https://journal.uniku.ac.id/index.php/Equilibrium/issue/feed Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi 2024-07-31T12:55:23+07:00 Iyan Setiawan iyan.setiawan@uniku.ac.id Open Journal Systems <div style="text-align: justify;"><span style="font-size: 120%;">EQUILIBRIUM: Jurnal penelitian Pendidikan dan Ekonomi (p-ISSN <a title="print ISSN" href="http://issn.pdii.lipi.go.id/issn.cgi?daftar&amp;1180434727&amp;1&amp;&amp;" target="_blank">0216-5287</a> e-ISSN <a title="electronic ISSN" href="http://issn.pdii.lipi.go.id/issn.cgi?daftar&amp;1512549782&amp;1&amp;&amp;" target="_blank">2614-5839</a>) is a peer-reviewed journal published in Indonesia by the Department of Economic Education, Faculty of Teacher Training and Education, the University of Kuningan (PE FKIP UNIKU) in collaboration with the Assosiasi Profesi Pendidik Ekonomi Indonesia (ASPROPENDO).</span></div><div style="text-align: justify;"><span style="font-size: 125%;"><br /></span></div><div style="text-align: justify;"><span style="font-size: 115%;">Frequency : Twice a year, January and July.<br />Citation : <a title="Google Scholar Equilibrium" href="https://scholar.google.com/citations?user=LavP0y0AAAAJ&amp;hl=id" target="_blank">Google Scholar</a><br /></span></div><div style="text-align: justify;"><p><span style="font-size: 115%;">The scopes of the journal include the following topic areas:</span></p><ul><li><span style="font-size: 115%;">Teacher's Education of Economy</span></li><li><span style="font-size: 115%;">Curriculum and Teaching Education of Economy</span></li><li><span style="font-size: 115%;">Learning Media Education of Economy</span></li><li><span style="font-size: 115%;">Leadership and Management of Education of Economy</span></li><li><span style="font-size: 115%;">Information Technology, Communication and Education of Economy</span></li><li><span style="font-size: 115%;">Coorporation and Micro, Small and Middle Business</span></li><li><span style="font-size: 115%;">Office Technology</span></li><li><span style="font-size: 115%;">Management, Business, Accounting and Finance</span></li></ul><div> </div></div> https://journal.uniku.ac.id/index.php/Equilibrium/article/view/9723 MODEL PJBL BERBANTU APLIKASI DALAM PEMBELAJARAN AKUNTANSI 2024-07-31T11:35:49+07:00 Rizka Andika Putra agie.hanggara@uniku.ac.id Agie Hanggara she_n2@yahoo.com <p align="center"><strong>Abstrak</strong></p><p>Permasalahan yang melatarbelakangi peneliti ini adalah masih rendahnya kemampuan berpikir analisis siswa SMKN 2 Kuningan. Tujuan penelitian untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir analisis siswa; untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir analisis siswa antara siswa dengan tingkat motivasi belajar tinggi, dan rendah; untuk mengetahui interaksi antara penggunaan model pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap kemampuan berpikir analisis siswa. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian <em>Factorial Design</em>. Instrument dalam penelitian adalah soal PGK yang mengukur kemampuan analisis siswa dan angket motivasi untuk mengukur motivasi belajar siswa. Hasil analisis dan pengujian dengan menggunakan <em>Two</em><em> Way Anova</em> diketahui: terdapat perbedaan antara kemampuan berpikir analisis siswa yang menggunakan model <em>PjBL</em> Berbantu Aplikasi Akuntansi UKM dengan model <em>PjBL</em> murni pada mata pelajaran Praktikum Akuntansi Perusahaan Jasa, Dagang dan Manufaktur. Dimana kemampuan berpikir analisis siswa yang menggunakan model <em>PjBL</em> Berbantu Aplikasi Akuntansi UKM lebih unggul dibandingkan kemampuan berpikir analisis siswa yang menggunakan model <em>Project Based Learning</em> murni; terdapat perbedaan antara kemampuan berpikir analisis siswa yang memiliki motivasi tinggi, sedang dan motivasi rendah baik di kelas yang menggunakan model <em>PjBL</em> Berbantu Aplikasi Akuntansi UKM maupun kelas yang menggunakan model <em>PjBL</em> murni; terdapat interaksi antara model <em>PjBL</em> Berbantu Aplikasi Akuntansi UKM, dengan motivasi belajar terhadap kemampuan berpikir analisis siswa.