PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MOBILE LEARNING EKOJEK BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR

  • Dhea Sarfita Universitas Negeri Surabaya
  • Norida Canda Sakti Universitas Negeri Surabaya
Keywords: learning media, ekojek, learning outcomes

Abstract

Abstrak 

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya pemahaman peserta didik pada mata pelajaran ekonomi yang menyebabkan hasil belajar belum mencapai ketuntasan klasikal. Tujuan penelitian pengembangan ini guna mendeskripsikan: 1) kevalidan media pembelajaran mobile learning EKOJEK berbasis android, 2) mendeskripsikan kepraktisan media pembelajaran mobile learning EKOJEK berbasis android, 3) mendeskripsikan keefektifan media pembelajaran mobile learning EKOJEK berbasis android. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model 4-D (Define, Design, Development, & Dissiminate). Hasil dari penelitian ini adalah sebuah produk media pembelajaran mobile learning EKOJEK berbasis android dalam bentuk APK (Application Package File). Hasil validasi media pembelajaran mobile learning EKOJEK berbasis android diperoleh dari ahli materi, ahli media, dan ahli grafis dengan kategori sangat layak. Pengukuran hasil belajar menggunakan teknik gain score dari hasil pretest dan posttest memperoleh hasil di kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Berdasarkan hasil perolehan data menunjukkan bahwa media pembelajaran mobile learning EKOJEK berbasis android layak dan efektif digunakan sebagai sumber belajar, serta memberikan respon positif bagi peserta didik. Pada penelitian ini masih terbatas sampai tahap development, disarankan untuk penelitian berikutnya sampai ke tahap disseminate agar dapat memberikan manfaat secara maksimal.

 

Kata kunci: media pembelajaran; ekojek; hasil belajar

 

Abstract 

The background to this research is the low understanding of students in economics subjects which causes learning outcomes not to reach classical completeness. The aim of this development research is to describe: 1) the validity of the android-based EKOJEK mobile learning learning media, 2) describe the practicality of the android-based EKOJEK mobile learning learning media, 3) describe the effectiveness of the android-based EKOJEK mobile learning learning media. This research is a type of Research and Development (R&D) research using the 4-D model (Define, Design, Development, & Dissiminate). The result of this research is an android-based EKOJEK mobile learning learning media product in the form of an APK (Application Package File). The validation results of the android-based EKOJEK mobile learning learning media were obtained from material experts, media experts and graphics experts with a very feasible category. Measuring learning outcomes using the gain score technique from the pretest and posttest results obtained results in the experimental class that were higher than the control class. Based on the results of the data obtained, it shows that the android-based EKOJEK mobile learning learning media is feasible and effective to use as a learning resource, and provides a positive response for students. This research is still limited to the development stage, it is recommended that further research reach the Disseminate stage so that it can provide maximum benefits.

 

Keywords: learning media, ekojek, learning outcomes

Author Biographies

Dhea Sarfita, Universitas Negeri Surabaya
Universitas Negeri Surabaya
Norida Canda Sakti, Universitas Negeri Surabaya
Universitas Negeri Surabaya

References

Agustian, N., & Salsabila, U. H. (2021). Peran Teknologi Pendidikan dalam Pembelajaran. Islamika, 3(1), 123–133. https://doi.org/10.36088/islamika.v3i1.1047

Amirullah, G., & Hardinata, R. (2017). Pengembangan Mobile Learning Bagi Pembelajaran. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 4(02), 97–101. https://doi.org/10.21009/jkkp.042.07

Cahyaningrum, M. N., & Sakti, N. C. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android dan Efek Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI IPS SMA. Efektor, 8(1), 21–33. https://doi.org/10.29407/e.v8i1.15804

Danang, R., Millenio, J., & Susilowibowo, J. (2022). Development Of Android-Based Mobile Learning In Financial Accounting Subject Class Xi Accounting At Smk Negeri 10 Surabaya. 6(36), 177–186.

