STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA KECIL KERUPUK BAWANG DI KECAMATAN SIANTAR MARTOBA, KOTA PEMATANGSIANTAR
Abstract
Abstract
Economic development is an important factor in national development. Economic development is expected to be the driving force for national development efforts so as not to be left behind by other countries. One example is Indonesia, a developing country. Based on the formulation of the problem, this research was conducted with the aim of understanding the strategy for developing MSME onion cracker small businesses on Jalan Bongbongan. Qualitative methods and SWOT analysis are the research methods used in this study, namely in the form of data collection for countries that have experienced a similar phenomenon, where economic development is the driving force for maintaining economic stability, is carried out to obtain the data or information needed for this research, and the authors base it on observational research methods, interviews, and literature research. From the results of research and interviews conducted by researchers with Rahmat Syabant as the owner of the onion cracker business, the researchers concluded that the business development strategy discussed in this study is to produce quality onion crackers that are sold at affordable prices From this study it can be concluded that the onion cracker business applies a marketing mix strategy in marketing its products. Pricing strategy is the main strategy applied in the marketing of shallot crackers. Promotion is the act of introducing or offering a product or service to the public so that potential customers can buy or consume it.Kata Kunci : Development Strategy; UMKM; IFAS Matrix; EFAS Matrix; SWOT Analysis.
Abstrak
Pembangunan ekonomi merupakan faktor penting dalam pembangunan nasional. Pembangunan ekonomi diharapkan menjadi motor penggerak upaya pembangunan nasional agar tidak tertinggal dari negara lain. Salah satu contohnya adalah Indonesia yang merupakan negara berkembang. Berdasarkan rumusan masalah, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk memahami strategi pengembangan usaha kecil kerupuk bawang UMCM di Jalan Bongbongan. Metode kualitatif dan Analisis SWOT adalah metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu berupa, pengumpulan data untuk negara-negara yang pernah mengalami fenomena serupa, dimana pembangunan ekonomi menjadi motor penggerak untuk menjaga stabilitas ekonomi, dilakukan untuk mendapatkan data atau informasi yang diperlukan untuk penelitian ini, dan penulis mendasarkan pada metode penelitian observasional, wawancara, dan penelitian literatur. Dari hasil penelitian dan wawancara yang dilakukan peneliti dengan Rahmat Syabant selaku pemilik usaha kerupuk bawang, peneliti menyimpulkan bahwa strategi pengembangan usaha yang dibahas dalam penelitian ini adalah menghasilkan kerupuk bawang berkualitas yang dijual dengan harga terjangkau; Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa usaha kerupuk bawang menerapkan strategi bauran pemasaran dalam pemasaran produknya. Strategi penetapan harga merupakan strategi utama yang diterapkan dalam pemasaran kerupuk bawang merah. Promosi adalah tindakan memperkenalkan atau menawarkan produk atau layanan kepada publik sehingga pelanggan potensial dapat membeli atau mengkonsumsinya.
Kata Kunci : Strategi Pengembangan; UMKM; Matriks IFAS; Matriks EFAS; Analisis SWOT
Keywords
Full Text:
PDFReferences
David,Fred R. (2005).Manajemen Strategi.Jakarta: Salemba Empat.
Freddie. (2004).Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis.Jakarta: PT.Gramedia.
Khair,H.(2016).Manajemen Strategi. UMSU PRESS: Medan
Nasution. (2003). Dalam Metode Penelitian Naturalistik . Bandung:Tarsito.
Petri, M. M. (2020). Dalam Strategi Pemasaran Dalam Mempertahankan Bisnis UMKM Di Tengah Pandemi Covid-19.
Rangkuti, F. (2004). Dalam Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis : Reorientasi Konsep, Perencanaan Strategis untuk Menghadapi Abad 21(hal. 23). Jakarta: Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama.
Rangkuti, F. (2006). Dalam Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis . Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Rangkuti, F. (2016). Dalam Analisis SWOT : Teknik Membedah Kasus Bisnis . Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Sugiyono. (2008). Dalam Memahami Penelitian Kualitatif . Bandung: Alfabeta.
Susanto, A. (2014). Dalam Manajemen Strategik Komprehensif . Jakarta: Penerbit Erlangga.
Suyanto, M. (2007). Dalam Strategic Management Global Most Admired Companies Yogyakarta: CV Andi Offset.
DOI: https://doi.org/10.25134/equi.v20i01.7080
Refbacks
- There are currently no refbacks.