</p><p> </p><p><strong>Kata kunci: </strong><em>kemampuan berpikir analisis; </em><em>project based learning; aplikasi akuntansi</em></p><p> </p><p align="center"><strong><em>Abstract</em></strong><em></em></p><p><em>The background problem of this research is the low analytical thinking ability of students of SMKN 2 Kuningan. The purpose of the study was to determine the difference in students' analytical thinking ability; to determine the difference in students' analytical thinking ability between students with high, and low learning motivation levels; to determine the interaction between the use of learning models and student learning motivation on students' analytical thinking ability. The method used is quasi experiment with Factorial Design research design. The instruments in the study were PGK questions that measured students' analytical thinking ability and motivation questionnaire to measure students' learning motivation. The results of analysis and testing using Two Way Anova are known: There is a difference between the analytical thinking skills of students who use the PjBL model assisted by the SME Accounting Application and the pure PjBL model in the Accounting Practicum subject of Service, Trading and Manufacturing Companies. Where the analytical thinking skills of students who use the SME Accounting Application Assisted PjBL model are superior to the analytical thinking skills of students who use the pure Project Based Learning model; There is a difference between the analytical thinking skills of students who have high, medium and low motivation both in classes that use the SME Accounting Application Assisted PjBL model and classes that use the pure PjBL model; There is an interaction between the SME Accounting Application Assisted PjBL model, with learning motivation on students' analytical thinking skills.</em></p><p><em> </em></p><strong><em>Keywords</em></strong><em>: analytical thinking ability; project based learning; accounting application</em> 2024-07-31T11:35:52+07:00 Copyright (c) 2024 Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi https://journal.uniku.ac.id/index.php/Equilibrium/article/view/9119 PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL TERHADAP PERILAKU KERJA INOVATIF 2024-07-31T11:35:50+07:00 Anggun Tiur ida Sinaga sinagaangguntiur@gmail.com Susy Alestriani Sibagariang susyalestriani@gmail.com <p align="center"><strong>Abstrak</strong></p><p>Kajian dalam penelitin ini bertujuan untuk mengetahui tentang dampak penerapan gaya kepemimpinan transformasional terhadap perilaku kerja inovatif pada staf manajerial pemerintah daerah di wilayah Sumatera Utara. Selanjutnya, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif sedangkan dalam penarikan sampel menggunakan random sampling, dengan jumlah responden sebanyak 786 responden yaitu para pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Daerah. Instrumen yang digunakan adalah melalui penyebaran kuesioner yang diukur berdasarkan skala likert. Selanjutnya, analisis data yang diperoleh diolah dengan bantuan software <em>Smart</em> PLS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh gaya kepemimpinan transformasional terhadap perilaku kerja inovatif, sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan melalui peningkatan penerapan gaya kepemimpinan transformasional maka dapat ditingkatkan perilaku kerja inovatif ASN pemerintah daerah khususnya di wilayah provinsi Sumatera Utara. Lebih lanjut, pengaruh gaya kepemimpinan transformasional di sektor publik menguntungkan hubungan antara pemimpin dan bawahannya karena potensi hambatan inovasi yang dipersepsikan oleh bawahan disingkirkan atau dihilangkan oleh pemberdayaan psikologis dan komitmen afektif ASN.</p><p> </p><p><strong>Kata kunci:</strong><em> </em><em>g</em><em>aya </em><em>k</em><em>epemimpinan </em><em>t</em><em>ransformasional; perilaku kerja inovatif; ASN </em></p><p><em> </em></p><p align="center"><strong><em>Abstra</em></strong><strong><em>ct</em></strong><em></em></p><p><em>The study in this research aims to find out the impact of implementing a transformational leadership style on innovative work behavior in regional government managerial staff in the North Sumatra region. Furthermore, the method used in this research is a quantitative descriptive method, while sampling uses random sampling, with a total of 786 respondents, namely local government Civil Service (ASN) employees. Data was collected through distributing questionnaires which were measured based on a likert scale. Next, the data obtained was processed with the help of Smart PLS 3.0 software. The results of the research show that there is an influence of the transformational leadership style on innovative work behavior, so it can be concluded that by increasing the application of the transformational leadership style, the innovative work behavior of local government ASN can be improved, especially in the North Sumatra province. Furthermore, the influence of the transformational leadership style in the public sector benefits the relationship between leaders and their subordinates because potential barriers to innovation perceived by subordinates are removed or eliminated by the psychological empowerment and affective commitment of ASNs.