ANTESEDEN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA BRAND FASHION LOKAL DIKOTA BATAM
Abstract
Abstrak
Dunia fashion di Indonesia mengalami perkembangan pesat karena adanya modernisasi desain. Dalam kehidupan sehari-hari pakaian turut menjadi tolak ukur dalam menilai perbedaan status antar kelompok tertentu, karena hal ini orang-orang lebih suka memilih brand fashion dari luar negeri ketimbang brand fashion lokal karena dinilai lebih dapat meningkatkan gengsi. Permasalahan tersebut juga terjadi di Kota Batam, karena hal tersebut penelitian ini dibuat untuk mengetahui lebih dalam mengenai peminatan pada brand fashion di kota Batam, dengan menguji pengaruh dari citra merek, harga, promosi, kualitas produk, kualitas pelayanan, terhadap loyalitas pelanggan oleh kepuasan pelanggan. Variabel tersebut digunakan sebagai anteseden dalam menginvestigasi masalah yang disebutkan sebelumnya. Objek pada penelitian ini berfokus pada Brand Fashion lokal di Kota Batam dengan populasi adalah masyarakat Kota Batam yang dipilih sesuai dengan kriteria sampel yaitu generasi muda di Kota Batam yang pernah membeli Brand Fashion lokal.” Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif, kemudian data yang terkumpul dianalisa menggunakan SmartPLS dan PLS-SEM. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini memberikan sebuah insight bahwa kepuasan pelanggan dalam hal ini tidak dipengaruhi oleh citra merek dan promosi yang biasanya selalu berpengaruh signifikan, begitu juga dengan loyalitas pelanggan dalam hal ini juga tidak terbukti secara signifikan dipengaruhi oleh citra merek, kualitas produk, dan pelayanan.
Kata kunci: citra merek; harga; promosi; kualitas pelayanan; loyalitas pelanggan; kualitas produk; kepuasan pelanggan
Abstract
The fashion industry in Indonesia has developed significantly due to the modernization of design. In daily life, clothing has also become a benchmark in measuring status differences between certain social groups. Because of this, people prefer to choose fashion brands from abroad rather than local fashion brands because they are considered to be able to increase prestige. These problems also occur in Batam City, so this study was made to find out more about the interest in fashion brands in Batam City. By examining the influence of brand image, price, promotion, product quality, service quality, on customer loyalty by customer satisfaction. These variables are used as antecedents in investigating the previously mentioned problems. The object of this study focuses on local fashion brands in Batam City with the population being the people of Batam City selected in accordance with the sample criteria, namely the younger generation in Batam City who have purchased local fashion brands.The method used in this research is quantitative method, then the data collected is analyzed using SmartPLS and PLS-SEM. The findings from this study indicate that customer satisfaction is not impacted by brand image and promotion, which typically have a significant effect. Additionally, customer loyalty is not significantly influenced by brand image, product quality, and service in this context.
Keywords : brand image; price; promotion: service quality; customer loyalty; product quality; customer satisfaction
References
Afnina, A., & Hastuti, Y. (2018). Pengaruh Kualitas Produk terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Samudra Ekonomi Dan Bisnis, 9(1), 21–30. https://doi.org/10.33059/jseb.v9i1.458
Agiesta, W., Sajidin, A., & Piksi Ganesha, P. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Ka Lokal Bandung Raya. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 5(2), 1653–1664.
Andrian, W., & Fadillah, A. (2021). Pengaruh Citra Merek, Pengalaman Merek, Dan Nilai Pelanggan Terhadap Kepuasan Pelanggan Airasia. Jurnal Ilmiah Pariwisata Kesatuan, 2(1), 53–60. https://doi.org/10.37641/jipkes.v2i1.586
Anggraini, F., & Budiarti, A. (2020). Pengaruh Harga, Promosi, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dimediasi Kepuasan Pelanggan Pada Konsumen Gojek. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 8(3). https://doi.org/https://doi.org/10.26740/jupe.v8n3.p86-94
Anggraini, N. P., & Suryoko, S. (2018). PENGARUH LABELISASI HALAL, HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MELALUI KEPUSAN PELANGGAN (Studi pada Konsumen Kosmetik Sariayu di Kota Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 7(3), 359–369.
