TANTANGAN GURU DISEKOLAH DENGAN PENGUASAAN KOMPETENSI YANG DIMILIKI SEBAGAI PENILAIAN KINERJA GURU

Henry Aditia Rigianti, Umi Karimah

Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengidentifikasi tantangan yang dialami oleh guru berkaitan dengan penguasaan kompetensi sebagai penilaian kinerja guru. Penelitian yang dilakukan menggunakan wawancara deskriptif kualitatif. Dengan mengetahui tantangan yang dialami guru diharapkan mampu untuk mengatasi tantangan guru terhadap permasalahan yang dilingkungan Sekolah Dasar. Tantangan yang sering dialami oleh guru salah satunya yaitu siswa ketika proses pembelajaran dalam memahami materi yang diajarkan belum paham. Pihak wali murid yang tidak terima nilai anaknya jelek. Oleh karena itu, guru harus mampu berinteraksi dengan siswa, lebih baik lagi. Berbagai tantangan yang harus dihadapi guru, maka guru harus mempunyai cara untuk menghadapi siswa dengan karakter berbeda. Guru perlu meningkatkann kompetensi dengan mengikuti pelatihan, seminar dan lainnya. Kompetensi yang harus dikuasasi guru yaitu pendagogik, kepribadian, sosial, dan professional. Kompetensi tersebut akan berpengaruh pada penilian kinerja guru. Penilaian kinerja guru dilihat bagaimana guru dalam memperlakukan siswanya dan bagaimana cara dalam mengatasi masalah.

 

Kata kunci : tantangan; kompetensi; kinerja; guru.

 

Abstract

The aim of this research is to identify the challenges experienced by teachers related to competency mastery as an assessment of teacher performance. The research was conducted using qualitative descriptive interviews. By knowing the challenges experienced by teachers, it is hoped that they will be able to overcome teacher challenges regarding problems in the elementary school environment. One of the challenges often experienced by teachers is that students do not yet understand the learning process in understanding the material being taught. The parents do not accept that their child's grades are bad. Therefore, teachers must be able to interact with students better. There are various challenges that teachers must face, so teachers must have a way to deal with students with different characters. Teachers need to improve their competence by attending training, seminars and others. The competencies that teachers must master are pedagogical, personality, social and professional. These competencies will influence the assessment of teacher performance. Teacher performance assessments look at how teachers treat their students and how they solve problems.

 

Keywords: challenge; competence; performance


Keywords


challenge; competence; performance

Full Text:

PDF

References


Aspi, M., & Syahrani, S. (2022). Profesional guru dalam menghadapi tantangan perkembangan teknologi pendidikan. Adiba: Journal of Education, 2(1), 64–73.

Djaja, S. (2017). Harapan dan tantangan guru pembelajar moda daring. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 10(2).

Husnani, H., Zaibi, Z., & Rollies, B. (2019). Tantangan Guru Di Era Kekinian. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang.

Jailani, M. S. (2014). Guru profesional dan tantangan dunia pendidikan. Al-Ta Lim Journal, 21(1), 1–9.

Januariana, N. E., Koka, E. M., & Singarimbun, W. W. (2018). Efektifitas Ekstrak Kulit Duku (Lansium domesticum corr) Dalam Membunuh Nyamuk Aedes sp. Jurnal Kesehatan Global, 1(3), 94–101.

Kusumawati, E. (2023). Efektivitas Kerja Guru. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(3), 1487–1492.

Muslimin, M. (2020). Program Penilaian Kinerja Guru dan Uji Kompetensi Guru dalam Meningkatkan Prestasi Kerja Guru. Indonesian Journal of Education Management & Administration Review, 4(1), 193–200.

Nur, H. M., & Fatonah, N. (2022). Paradigma kompetensi guru. Jurnal PGSD Uniga, 1(1), 12–16.

Oviyanti, F. (2016). Tantangan pengembangan pendidikan keguruan di era global. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 267–282.

Setyawan, A., Novitri, Q. A., Pratiwi, S. R. E., Walidain, M. B., & Anam, M. A. K. (2020). Kesulitan Belajar Siswa di Sekolah Dasar (SD). Prosiding Nasional Pendidikan: Lppm Ikip Pgri Bojonegoro, 1(1).

Susanna, S. (2014). Kepribadian Guru Pai Dan Tantangan Globalisasi. Jurnal Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 4(2), 376–396.




DOI: https://doi.org/10.25134/equi.v21i01.8274

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


EQUILIBRIUM: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi is Indexed in :                   
 
 
E-ISSN 2614-5839 ||  P-ISSN 02165287