</em></p><p><em> </em></p><p><strong><em>Keywords</em></strong><em>: transformational leadership style; innovative work behavior; ASN</em><em></em></p> 2024-07-31T11:35:52+07:00 Copyright (c) 2024 Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi https://journal.uniku.ac.id/index.php/Equilibrium/article/view/9335 ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI MINTA BELI MAKANAN ORGANIK YANG DIMEDIASI OLEH ATTITUDE 2024-07-31T11:35:52+07:00 Eginta Imanuel Sembiring gurkisembiringegi@gmail.com Isnaini Nuzula Agustin isnaini.Nuzula@uib.ac.id <p align="center"><strong>Abstrak</strong></p><p>Kajian dalam penelitin ini bertujuan untuk mengetahui tentang dampak penerapan gaya kepemimpinan transformasional terhadap perilaku kerja inovatif pada staf manajerial pemerintah daerah di wilayah Sumatera Utara. Selanjutnya, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif sedangkan dalam penarikan sampel menggunakan random sampling, dengan jumlah responden sebanyak 786 responden yaitu para pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Daerah. Instrumen yang digunakan adalah melalui penyebaran kuesioner yang diukur berdasarkan skala likert. Selanjutnya, analisis data yang diperoleh diolah dengan bantuan software <em>Smart</em> PLS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh gaya kepemimpinan transformasional terhadap perilaku kerja inovatif, sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan melalui peningkatan penerapan gaya kepemimpinan transformasional maka dapat ditingkatkan perilaku kerja inovatif ASN pemerintah daerah khususnya di wilayah provinsi Sumatera Utara. Lebih lanjut, pengaruh gaya kepemimpinan transformasional di sektor publik menguntungkan hubungan antara pemimpin dan bawahannya karena potensi hambatan inovasi yang dipersepsikan oleh bawahan disingkirkan atau dihilangkan oleh pemberdayaan psikologis dan komitmen afektif ASN.</p><p> </p><p><strong>Kata kunci:</strong><em> </em><em>g</em><em>aya </em><em>k</em><em>epemimpinan </em><em>t</em><em>ransformasional; perilaku kerja inovatif; ASN </em></p><p><em> </em></p><p align="center"><strong><em>Abstra</em></strong><strong><em>ct</em></strong><em></em></p><p><em>The study in this research aims to find out the impact of implementing a transformational leadership style on innovative work behavior in regional government managerial staff in the North Sumatra region. Furthermore, the method used in this research is a quantitative descriptive method, while sampling uses random sampling, with a total of 786 respondents, namely local government Civil Service (ASN) employees. Data was collected through distributing questionnaires which were measured based on a likert scale. Next, the data obtained was processed with the help of Smart PLS 3.0 software. The results of the research show that there is an influence of the transformational leadership style on innovative work behavior, so it can be concluded that by increasing the application of the transformational leadership style, the innovative work behavior of local government ASN can be improved, especially in the North Sumatra province. Furthermore, the influence of the transformational leadership style in the public sector benefits the relationship between leaders and their subordinates because potential barriers to innovation perceived by subordinates are removed or eliminated by the psychological empowerment and affective commitment of ASNs.</em></p><p><em> </em></p><p><strong><em>Keywords</em></strong><em>: transformational leadership style; innovative work behavior; ASN</em><em></em></p> 2024-07-31T11:35:52+07:00 Copyright (c) 2024 Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi https://journal.uniku.ac.id/index.php/Equilibrium/article/view/9455 PENGGUNAAN REMOTE SENSING DAN GOOGLE TRENDS UNTUK ESTIMASI PRODUK DOMESTIK BRUTO INDONESIA 2024-07-31T12:55:23+07:00 Firhand Yusuf Kamal 222011513@stis.ac.id Mutiara Indryan Sari 222011536@stis.ac.id Maulidya Fan Ghul Udzan Utami 222011572@stis.ac.id Fitri Kartiasih fkartiasih@stis.ac.id <p align="center"><strong>Abstrak</strong></p><p>Pembangunan ekonomi merupakan salah satu topik yang penting untuk dikaji karena memberi gambaran tingkat kesejahteraan suatu negara. Akan tetapi, kebutuhan data