PENGARUH DIGITAL MARKETING DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN
Abstract
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji hubungan digital marketing dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian konsumen. Digital marketing semakin penting sebagai alat dalam strategi pemasaran perusahaan di era digital yang semakin canggih ini. Kualitas produk merupakan faktor penting yang memengaruhi keputusan pembelian. Untuk memastikan sejauh mana kedua variabel tersebut memengaruhi keputusan pembelian pelanggan, penelitian ini menggabungkan keduanya. Metodologi penelitian ini memadukan pendekatan kuantitatif dengan teknik deskriptif verifikatif. Teknik analisa dalam penelitian ini menggunakan skala likert dengan analisis data regresi berganda. Temuan penelitian menunjukkan bahwa variabel (Y) atau keputusan pembelian Seblak Teh Windy sangat dipengaruhi oleh digital marketing (X1). Hal ini menunjukkan bahwa digital marketing berdampak besar pada Seblak Teh Windy. Kualitas produk (X2) berpengaruh signifikan terhadap variabel (Y) yaitu keputusan pembelian Seblak Teh Windy bagi generasi z. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya kualitas produk dalam membuat penilaian terhadap apa yang akan dibeli. Digital marketing (X1) dan kualitas produk (X2) merupakan dua elemen yang sangat mempengaruhi keputusan pembelian Seblak Teh Windy. Hal ini menunjukkan bagaimana kualitas produk dan strategi digital marketing yang efisien dapat meningkatkan kepuasan pembelian dan memotivasi generasi z untuk memilih Seblak Teh Windy.
Kata kunci: digital marketing; kualitas produk; keputusan pembelian
Abstract
The aim of this research is to examine the relationship between digital marketing and product quality on consumer purchasing decisions. Digital marketing is increasingly important as a tool in company marketing strategies in this increasingly sophisticated digital era. Product quality is an important factor that influences purchasing decisions. To ascertain the extent to which these two variables influence customer purchasing decisions, this research combines the two. This research methodology combines a quantitative approach with descriptive verification techniques. The data analysis technique uses a Likert scale with multiple regression data analysis. Research findings show that the variable (Y) or purchase decision for Seblak Teh Windy is strongly influenced by digital marketing (X1). This shows that digital marketing has had a big impact on Seblak Teh Windy. Product quality (X2) has a significant effect on variable (Y), namely the decision to purchase Seblak Teh Windy for generation z. This shows how important product quality is in making an assessment of what to buy. Digital marketing (X1) and product quality (X2) are two elements that greatly influence the purchasing decision for Seblak Teh Windy. This shows how product quality and efficient digital marketing strategies can increase purchasing satisfaction and motivate generation z to choose Seblak Teh Windy.
Keywords: digital marketing; product quality; buying decision
References
Afandi, A., Samudra, J. P., Sherley, S., Veren, V., & Liang, W. (2021). Pengaruh Endorsement Influencer Instagram Terhadap Keputusan Pembelian pada Generasi Z. Komunikologi: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi Dan Sosial, 5(1), 15. https://doi.org/10.30829/komunikologi.v5i1.9272
Ariana, R. (2016). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Lipstik Revlon Yogyakarta. 20–21.
Arifiyanto, M., & Kholidah, N. (2021). Analisis Pengaruh Pengetahuan Produk, Persepsi Manfaat dan Promosi terhadap Minat Penggunaan Uang Elektronik berbasis server. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 7(3), 697–706. https://doi.org/10.35794/jmbi.v7i3.31390
Eka Rizky Yulianti. (2019). Skripsi Tanpa Bab Pembahasan. In Pdfcoke.Com (Vol. 2). https://pdfcoke.com/documents/skripsi-tanpa-bab-pembahasanpdf-9o8886edy8or
Jumantara, S., Yulistyanti, D., & Kencanawaty, G. (2021). Perancangan Sistem Informasi Keuangan Kas Di. JI-Tech: Jurnal Ilmiah Sekolah Tinggi Teknologi Informasi NIIT, 17(2), 48–55.
Krishakimi. (2023). Pengaruh Disiplin dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Ekonomi. Multiplier Effect, 1(1), 16–33.
Maulinda, I. (2020). Analisis Kinerja Keuangan Menggunakan Rasio Likuiditas, Solvabilitas Dan Profitabilitas Pada Pusat Koperasi Kartika Tanjungpura Kota Pontianak. SKRIPSI Universitas Muahmmadiyah Pontianak. http://repository.unmuhpnk.ac.id/1209/
Nadya, N. (2016). Peran Digital Marketing Dalam Eksistensi Bisnis Kuliner Seblak Jeletet Murni. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 1(2), 133–144. https://doi.org/10.36226/jrmb.v1i2.17
Runtu, N. megawati, Palandeng, I. D., & Sumarauw, J. S. B. (2023). Pengaruh Kualitas Layanan dan Fasilitas terhadap daya saing objek wisata pulau tiga desa pasir putih kabupaten bolaang mongondow. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 11(4), 633–641. https://doi.org/10.35794/emba.v11i4.49741
EQUILIBRIUM: Jurnal penelitian Pendidikan dan Ekonomi is licensed under a Creative Commons CC-BY-SA. This is the very permissive of the Creative Commons licences and allows for maximum dissemination and use of the licenced work with appropriate credit. The licence permits others to use, reproduce, disseminate or display the article in any way, including for commercial purposes, so long as they credit the author for the original creation. In case of remix, transform, or build upon the material, distribution of your contributions under the same license as the original.
You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material
- for any purpose, even commercially.
You can find details of the licence below.Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0)