Apriliani, D., Baqiyyatus S, N., Febila, R., & Sanjaya, V. F. (2020). Pengaruh kepuasan pelanggan, brand image, dan kepercayaan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan pada membercard. Entrepreneurship Bisnis Manajemen Akuntansi (E-BISMA), 1(1), 20–30. https://doi.org/10.37631/e-bisma.v1i1.214
Barcelona, O., Tumbel, T. M., & Kalangi, J. A. F. (2019). Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian Pada CV. Justiti Motor Lembata. Jurnal Administrasi Bisnis, 8(2), 34. https://doi.org/10.35797/jab.8.2.2019.23560.34-42
Budiarno, B., Udayana, I. B. N., & Lukitaningsih, A. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 19(02), 226–233. https://doi.org/10.25134/equi.v19i02.4531
Budiono, A. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Promosi, Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan Melalui Keputusan Pembelian. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 17(02), 1–15. https://doi.org/10.25134/equi.v17i02.2664
Cardia, D. I. N. R., Santika, I. W., & Respati, N. N. R. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(11), 6762. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2019.v08.i11.p19
Choiriah, E. N., & Liana, L. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Dan Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dimediasi Kepuasan Pelanggan. Madic, September, 236–244.
Christina, & Yulianto, E. (2023). Analysis of The Effect of Online Shopping On Self-Manufactured Fashion In Young Women In Batam City With Brand Awareness as Mediation. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 4(1), 169–182.
Diantanti, N. P., Sunaryo, S., & Rahayu, M. (2018). Perbandingan Penggunaan Local-Name Brand Dan Foreign-Name Brand Pada Produk Fashion Di Kota Malang. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 5(1), 92–101. https://doi.org/10.26905/jbm.v5i1.2319
Fasha, H. F., & Madiawati, P. N. (2019). Pengaruh Brand Image, Kualitas Produk dan Harga Terhadap Loyalitas Konsumen melalui Kepuasan Konsumen sebagai Variabel Intervening Produk ZARA di Kota Bandung. E-Proceeding of Management, 6(2), 4060–4080.
Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2006). Multivariate_Data_Analysis_7th_Edition.pdf.
Handayani, I. (2020). Brand Fashion Lokal Pikat Konsumen di Masa Pandemi. Beritasatu.
Hardani, Andriani, H., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Istiqomah, R. R., Fardani, R. A., Sukmana, D. J., & Auliya, N. H. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. In Pustaka Ilmu Group (Vol. 1, Issue 1).
Insani, N. A., & Madiawati, P. N. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Promosi terhadap Loyalitas Pelanggan GoFood di Kota Bandung. Jimea: Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 4(3), 112–122.
Jumheri, S., & Paludi, S. (2023). Analisis Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga, Dan Promosi Dalam Mempengaruhi Kepuasan Tamu Hotel. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 20(02), 231–244. https://doi.org/10.25134/equi.v20i02.7793
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Management of Marketing Kotler and Keller Summary. Academia, 1–23.
Manjeshwar, S., Sternquist, B., & Good, L. K. (2013). Decision making of retail buyers: perspectives from China and India. Qualitative Market Research: An International Journal, 16(1), 38–52. https://doi.org/10.1108/13522751311289758
Nasution, M. I., Wirasari, I., & Arumsari, A. (2022). Kajian Brand Fashion Wanita Lokal Di Kota Bandung (Studi Kasus : Calla The Label dan Halona). Perspektif, 11(4), 1501–1510. https://doi.org/10.31289/perspektif.v11i4.7968
Nosita, F. (2020). E-Servqual, Promosi Dan Loyalitas Pelanggan Marketplace. Journal of Applied Business Administration, 4(1), 38–44. https://doi.org/10.30871/jaba.v4i1.1937
Octavia, R. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah Pt. Bank Index Lampung. Jurnal Manajemen Pemasaran, 13(1), 35–39. https://doi.org/10.9744/pemasaran.13.1.35-39
Pangestoe, & Purwianti. (2022). Analisa Pengaruh Brand Image , Celebrity Endorser , Attitude , Trust , dan Brand Awareness terhadap Purchase Intention Pada Fashion Sportwear di Kota Batam. SEIKO (Jurnal of Management and Business, 5(1), 137–155. https://doi.org/10.37531/sejaman.v5i1.1674
Purnama, S. D. R., Herawati, J., & Kurniawan, I. S. (2019). Pengaruh Persepsi Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Telkom Indonesia Wifi Corner Kotabaru Yogyakarta. Manajemen Dewantara, 3(1), 171. https://doi.org/10.26460/md.v3i1.7657
Purwianti, L. (2023). Peranan Mediasi Inovasi Dan Absorptive Capacity Dalam Meningkatkan Kinerja Hotel Selama Pandemi Covid 19. EKUITAS (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan), 7(2), 171–192. https://doi.org/10.24034/j25485024.y2023.v7.i2.5251
Putra, Edy Yulianto & Fitrianingrum, A. (2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Olahraga Bermerk Mewah Di Kota Batam. Jurnal Akuntansi, Ekonomi Dan Manajemen Bisnis, 6(2), 142–150.