yang menggambarkan pembangunan ekonomi, khususnya Produk Domestik Bruto (PDB) belum tersedia secara real-time. Penggunaan big data, seperti Night Time Light (NTL) dan <em>Google Trends</em>, untuk mengestimasi PDB menjadi salah satu solusi permasalahan tersebut. Meskipun begitu, kedua jenis big data tersebut masih memiliki kekurangan sebagai proxy untuk variabel PDB. NTL memiliki kekurangan karena data yang dihasilkan tidak mampu membedakan apakah cahaya yang ditangkap merupakan cahaya yang berasal dari listrik atau cahaya temporal, seperti api, pantulan cahaya, dan lain sebagainya. Begitu pula dengan <em>Google Trends</em> yang masih memiliki kekurangan dimana kata kunci yang digunakan tidak selalu merepresentasikan pola perilaku masyarakat secara konsisten. Metode penelitian ini bersifat kuantitatif dengan menggunakan data NTL dan <em>Google Trends</em> yang dievaluasi dan dibandingkan untuk melihat jenis data mana yang terbaik dalam menghasilkan estimasi PDB. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan NTL, <em>Google Trends,</em> dan gabungan keduanya dapat digunakan untuk memprediksi PDB. Hal tersebut dapat terlihat dari hasil pemodelan yang tidak bersifat overfitting dan memiliki nilai MAPE di bawah 10%. Selain itu, penggunaan gabungan kedua data tersebut menjadi pilihan terbaik dalam mengestimasi PDB yang ditunjukkan dengan hasil evaluasi terbaik, yakni nilai RMSE sebesar 15792,73 dan nilai MAPE sebesar 0,52%.</p><p><em> </em></p><p><strong>Kata kunci:<em> </em></strong><em>g</em><em>oogle </em><em>t</em><em>rends</em><em>; p</em><em>roduk </em><em>d</em><em>omestik </em><em>b</em><em>ruto; </em><em>n</em><em>ight </em><em>t</em><em>ime </em><em>l</em><em>ight; </em><em>remote sensing</em><em></em></p><p><em> </em></p><p align="center"><strong><em>Abstract</em></strong></p><p><em>Economic development is an important topic to study because it provides an overview of the level of welfare of a country. However, the need for data that describes economic development, especially Gross Domestic Product (GDP), is not yet available in real-time. The use of big data, such as Night Time Light (NTL) and Google Trends, to estimate GDP is one solution to this problem. Even so, both types of big data still have shortcomings as proxies for GDP variables. NTL has shortcomings because the data produced is unable to distinguish whether the light captured is light originating from electricity or temporal light, such as fire, reflected light, and so on. Likewise, Google Trends still has shortcomings in that the keywords used do not always consistently represent people's behavior patterns. This research method is quantitative using NTL and Google Trends data which are evaluated and compared to see which type of data is best in producing GDP estimates. The research results show that the use of NTL, Google Trends, and a combination of both can be used to predict GDP. This can be seen from the modeling results which are not overfitting and have a MAPE value below 10%. Apart from that, using a combination of these two data is the best choice in estimating GDP as shown by the best evaluation results, namely an RMSE value of 15792.73 and a MAPE value of 0.52%. </em></p><p><em> </em></p><p><strong><em>Keywords:</em></strong><em> google trends; gross domestic product; nighttime light; remote sensing</em></p> 2024-07-31T11:35:53+07:00 Copyright (c) 2024 Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi https://journal.uniku.ac.id/index.php/Equilibrium/article/view/9379 PENGARUH MEDIA LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS) GOOGLE CLASSROOM TERHADAP BERPIKIR KREATIF SISWA 2024-07-31T11:35:53+07:00 Anggun Gumilar anggunn2804@mail.syekhnurjati.ac.id Yeti Nurizzati yeti678@syekhnurjati.ac.id Nasehudin Nasehudin cecenasehudin@gmail.com <p align="center"><strong>Abstrak</strong></p><p>Penelitian ini dilatarbelakangi perkembangan teknologi yang semakin maju salah satunya pada bidang pendidikan. Namun, dalam kegiatan pembelajaran masih dijumpai kurangnya penyajian metode dan media pembelajaran yang beragam dalam menunjang berpikir kreatif siswa. Untuk menghindari pembelajaran monoton, guru perlu menciptakan metode inovatif dengan memanfaatkan <em>Learning Management System</em> (LMS) <em>Google Classroom</em>, aplikasi pembelajaran jarak jauh yang menyediakan beragam fitur, termasuk tugas, penilaian, anggota, dan konferensi <em>online</em>, yang mendukung berpikir kreatif siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa pengaruh media <em>Learning Management System</em> (LMS) <em>Google Classroom</em> terhadap berpikir kreatif siswa MTs Al-Banna Cikalahang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif regresif dengan desain penelitian <em>ex-post facto</em>. