PENGARUH DIGITAL MARKETING DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN

  • Derby Khoirulloh Sesandi Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Puji Isyanto Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Neni Sumarni Univeritas Buana Perjuangan Karawang
Keywords: digital marketing, product quality, buying decision

Abstract

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji hubungan digital marketing dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian konsumen. Digital marketing semakin penting sebagai alat dalam strategi pemasaran perusahaan di era digital yang semakin canggih ini. Kualitas produk merupakan faktor penting yang memengaruhi keputusan pembelian. Untuk memastikan sejauh mana kedua variabel tersebut memengaruhi keputusan pembelian pelanggan, penelitian ini menggabungkan keduanya. Metodologi penelitian ini memadukan pendekatan kuantitatif dengan teknik deskriptif verifikatif. Teknik analisa dalam penelitian ini menggunakan skala likert dengan analisis data regresi berganda. Temuan penelitian menunjukkan bahwa variabel (Y) atau keputusan pembelian Seblak Teh Windy sangat dipengaruhi oleh digital marketing (X1). Hal ini menunjukkan bahwa digital marketing berdampak besar pada Seblak Teh Windy. Kualitas produk (X2) berpengaruh signifikan terhadap variabel (Y) yaitu keputusan pembelian Seblak Teh Windy bagi generasi z. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya kualitas produk dalam membuat penilaian terhadap apa yang akan dibeli. Digital marketing (X1) dan kualitas produk (X2) merupakan dua elemen yang sangat mempengaruhi keputusan pembelian Seblak Teh Windy. Hal ini menunjukkan bagaimana kualitas produk dan strategi digital marketing yang efisien dapat meningkatkan kepuasan pembelian dan memotivasi generasi z untuk memilih Seblak Teh Windy.

 

Kata kunci: digital marketing; kualitas produk; keputusan pembelian

 

Abstract

The aim of this research is to examine the relationship between digital marketing and product quality on consumer purchasing decisions. Digital marketing is increasingly important as a tool in company marketing strategies in this increasingly sophisticated digital era. Product quality is an important factor that influences purchasing decisions. To ascertain the extent to which these two variables influence customer purchasing decisions, this research combines the two. This research methodology combines a quantitative approach with descriptive verification techniques. The data analysis technique uses a Likert scale with multiple regression data analysis. Research findings show that the variable (Y) or purchase decision for Seblak Teh Windy is strongly influenced by digital marketing (X1). This shows that digital marketing has had a big impact on Seblak Teh Windy. Product quality (X2) has a significant effect on variable (Y), namely the decision to purchase Seblak Teh Windy for generation z. This shows how important product quality is in making an assessment of what to buy. Digital marketing (X1) and product quality (X2) are two elements that greatly influence the purchasing decision for Seblak Teh Windy. This shows how product quality and efficient digital marketing strategies can increase purchasing satisfaction and motivate generation z to choose Seblak Teh Windy.

 

Keywords: digital marketing; product quality; buying decision

Author Biographies

Derby Khoirulloh Sesandi, Universitas Buana Perjuangan Karawang
Mahasiswa Manajemen Universitas Buana Perjuanagan Karawang
Puji Isyanto, Universitas Buana Perjuangan Karawang
Dosen Manajemen Universitas Buana Perjuangan Karawnag
Neni Sumarni, Univeritas Buana Perjuangan Karawang
Dosen Manajemen Universitas Buana Perjuanagan Karawang

References

Afandi, A., Samudra, J. P., Sherley, S., Veren, V., & Liang, W. (2021). Pengaruh Endorsement Influencer Instagram Terhadap Keputusan Pembelian pada Generasi Z. Komunikologi: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi Dan Sosial, 5(1), 15. https://doi.org/10.30829/komunikologi.v5i1.9272

Ariana, R. (2016). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Lipstik Revlon Yogyakarta. 20–21.

Arifiyanto, M., & Kholidah, N. (2021). Analisis Pengaruh Pengetahuan Produk, Persepsi Manfaat dan Promosi terhadap Minat Penggunaan Uang Elektronik berbasis server. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 7(3), 697–706. https://doi.org/10.35794/jmbi.v7i3.31390

Eka Rizky Yulianti. (2019). Skripsi Tanpa Bab Pembahasan. In Pdfcoke.Com (Vol. 2). https://pdfcoke.com/documents/skripsi-tanpa-bab-pembahasanpdf-9o8886edy8or

Jumantara, S., Yulistyanti, D., & Kencanawaty, G. (2021). Perancangan Sistem Informasi Keuangan Kas Di. JI-Tech: Jurnal Ilmiah Sekolah Tinggi Teknologi Informasi NIIT, 17(2), 48–55.

Krishakimi. (2023). Pengaruh Disiplin dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Ekonomi. Multiplier Effect, 1(1), 16–33.

Maulinda, I. (2020). Analisis Kinerja Keuangan Menggunakan Rasio Likuiditas, Solvabilitas Dan Profitabilitas Pada Pusat Koperasi Kartika Tanjungpura Kota Pontianak. SKRIPSI Universitas Muahmmadiyah Pontianak. http://repository.unmuhpnk.ac.id/1209/

Nadya, N. (2016). Peran Digital Marketing Dalam Eksistensi Bisnis Kuliner Seblak Jeletet Murni. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 1(2), 133–144. https://doi.org/10.36226/jrmb.v1i2.17

Runtu, N. megawati, Palandeng, I. D., & Sumarauw, J. S. B. (2023). Pengaruh Kualitas Layanan dan Fasilitas terhadap daya saing objek wisata pulau tiga desa pasir putih kabupaten bolaang mongondow. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 11(4), 633–641. https://doi.org/10.35794/emba.v11i4.49741

Published
2024-07-31
How to Cite
Sesandi, D. K., Isyanto, P., & Sumarni, N. (2024). PENGARUH DIGITAL MARKETING DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 21(02), 81-93. https://doi.org/10.25134/equi.v21i02.9602