https://jurnal.polibatam.ac.id/index.php/JAEMB/article/view/804
Putra, R. (2021). Determinasi Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan Terhadap Kualitas Produk, Citra Merek Dan Persepsi Harga (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 2(4), 516–524. https://doi.org/10.31933/jemsi.v2i4.461
Putra, S. D., & Hasmawaty, H. (2022). Pengaruh Kualitas Produkdan Pelayanan Terhadap Loyalitas Kepuasan Nasabah Tabungan Prioritas Bank Negara Indonesia. Jurnal Media Wahana Ekonomika, 19(1), 117. https://doi.org/10.31851/jmwe.v19i1.8011
Putri, D. H. M., Syarief, N., & Pusporini. (2021). Pengaruh Harga, Promosi, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Brand Lokal di Kalangan Generasi Z. Prosiding BIEMA, 2, . 989-1005.
Rafiah, K. K. (2019). Analisis Pengaruh Kepuasan Pelanggan dan Kepercayaan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan dalam Berbelanja melalui E-commerce di Indonesia. Al Tijarah, 5(1), 46. https://doi.org/10.21111/tijarah.v5i1.3621
Ramadhani, M., & Nurhadi. (2022). Pengaruh Citra Merek, Kepuasan Konsumen dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pelanggan Air Mineral Merek Aqua. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis Universitas Multi Data Palembang, 11(2), 200–214.
Razak, I. (2019). Pengaruh Kualitas Produk terhadap. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 7(2), 7–8.
Safavi, V. D. R., & Hawignyo. (2021). Pengaruh kualitas pelayanan dan citra merek terhadap kepuasan konsumen kartu prabayar. Jurnal Manajemen, 13(1), 142–150.
Samsu. (2021). Metode penelitian: teori dan aplikasi penelitian kualitatif, kuantitatif, mixed methods, serta research & development. In Rusmini (Ed.), Pusat Studi Agama dan Kemasyarakatan (PUSAKA). Pusaka Jambi.
Santoso, J. B. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Harga terhadap Kepuasan dan Loyalitas Konsumen. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 16(01), 127–146. https://doi.org/10.36406/jam.v16i01.271
Sapitri, E., Sampurno, & Hayani, I. (2020). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Pelanggan Minyak Telon Cussons Baby di DKI Jakarta). J. Mandiri, 4(2), 231–240.
Sentiana, S. S. (2018). Pengaruh Harga dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan. Widya Cipta, 2(2), 247–254.
Setiawan, I., Mulyati, S., Suryani, Y., Tania Pratiwi, R., Wulandini, S., Putri, A., Ekonomi, P., & Universitas Kuningan, F. (2023). Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi ANALISIS PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MARKETPLACE SHOPEE. Jurnal Penelitian Equilibrium, 20(02), 2. https://journal.uniku.ac.id/index.php/Equilibrium
Wicaksono, D. A., Laksanawati, T. A., & Ningsih, D. B. (2022). Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Serta Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Bakso Pak Miad Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang. Value, 2(2), 91–100. https://doi.org/10.36490/value.v2i2.220
Woen, N. G., & Santoso, S. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk, Promosi, dan Harga Normal terhadap Kepuasan dan Loyalitas Konsumen. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, Dan Entrepreneurship, 10(2), 146. https://doi.org/10.30588/jmp.v10i2.712
Yulianto, E. (2023). Women In Batam City With Brand Awareness as Mediation Analisis Pengaruh Pembelanjaan Secara Online Terhadap Fashion Self Manufactured Pada Wanita Muda di Kota Batam Dengan Kesadaran Merek Sebagai Mediasi. 4(January), 169–182.
Yuliyani, I. (2023). Pengaruh Promosi, Kualitas Pelayanan Elektronik dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Aplikasi PLN Mobile di PT PLN Unit Layanan Pelanggan Tegowanu. Universitas Semarang.
Yuwono, W., Budiman, J., & Alliandrina, D. (2024). Analysis of the Attraction of Using e-Money among Indonesian Millennials. Asian Journal of Management Entrepreneurship and Social Science ( AJMESC ), 04(01).
EQUILIBRIUM: Jurnal penelitian Pendidikan dan Ekonomi is licensed under a Creative Commons CC-BY-SA. This is the very permissive of the Creative Commons licences and allows for maximum dissemination and use of the licenced work with appropriate credit. The licence permits others to use, reproduce, disseminate or display the article in any way, including for commercial purposes, so long as they credit the author for the original creation. In case of remix, transform, or build upon the material, distribution of your contributions under the same license as the original.
You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material
- for any purpose, even commercially.
You can find details of the licence below.Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0)