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi, dan lembar rubrik kretifitas siswa. Populasi dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 75 siswa dengan menggunakan total <em>sampling</em>. Kemudian teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji persentase, uji normalitas, uji linearitas, uji korelasi, uji determinasi, uji regresi dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh signifikan antara media <em>Learning Management System</em> (LMS) <em>Google Classroom</em> terhadap berpikir kreatif siswa MTs Al-Banna Cikalahang. Adapun saran dalam penelitian ini yaitu guru dan sekolah mengintegrasikan sumber daya pendukung seperti video pembelajaran atau materi visual lainnya dalam <em>Learning Management System</em> (LMS) <em>Google Classroom</em> yang mendorong berpikir kreatif siswa.</p><p> </p><p><strong>Kata kunci : </strong><em>b</em><em>erpikir </em><em>k</em><em>reatif </em><em>s</em><em>iswa; </em><em>g</em><em>oogle </em><em>c</em><em>lassroom; </em><em>m</em><em>edia </em><em>l</em><em>earning </em><em>l</em><em>anagement </em><em>s</em><em>ystem </em></p><p><em> </em></p><p align="center"><strong><em>Abstract </em></strong></p><p><em>This research is motivated by increasingly advanced technological developments, one of which is in the field of education. However, in learning activities there is still a lack of diverse presentations, methods and learning media to support students’ creative thinking. To avoid monotonouns learning, teachers need to create innovative methods by utilizing the Google Classroom Learning Management System (LMS), a distance learning application that provides a variety of features, including member assessment assignments, and online conferences, which support student’ creative thinking. This research aims to find out how much influence the Google Classroom Learning Management System (LMS)media has on the creative thinking of MTs Al-Banna Cikalahang students. This type of research is regressive quantitative with an ex-post facto research design. Data collection techniques use questionnaires and documentation. The population and sample in this study amounted to 75 students using total sampling. Then the data analysis techniques in this research use percentage tests, normality tests, linearity tests, correlation tests, determination tests, regression tests and hypothesis tests. The results of this research show that there is a significant influence between the Google Classroom Learning Management System (LMS) media on the creative thinking of MTs Al-Banna Cikalahang students. The suggestions in this research is that teachers and schools integrate supporting resource such as learning videos or other visual materials in the Google Classroom Learning Management System (LMS) which encourages students to think creatively.</em></p><p><em> </em></p><p><strong><em>Keywords : </em></strong><em>s</em><em>tudents’ </em><em>c</em><em>reative </em><em>t</em><em>hinking; </em><em>g</em><em>oogle </em><em>c</em><em>lassroom; </em><em>m</em><em>edia </em><em>l</em><em>earning </em><em>m</em><em>anagement </em><em>s</em><em>ystem </em></p> 2024-07-31T11:35:54+07:00 Copyright (c) 2024 Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi https://journal.uniku.ac.id/index.php/Equilibrium/article/view/9642 PENGARUH SISKEUDES, SPIP, KOMPETENSI APARAT, PARTISIPASI MASYARAKAT PADA AKUNTABILITAS PENGELOLAAN DANA DESA 2024-07-31T11:35:54+07:00 Erlitawati Kaharudin erlita@aeterbang.ac.id <p align="center"><strong>Abstrak</strong></p><p>Pemerintah menekankan pembangunan pedesaan sebagai langkah awal Pembangunan, dimana desa yang kaya dan terkelola dengan baik diharapkan dapat mendorong pembangunan manusia. Hibah pedesaan yang diberikan oleh APBN bertujuan untuk mendorong pembangunan desa dengan peningkatan akuntabilitas pengelolaan dana desa melalui sistem keuangan desa (Siskeudes) dan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak Siskeudes, SPIP, kompetensi aparat desa, dan partisipasi masyarakat terhadap akuntabilitas pengelolaan dana desa. