PENGARUH RISIKO KREDIT DAN KECUKUPAN MODAL TERHADAP PROFITABILITAS BANK BUMN PERIODE 2013-2020

Dede Riani, Devi Rosita Sari, Nana Diana

Abstract


Abstract

Financial improvement cannot be separated from the financial sector, thus the financial sector plays an important role in every monetary development in Indonesia. In order to maintain the trust of people in general, it is believed that every bank must maintain its monetary presentation.The purpose of this study was to determine the effect of credit risk as measured by Non Performing Loans (NPL), capital adequacy measured by the Capital Adequacy Ratio (CAR), on profitability at Bank BUMN Indonesia in the period 2013-2020. In this study, a saturated sample was used, that is, by using all members of the population as a sample. The data used is annual data from financial reports published by state-owned banks for eight years, namely 2013-2020. The data analysis technique used is multiple linear regression analysis technique. Meanwhile, the method used is descriptive method with a quantitative approach, namely through classical assumption test, and hypothesis testing using T-test and F-test. Testing data is processed using SPSS software. The results of this study indicate that Credit Risk as measured by using Non-Performing Loans (NPL) has a negative effect on the profitability of BUMN Banks in the 2013-2030 period, which means that the more Non-Performing Loans increase, the profitability of BUMN Banks will be lower. And for the results of capital adequacy as measured by using the Capital Adequacy Ratio (CAR) it does not affect the profitability of state-owned banks for the 2013-2020 period.

Keywords: Capital Adequacy Ratio; Non-Performing Loans; Profitability

 

Abstrak

Peningkatan keuangan tidak dapat dipisahkan dari bidang keuangan, dengan demikian bidang keuangan memegang peranan penting dalam setiap perkembangan moneter di Indonesia. Untuk menjaga kepercayaan masyarakat pada umumnya, dipercaya bahwa setiap bank harus menjaga presentasi moneternya. Pelaksanaan moneter pada suatu bank dapat dievaluasi dengan menggunakan beberapa macam petunjuk, salah satunya dengan memanfaatkan laporan anggaran bank yang bersangkutan.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh risiko kredit yang diukur dengan Non Performing Loan (NPL), kecukupan modal diukur dengan Capital Adequacy Ratio (CAR), terhadap profitabilitas pada Bank BUMN Indonesia pada periode 2013-2020. Pada penelitian ini digunakan sampel jenuh, yaitu dengan menggunakan semua anggota dari populasi sebagai sampel. Data yang digunakan merupakan data tahunan dari laporan keuangan yang dipublikasi oleh Bank BUMN selama delapan tahun, yaitu tahun 2013-2020. Pada teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi linear berganda. Sedangkan untuk metode yang dipergunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yaitu melalui uji asumsi klasik, dan uji hipotesis menggunakan Uji-T, dan Uji-F. Pengujian data diproses dengan menggunakan perangkat lunak SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Risiko Kredit yang diukur dengan menggunakan Non Performing Loan (NPL) berpengaruh negatif terhadap profitabilitas Bank BUMN pada perode 2013-2030, yang berarti semakin meningkatnya Non Performing Loan maka profitabilitas pada Bank BUMN akan semakin rendah. Dan untuk hasil dari Kecukupan modal yang diukur dengan menggunakan Capital Adequacy Ratio (CAR) tidak berpengaruh terhadap profitabilitas pada Bank BUMN periode 2013-2020.

Kata Kunci: Risiko Kredit; Kecukupan Modal; Profitabilitas


Keywords


Risiko Kredit; Kecukupan Modal; Profitabilitas; Capital Adequacy Ratio; Non-Performing Loans; Profitability

References


Agustiningrum, R. (2013). Analisis Pengaruh CAR, NPL, dan LDR Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Perbankan. E-Jurnal Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi.

Anggita, P. (2012). Pengaruh CAR, NPL, dan LDR Pada Profitabilitas (Studi di Bank Umum Bursa EfeK Indonesia Tahun 2006-2010). Skripsi Universitas Hasanuddin.

Anggraeni, M. R. (2014). Pengaruh Dana Pihak Ketiga, Kecukupan Modal, Risiko Kredit dan Suku Bunga Kredit Pada Profitabilitas. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 27-38.

Ependi, SE.MM dan Suhikmat, SE.Ak.MM.CA. (2019). Pengaruh Risiko Kredit dan Tingkat Kecukupan Modal Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Perbankan Sektor BUMN yang Terdaftar di BEI Periode 2012-2016. Jurnal Manajemen.

Hardiyanti. (2012). Pengaruh CAR, NPL dan LDR Terhadap ROA Bank BUMN Tahun 2006-2010. Skripsi Universitas Hasanuddin.

Kasmir. (2012). Bank & Lembaga Keuangan Lainnya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Prastyaningtyas. (2010). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Profitabilitas Bank. Skripsi Universitas Diponegoro.

Putrianingsih, D. I. (2016). Pengaruh Non Performing Loan (NPL) dan Capital Adequacy Ratio (CAR) Terhadap Profitabilitas. Jurnal Manajemen.

Sukma, Y. L. (2013). Pengaruh Dana Pihak Ketiga, Kecukupan Modal dan Risiko Kredit Terhadap Profitabilitas (Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di BEI).




DOI: https://doi.org/10.25134/equi.v19i02.5254

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


EQUILIBRIUM: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi is Indexed in :                   
 
 
E-ISSN 2614-5839 ||  P-ISSN 02165287