PENGARUH LABELISASI HALAL DAN MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MAKANAN OLEH KONSUMEN MUSLIM DI MAGELANG

Silvi Agusviani Pratama, Yulida Army Nurcahya

Abstract


Abstract

This research is a research on halal labeling and branding on food products. The purpose of this study was to determine the effect of halal labeling and brands on purchasing decisions on food products by consumers Muslims in Magelang. The more free circulation of food products is becoming that must be considered by all Muslims, both from the government, perpetrators businesses, and consumers.This study uses a quantitative approach with data processing statistics. The population in this study is the Muslim community of Magelang, with sampling technique using purposive sampling method a number of 50 respondents. The data used in this study are primary data which obtained through a questionnaire, and processed by multiple linear regression analysis test. The results showed that both halal labeling and brand product have positive and significant effect on purchasing decisions of food products by Muslim consumers in Magelang. The the constant value of 10.220 is positive indicating that the value of halal labeling and brand product is constant, then the purchasing decisions variable will increase by 10,220 units.

Keywords:halal; labeling; product brand; purchasing decision.    


Abstrak 

Penelitian ini merupakan penelitian mengenai labelisasi halal dan merek pada produk makanan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh labelisasi halal dan merek terhadap keputusan pembelian pada produk makanan oleh konsumen muslim di Magelang. Semakin bebasnya peredaran produk makanan menjadi hal yang harus diperhatikan oleh seluruh umat muslim, baik dari pemerintah, pelaku usaha, dan konsumen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pengolahan data secara statistik. Populasi dalam penelitian ini yaitu masyarakat muslim Magelang, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling sejumlah 50 orang responden. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang didapat melalui kuesioner, dan diolah dengan uji analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik dari labelisasi halal dan merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk makanan oleh konsumen muslim di Magelang. Dari nilai konstanta senilai 10,220 bernilai positif menunjukkan bahwa nilai variabel labelisasi halal dan variabel merek konstan, maka variabel keputusan pembelian akan meningkat sebesar 10,220 satuan.

Kata kunci: halal; labelisasi; merek; keputusan pembelian.


Keywords


halal; labelisasi; merek; keputusan pembelian; labeling; product brand; purchasing decision

Full Text:

PDF

References


Amin, M. (2011). Fatwa Produk Halal Melindungi dan Menentramkan. Pustaka Jurnal Halal.

Anggraini, D. S. (2020). Pengaruh Labelisasi Halal dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Produk Makanan Impor dalam Kemasan (Studi Kasus Mahasiswa FEBI UIN STS Jambi). Skripsi, Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Jambi.

Bulan, T. P. (2016, Mei). Pengaruh Labelisasi Halal terhadap Keputusan Pembelian Sosis di Kuala Simpang Kabupaten Aceh Tamiang. Jurnal Manajemen dan Keuangan, 5, 430-439.

Febriyana, R., Sampurno, & Djoharsyah. (2019, Agustus). Pengaruh Label Halal, Kualitas, dan Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Natur-E pada Konsumen Muslim di Kota Bogor. Jurnal Bisnis dan Komunikasi, 6, 127-135.

Hasan, K. S. (2015, Desember). Formulasi Hukum dan Pentingnya Jaminan Kepastian Hukum Produk Pangan Halal dalam Hukum Nasional. Jurnal Nurani, 2, 47-74.

Jakaria, Y. (2015). Megelola Data Penelitian Kuantitatif dengan SPSS. Bandung: Alfabeta.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran . Jakarta: Erlangga.

Levina, M. (2013). Analisis Faktor-faktor Pembentuk Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Hotel Narita Surabaya. Jurnal Hospitality dan Manajemen Jasa.

Maemonah, S. (2017). Pengaruh Merek dan Labelisasi Halal terhadap Keputusan Pembelian Produk Jilbab Zoya (Studi Kasus pada Konsumen di Outlet Produk Jilbab Zoya Pamularsih Semarang). Skripsi, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Semarang.

(t.thn.). Peraturan Pemerintah (PP) Republik Indonesia Nomor 69 Tahun 1999 tentang Label dan Iklan Pangan.

Putra, P. A. (2017, Januari). Kedudukan Sertifikasi Halal dalam Sistem Hukum Nasional sebagai Upaya Perlindungan Konsumen dalam Hukum Islam. Jurnal Ekonomi dan Keuangan Syariah, 1, 150-165.

Sujarweni, V. W. (2014). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Umar, H. (2014). Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: Rajawali Press.

(t.thn.). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal.

Wibowo, D. E., & Mandusari, B. D. (2018, Oktober). Pengaruh Labelisasi Halal terhadap Keputusan Pembelian oleh Konsumen Muslim terhadap Produk Makanan di Kota Pekalongan. Indonesian Journal of Halal, 1, 73-77.

Yulianti, F., Lamsah, & Periyadi. (2019). Manajemen Pemasaran. Banjarmasin: Deepublish.




DOI: https://doi.org/10.25134/equi.v19i01.4847

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


EQUILIBRIUM: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi is Indexed in :                   
 
 
E-ISSN 2614-5839 ||  P-ISSN 02165287