PENGARUH LOKASI, HARGA, PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI UD ADAM JAYA

Mietta Deasanda Lailatul Annisaa, A. Suharto, Nursaidah Nursaidah

Abstract


Abstract

UD. Adam Jaya Sumbersuko Lumajang is currently experiencing a decline in sales. Besides the intense competition is determined by consumer purchasing decisions. Consumers think to make a decision in purchasing goods if the location, price and service are in accordance with what is desired by consumers. The location of the business also influences consumers to make repeat purchases. If a product is easily accessible or accessible, consumers will decide to buy the product. Then, the price factor also greatly influences consumer purchasing decisions. Affordable prices will generally be preferred by consumers. If the quality of service is poor, consumers will reconsider buying a product. The purpose of this study was to determine the effect of location, price, and service on purchasing decisions. In this study, data collection was carried out through observation, interviews, and distributing questionnaires using the purposive sampling method to 80 respondents. The analysis used includes data instrument testing (validity test and reliability test), multiple linear regression analysis, classical assumption test (normality test, multicollinearity test, heteroscedasticity test) and hypothesis testing (t test). The results of the analysis using regression indicate that the variables of location, price and service have a positive influence on purchasing decisions. From the results of the t-test location, price and service have a significant (mean) influence on purchasing decisions. Because the results of the detection coefficient have a low coefficient value, other variables such as product quality, word of mouth and product differentiation need to be added for further research.

Keywords: location, price, service and purchasing decisions


Abstrak

UD. Adam Jaya Sumbersuko Lumajang saat ini mengalami penurunan penjualan. Disamping ketatnya persaingan ditentukan oleh keputusan pembelian konsumen. Konsumen befikir untuk menetapkan suatu keputusan dalam pembelian barang apabila lokasi, harga dan pelayanan tersebut sudah sesuai dengan apa yang diinginkan oleh konsumen. Lokasi usaha juga mempengaruhi konsumen dalam untuk melakukan pembelian ulang. Apabila suatu produk mampu di jangkau atau diakses dengan muda, maka konsumen akan memutuskan untuk membeli produk tersebut. Kemudian, faktor harga juga sangat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Harga yang terjangkau umumnya akan lebih dipilih oleh konsumen. Jika kualitas pelayanan buruk, maka konsumen akan mempertimbangkan kembali untuk membeli sebuah produk. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh lokasi, harga, dan pelayanan terhadap keputusan pembelian. Dalam penelitian ini pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi, wawancara, dan penyebaran kuesioner dengan menggunakan metode purpossive sampling kepada 80 responden. Analisis yang digunakan meliputi pengujian instrumen data (uji validitas dan uji reliabilitas), analisis regresi linier berganda, uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas) dan uji hipotesis (uji t). Hasil analisis menggunakan regresi menunjukkan bahwa variabel lokasi, harga dan pelayanan mempunyai pengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Dari hasil uji t lokasi, harga dan pelayanan mempunyai pengaruh signifikan (berarti) terhadap keputusan pembelian. Karena hasil koefisien deteksi memiliki nilai koefisien yang rendah, maka variabel lain seperti kualitas produk, word of mouth dan diferensiasi produk butuh ditambahkan untuk penelitian selanjutnya.

Kata kunci: lokasi, harga, pelayanan dan keputusan pembelian



Keywords


lokasi; harga; pelayanan dan keputusan pembelian; location; price; service and purchasing decisions

Full Text:

PDF

References


Arief, M.R,. (2011). Pemrograman Web Dinamis Menggunakan PHP dan MySQL. Yogyakarta: C.V Andi Offset.

Avetoe, H. and Lamidi. (2015). Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan 15(3): 367 – 373.

Balawera, Asrianto. (2013). Green Marketing dan Corporate Responsibility Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Melalui Minat Membeli Produk Organik di Freshmart Kota Manado. Jurnal EMBA, Volume1, Nomor 4, hal. 2117-2129

Ferdinand, A. (2005). Structural Equation Modeling dalam Penelitian Manajemen. Edisi ke 2. Semarang: BP UNDIP.

