PENERAPAN LESSON STUDY DENGAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS

Yeyen Suryani, Melasari Melasari, Nanung Nurjannah, Iis Trisno Iskandar, Oyoh Rokayah, Ibnu Udy Prasetyo

Abstract


Abstrak

Permasalahan pada penelitian ini yaitu rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa. Tujuan penelitiannya yaitu untuk mengetahui penerapan lesson study dengan Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dengan penguatan profil pelajar pancasila pada siswa kelas X MPLB SMKN 2 Kuningan. Kegiatan Lesson Study terdiri dari tiga tahapan kegiatan yaitu PLAN (merencanakan), DO (melaksanakan), SEE (Merefleksi). Dalam kegiatan PLAN guru model beserta guru lain sebagai observer merencanakan rencana pembelajaran dalam hal ini disebut modul ajar sesuai dengan ketentuan dalam Kurikulum Merdeka. Para observer  memberi masukan atas modul ajar yang disusun oleh guru model. Dalam tahapan kedua yaitu DO, guru model melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran yaitu Problem Based Learning (PBL) yang menitik beratkan pada keaktifan peserta didik di dalam pembelajaran dan pemecahan masalah dari topik yang diajarkan dipecahkan oleh peserta didik itu sendiri dengan cara berkelompok sampai dengan memberikan kesimpulan. Guru model hanya sebagai fasilitator dalam pembelajaran. Model pembelajaran PBL merangsang peserta didik untuk berpikir kritis dan membuka wawasan peserta didik itu sendiri. Tahapan ketiga yaitu SEE dengan merefleksi hasil pembelajaran yang telah dilaksanakan guru model dengan melihat kekurangan dalam hal peserta didik belajar untuk ditindaklanjuti pada pembelajaran siklus selanjutnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa meningkat dengan penerapan model problem based learning melalui lesson study.

 

Kata kunci: Lesson Study;  Problem Based Learning; Kemampuan Berpikir Kritis

 

Abstract

This research was conducted to solve the main problem faced by the students, their low critical thinking. The objective is to find out the application of lesson study with Problem Based Learning (PBL) to improve critical thinking skills by strengthening the profile of Pancasila students in class X MPLB SMKN 2 Kuningan. There are three stages of activity in implementing lesson study: PLAN,DO (implement), SEE (Reflect). In PLAN activities, the model teacher and other teachers as observers plan a lesson plan, in this case called a teaching module, in accordance with the provisions of the Independent Curriculum. The observers provide input on the teaching modules prepared by the model teacher. In the second stage, namely DO, the model teacher carries out learning using the learning model, namely Problem Based Learning (PBL) which focuses on the activeness of students in learning and solving problems from the topics taught are solved by the students themselves by way of groups up to giving conclusion. The model teacher is only a facilitator in learning. The PBL learning model stimulates students to think critically and opens the students' own insights. The third stage is SEE by reflecting on the learning outcomes that have been carried out by the model teacher by looking at the deficiencies in terms of student learning to be followed up in the next cycle of learning. The results showed that students' critical thinking skills increased with the application of the problem-based learning model through lesson study.

 

Keywords: Lesson Study;  Problem Based Learning; Critical Thinking Skills


Keywords


Lesson Study; Problem Based Learning; Kemampuan Berpikir Kritis

Full Text:

PDF

References


Desmita. (2006). Psikologi Perkembangan. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Ennis, R.H. (1991). Goals for a Critical Thinking. Illinois Critical Thinking Project: University Illinois.

Facione. (1990). Critical Thinking :A Statement Of Expert Consensus For Purposes Of Educationnal Assesment And Instruction. California Academic Press.

Fisher, A. (2008). Berpikir Kritis. Jakarta: Erlangga.

Graaff, Erik De & Anette Kolmos. (2003). “Characteristics of Problem-Based Learning”, Internasional Jurnal Engng/Vol.19, No. 5, 657-662.

Hernita Pasongli , Fatma Hamid , Eva Marthinu & Naomi Atua. (2021). Pembelajaran Lesson Study dalam Meningkatkan Aktivitas Kolaborasi Antar Siswa. Phinisi Integration Review Vol. 4, No.2, Juni 2021 Hal 259-267

Kuswana, W.S. (2011). Taksonomi Berpikir. Bandung: Rosda.

Lewis, C. (2022). Does Lesson Study Have a Future in the United State? Nagoya Journal of Educational dan Human Development. Januari No. 1:1-23.

Perry, R., Lewis, C., Friedkin, S. And Baker, E. (2009). Teachers Knowledge Development During Lesson Study: Impact of Toolkit-Supported Lesson Study on Teachers Knowledge of Mathematics for Teaching. Paper presented at AERA. March 24,1009, San Diego.

Program Perluasan Lesson Study unutk Penguatan LPTK. (2008). Panduan Pelaksanaan Lesson Study di LPTK. Direktorat Ketenagaan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Rahayu, dkk, (2012). Pengembangan Pembelajaran IPA Terpadu dengan

Menggunakan Model Problem Base Learning Melalui Lesson Study. Jurnal

Pendidikan.JPII 1 (1) (2012) 63-70

Rutherford, F. J. & Ahlgren, A. (1990). Science for All Americans. New York:

Oxford University Press.




DOI: https://doi.org/10.25134/equi.v20i01.7012

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


EQUILIBRIUM: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi is Indexed in :                   
 
 
E-ISSN 2614-5839 ||  P-ISSN 02165287