factory, di mana hal tersebut menunjukkan bahwa semakin banyak electronic Word of Mouth (eWOM) di Instagram yang diterima, maka akan semakin besar pula pengaruhnya terhadap Keputusan Pembelian. Selain itu electronic Word of Mouth (eWOM) mempengaruhi Keputusan Pembelian sebesar 34,7%. Dengan demikian terdapat pengaruh yang tidak terlalu besar. Sedangkan sisanya sebesar 65,3% dipengaruhi oleh faktor - faktor lain, seperti berbagai aktivitas pemasaran lainnya dari restoran Richeese Factory.
Published
2021-01-30
How to Cite
Hermawan, H. (2021). PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH (eWOM) DI INSTAGRAM TERHADAP PURCHASE INTENTION PADA RESTORAN RICHEESE FACTORY. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 18(01), 65-76. https://doi.org/10.25134/equi.v18i1.3726
Section
Articles
EQUILIBRIUM: Jurnal penelitian Pendidikan dan Ekonomi is licensed under a Creative Commons CC-BY-SA. This is the very permissive of the Creative Commons licences and allows for maximum dissemination and use of the licenced work with appropriate credit. The licence permits others to use, reproduce, disseminate or display the article in any way, including for commercial purposes, so long as they credit the author for the original creation. In case of remix, transform, or build upon the material, distribution of your contributions under the same license as the original.
You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material
- for any purpose, even commercially.
You can find details of the licence below.Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0)