Gama, Agus Wahyudi Salasa; Ni Wayan Rustiarini dan Ni Putu Nita Anggraini. (2016). Pengaruh Lokasi, Fasilitas, Dan Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Pasar Seni Guwang Sukawati). Jurnal Ekonomi dan Pariwisata Vol.11, No.1. 28 Februari 2016 ISSN 1978-6069

Garatu, Timotius. (2013). Pengaruh Pelayanan, Harga Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Ramayana Motor Poso Sulawesi Tengah. Jurnal Ekomen Vol. 13 No. 1 – Januari 2013 ISSN: 1693-9131

Ghozali, Imam. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program. IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Husen, Akhmad; Seno Sumowo dan Akhmad Fahrur Rozi. (2018). Pengaruh Lokasi, Citra Merek Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Mie Ayam Solo Bangsal Jember. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia Vol. 4 No. 2 Desember 2018 Hal. 127-143

Kotler, Philip. (2010). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi Keduabelas. Jakarta: Prenhallindo.

Kotler, Philip & Gary Armstrong. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., dan Keller, K. L. (2012). Marketing Management. England: Pearson.

Kuncoro, Mudrajat. (2009). Metode Riset Untuk Bisnis & Ekonomi. Erlangga. Jakarta.

Lamb, et al. (2006). Pemasaran Buku 1. Edisi 1. Jakarta: Salemba Empat

Monica, Elina. (2018). Pengaruh Harga, Lokasi, Kualitas Bangunan dan Promosi Terhadap Minat Beli Perumahan Taman Safira Bondowoso. International Journal of Social Science and Business Volume 2, Number 3, Tahun 2018, pp. 141-149 P-ISSN: 2614-6533 E-ISSN: 2549-6409 Open Access: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJSSB/index

Parasuraman, A. (2013). A Conceptual Model Of Service Quality and Its Implication For future Research. Journal Of Marketing

Raharjo, Korniawan dan Suryono Budi Santosa. (2015). Analisis Pengaruh Lokasi, Kualitas Pelayanan dan Persepsi Harga terhadap Keputusan Pembelian di T.B Rajawali Kalicilik, Demak (Studi pada Toko Bangunan Rajawali Kalicilik, Demak). Diponegoro Journal Of Management Volume 4, Nomor 4, Tahun 2015, Halaman 1-11 http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr ISSN: 2337-3792

Riyanto, Danang Agus. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen pada Toko Bangunan Telur Abadi Kabupaten Tulungagung. Simki-Economic Vol. 01 No. 05 Tahun 2017 ISSN: BBBB-BBBB Artikel Skripsi Universitas Nusantara PGRI Kediri

Syahputra, Deny Eka. (2015). Pengaruh Pelayanan, Harga Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Ore Premium Store. (Skripsi tidak Dipublikasikan) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya.

Tjiptono, Fandy. (2017). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.

Umam, Khoirul dan Muhammad Mansur. (2017). Pengaruh Lokasi Toko, Tata Letak Toko Dan Atmosfer Toko Terhadap Kepuasan Konsumen Dalam Berbelanja (Studi kasus Pada Koperasi An-nur Kita PP An-nur 3 Murah Banyu Bululawang Malang). Jurnal Ilmiah Riset Manajemen Vol. 6 No. 1 Agustus 2017

Wahyuni, Dkk. (2017). Pengaruh Harga, Lokasi, Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Distro Tangkelek di Kota Padang. (Skripsi tidak Dipublikasikan) STKIP PGRI Sumatera Barat.

Winmarsyah, Ghozali Ahcmad. (2017). Pengaruh Harga, Lokasi, Dan Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Carlick Store Surabaya. (Skripsi tidak Dipublikasikan) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya.

Wijayana, E. A. D. (2017). Pengaruh Atmosfer Toko, Display, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Distro Downright Kediri. Simki-Economic Vol. 01 No. 07

Yulindo, Kenshi Poneva. (2013). Pengaruh Atribut-atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Green Product Cosmetics Sariayu Martha Tilaar di Kota Padang. Jurnal Manajemen, Vol. 2 No. 1. http://www.ejournal.unp.ac.id .

Zulaicha, Santri dan Rusda Irawati. (2016). Pengaruh Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Morning Bakery Batam. Inovbiz: Jurnal Inovasi dan Bisnis, Vol. 4, No. 2, Desember 2016, hlm. 125-136 ISSN 2338-4840




DOI: https://doi.org/10.25134/equi.v19i01.4516

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


EQUILIBRIUM: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi is Indexed in :                   
 
 
E-ISSN 2614-5839 ||  P-ISSN 02165287

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.