Fardila, S., & Arief, M. (2021). Pengembangan mobile learning berbasis articulate storyline 3 pada mata pelajaran kearsipan untuk meningkatkan self regulated learning dan hasil belajar siswa (studi pada kelas x OTKP di SMK Cendika Bangsa Kepanjen). Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Pendidikan, 1(4), 344–356. https://doi.org/10.17977/um066v1i42021p344-356

Fauzia, A., & Sakti, N. C. (2017). Pengembangan media pembelajran dengan menggunakan aplikasi prezi pada pokok bahasan kd 3.5 mendiskripsikan bank sentral , sistem pembayaran dan alat pembayaran dalam perekonomian indonesia di kelas x ips Al- Islam Krian Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 5(3), 3–7. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jupe/article/view/20519

Harti, H., Sakti, N. C., Sudarwanto, T., Saino, S., Pratama, D. P. A., & Habibah, I. A. N. (2022). Pelatihan Pembuatan Lkpd Ekonomi Berbasis Aplikasi Digital Pada Guru-Guru Sma Di Kabupaten Lamongan. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(4), 2169. https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i4.11089

Isma Ramadhani Lubis, & Jaslin Ikhsan. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Berbasis Android untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Prestasi Kognitif Peserta Didik SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 1(2), 191–201.

Junita, W. (2019). Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNIMED Penggunaan Mobile Learning sebagai Media dalam Pembelajaran. Penggunaan Mobile Learning Sebagai Media Dalam Pembelajaran, 602–609.

Komariyah, P. I., & Listiadi, A. (2022). Pengembangan Mobile Learning Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Program Aplikasi MYOB Accounting. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 5(2), 175–184. https://doi.org/10.30605/jsgp.5.2.2022.1901

Muthoharoh, V., & Sakti, N. C. (2021). Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Adobe Flash CS6 Untuk Pembelajaran IPS Siswa Sekolah Menengah Atas. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 364–375. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.315

Prabowo, I. A., Wijayanto, H., Yudanto, B. W., & Nugroho, S. (2020). E-BOOK Ajar Pemrograman Mobile Berbasis Android. In Angewandte Chemie International Edition. https://eprints.sinus.ac.id/762/1/Buku_Ajar-Pemrograman_Android.pdf

Richah, Ninik, z. u., & Triani, ni yoman, A. (2021). Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi dan Manajemen (JIKEM). Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi Dan Manajemen (JIKEM), 1(1), 139–152.

Riduwan, S. P. (2016). Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Setiadi, M. E., & Ghofur, M. A. (2020). Pengembangan media pembelajaran mobile learning berbasis android dengan pendekatan kontekstual pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 20(3), 291–307.

Setyaningsih, A., & Sakti, N. C. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran E-Comic pada Materi Kebijakan Moneter dan Fiskal di Kelas XI IPS 1 MAN 1 Mojokerto Anis Setyaningsih Norida Canda Sakti. 8(1).

Siregar, E. (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran, 2015. In Yogyakarta: Ar-Ruzz Media (Issue April).

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta, Bandung.

Suwarto, S. (2012). Dimensi pengetahuan dan dimensi proses kognitif dalam pendidikan. Widyatama, 19(1).

Trianto. (2007). Model-model pembelajaran inovatif berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Widiastika, M. A., Hendracipta, N., & Syachruroji, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android Pada Konsep Sistem Peredaran Darah di Sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 47–64. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.602

Winarti, D. S., & K, D. A. (2016). Mobile Learning, Pembelajaran berbasis STEM, & Berpikir Kritis. Mobile Learning, Pembelajaran Berbasis STEM, & Berpikir Kritis, 26(26), 13–34. https://doi.org/10.21608/maeq.2016.142092

Wiro’i, M., & Sulistyowati, R. (2021). Pengembangan Mobile Learning Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Produk Kreatif Dan Kewirausahaan Sekolah Menengah Kejuruan. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2092–2104. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/730

Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928–3936. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1074

Yuberti. (2014). Teori Pembelajaran dan Pengembangan Bahan Ajar dalam Pendidikan. In Perpustakaan Nasional RI: Katalog Dalam Terbitan (KDT).

Yulaika, N. F., Harti, H., & Sakti, N. C. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Berbasis Flip Book Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen Dan Keuangan, 4(1), 67–76. https://doi.org/10.26740/jpeka.v4n1.p67-76

Zagoto, H., Harefa, D., Universitas, D., & Raya, N. (2023). Analisis peran guru pada proses pembelajaran. 85–98.

Published
2024-07-31
How to Cite
Sarfita, D., & Sakti, N. C. (2024). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MOBILE LEARNING EKOJEK BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 21(02), 143-156. https://doi.org/10.25134/equi.v21i02.9744