DIFERENSIASI PRODUK, PERSEPSI HARGA, CITRA MEREK DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN

Anggi Dwi Astuti, Bogy Febriatmoko

Abstract


Abstract

This study aims to analyze the effect of product differentiation, price perception, brand image and promotion on lenovo laptop purchasing decisions. The data used is sourced from a questionnaire in the form of a google form link (primary data). The sampling method used purposive sampling method, namely the technique of determining the sample based on certain criteria or considerations. The results showed that product differentiation, price perception, brand image and promotion had a partially significant positive effect on purchasing decisions for Lenovo laptops. The higher the product differentiation, price perception, brand image and promotion, it will increase the purchasing decision of Lenovo Laptops. This study used a quantitative method. The study population was Lenovo laptop users in Central Java Province. The instrument used was a questionnaire, and the data analysis technique used multiple regression. The results of the regression coefficient test of product differentiation, price perception, brand image and promotion show a significant positive effect on purchasing decisions. Meanwhile, the t test results show that product differentiation, price perception, brand image and promotion show that they have a partially significant positive effect on purchasing decisions for Lenovo laptops.

Keywords: product differentiation; price perception; brand image; buying decision, promotion.

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh diferensiasi produk, persepsi harga, citra merek dan promosi terhadap keputusan pembelian Laptop Lenovo. Data yang dipakai bersumber dari kuesioner berupa link google form (data primer). Metode pengambilan sampel memakai metode metode purposive sampling yaitu teknik penentuan sampel yang berdasarkan kriteria-kriteria atau pertimbangan tertentu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diferensiasi produk, persepsi harga, citra merek dan promosi berpengaruh positif signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian Laptop Lenovo. Semakin tinggi diferensiasi produk, persepsi harga, citra merek dan promosi maka akan meningkatkan keputusan pembelian Laptop Lenovo. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, Populasi penelitian adalah pengguna laptop Lenovo di Provinsi Jawa Tengah. Instrumen yang digunakan adalah angket, dan teknik analisis data menggunakan regresi berganda. Hasil uji koefisien regresi diferensiasi produk, persepsi harga, citra merek dan promosi menunjukkan pengaruh yang signifikan positif terhadap keputusan pembelian.Sedangkan hasil uji t bahwa diferensiasi produk, persepsi harga,citra merek dan promosi menunjukkan bahwa berpengaruh positif signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian laptop Lenovo.

Kata kunci: diferensiasi produk; persepsi harga; citra merek; keputusan pembelian, promosi.


Keywords


diferensiasi produk; persepsi harga; citra merek; keputusan pembelian; promosi.

Full Text:

PDF

References


Elisa Sulistia Permata Citra dan Ida Ayu. (2020). Keputusan Pembelian Minuman Yakult Ditinjau Dari Distribusi, Diferensi, Gaya Hidup, dan Kualitas Produk. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi.

Fitaloka, Ratna Ekasari, & Donny Arif. (2019). Pengaruh Celebrity Endorses, Persepsi Harga, Promosi, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Jilbab. Fakultas Ekonomi Prodi Manajemen.

Hakim, L., & Saragih, R. (2019). Pengaruh Citra Merek, Persepsi Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Npk Mutiara Di Ud.Barelang Tani Jaya Batam. Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen).

Indriyani, F. I. & R. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Sariayu Martha Tilaar.

Irawati. (2019). Effect of Work Motivation, Organizational Commitment, and Organizational Culture on Work Satisfaction and Performance of Teachers Inpublic Junior High School Pekanbaru. Jurnal Ilmiah Manajemen .

Khoiroh, M., Budiwati, H., & Qoshim, R. A. (2018). Pengaruh Diferesiasi Produk dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Susu Kedelai Madu (Studi Kasus Pada Home Industri Susu “SKM” di Desa Labruk Kidul Kecamatan Sumbersuko Kabupaten Lumajang). Jurnal Riset Manajemen.

Prasastiningtyas, T. R. (2016). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Seluler. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen.

Rimiyati, H., Si, M., & Miftakhul Khoir, M. (2018). Pengaruh Kualitas Produk,Citra Merek ,Persepsi Harga dan Promosi Terhadao Keputusan Pembelian Laptop Lenovo.( Studi Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta )

Rizky Syamsidar dan Euis Soliha. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, Citra Merek dan promosi terhadap proses Keputusan Pembelian (Banaran 9 Coffee & Tea, Gemawang, Kabupaten Semarang).Jurnal Bisnis Dan Ekonomi.

Saerang, I. S., Ekonomi, F., & Manajemen, J. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Speaker Merek Yamaha Di Fortino Audio Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi.

Samosir, C. B. H., & Prayoga, A. B. (2015). Jurnal Pengaruh Persepsi Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Produk Enervon-C. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis.

Setyarko, Y. (2016). Analisis Persepsi Harga, Promosi, Kualitas Pelayanan, dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Secara Online. Ekonomika Dan Manajemen.

Sholeh, F., Widarko, A., & Priyono, A. A. (2018). Deferensiasi produk, citra merek, kualitas produk, dan harga pengaruhnya terhadap keputusan pembelian (Studi Pada Bandung Super Model Sengkaling Malang). E-Jurnal Riset Manajemen Prodi Manajmen.

Sulistiani, S. (2017). Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Yang Berdampak Pada Loyalitas Pelanggan Produk Hydro Coco PT Kalbe Farma. Jurnal Pendidikan, Hukum, Dan Bisnis.




DOI: https://doi.org/10.25134/equi.v20i01.5154

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


EQUILIBRIUM: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi is Indexed in :                   
 
 
E-ISSN 2614-5839 ||  P-ISSN 02165287