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner yang disebarkan kepada anggota BPD di Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal. Data dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda dengan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Siskeudes berpengaruh positif terhadap akuntabilitas pengelolaan dana desa, sedangkan SPIP, kompetensi aparat desa, dan partisipasi masyarakat tidak memiliki pengaruh signifikan. Penelitian ini merekomendasikan peningkatan implementasi Siskeudes untuk memperkuat akuntabilitas dan pengelolaan keuangan desa. Sementara itu, perlu adanya peningkatan kompetensi aparat desa dan partisipasi masyarakat agar dapat berkontribusi lebih efektif dalam pengelolaan keuangan desa.</p><p> </p><p><strong>Kata kunci</strong>:<em> siskeudes; spip; kompetensi; partisipasi, akuntabilitas</em></p><p><em> </em></p><p align="center"><strong><em>Abstract</em></strong><em></em></p><p><em>The government emphasizes rural development as the first step in development, where rich and well-managed villages are expected to encourage human development. Rural grants provided by the APBN aim to encourage village development by increasing accountability in managing village funds through the village financial system (Siskeudes) and the Government Internal Control System (SPIP). This research aims to analyze the impact of Siskeudes, SPIP, competency of village officials, and community participation on accountability in managing village funds. The research method uses a quantitative approach with data collection techniques through questionnaires distributed to BPD members in Limbangan District, Kendal Regency. Data were analyzed using multiple linear regression analysis with the SPSS program. The results of the research show that Siskeudes has a positive influence on accountability in village fund management, while SPIP, competency of village officials and community participation do not have a significant influence. This research recommends increasing the implementation of Siskeudes to strengthen accountability and management of village finances. Meanwhile, there is a need to increase the competence of village officials and community participation so that they can contribute more effectively to village financial management.</em></p><p><em> </em></p><p><strong><em>Keywords</em></strong><em>: siskeudes; spip; competency; partisipation; accountability</em></p> 2024-07-31T11:35:55+07:00 Copyright (c) 2024 Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi https://journal.uniku.ac.id/index.php/Equilibrium/article/view/9602 PENGARUH DIGITAL MARKETING DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN 2024-07-31T11:35:55+07:00 Derby Khoirulloh Sesandi mn20.derbysesandi@mhs.ubpkarawang.ac.id Puji Isyanto puji.isyanto@ubpkarawang.ac.id Neni Sumarni neni.sumarni@ubpkarawang.ac.id <p align="center"><strong>Abstrak</strong></p><p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji hubungan digital marketing dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian konsumen. Digital marketing semakin penting sebagai alat dalam strategi pemasaran perusahaan di era digital yang semakin canggih ini. Kualitas produk merupakan faktor penting yang memengaruhi keputusan pembelian. Untuk memastikan sejauh mana kedua variabel tersebut memengaruhi keputusan pembelian pelanggan, penelitian ini menggabungkan keduanya. Metodologi penelitian ini memadukan pendekatan kuantitatif dengan teknik deskriptif verifikatif. Teknik analisa dalam penelitian ini menggunakan skala likert dengan analisis data regresi berganda. Temuan penelitian menunjukkan bahwa variabel (Y) atau keputusan pembelian Seblak Teh Windy sangat dipengaruhi oleh digital marketing (X1). Hal ini menunjukkan bahwa digital marketing berdampak besar pada Seblak Teh Windy. Kualitas produk (X2) berpengaruh signifikan terhadap variabel (Y) yaitu keputusan pembelian Seblak Teh Windy bagi generasi z. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya kualitas produk dalam membuat penilaian terhadap apa yang akan dibeli. Digital marketing (X1) dan kualitas produk (X2) merupakan dua elemen yang sangat mempengaruhi keputusan pembelian Seblak Teh Windy. Hal ini menunjukkan bagaimana kualitas produk dan strategi digital marketing yang efisien dapat meningkatkan kepuasan pembelian dan memotivasi generasi z untuk memilih Seblak Teh Windy.</p><p> </p><p><strong>Kata kunci</strong>:<em> </em><em>d</em><em>igital </em><em>m</em><em>arketing</em><em>; </em><em>k</em><em>ualitas </em><em>p</em><em>roduk</em><em>; </em><em>k</em><em>eputusan </em><em>p</em><em>embelian</em><em></em></p><p><em> </em></p><p align="center"><strong><em>Abstract</em></strong><strong><em></em></strong></p><p><em>The aim of this research is to examine the relationship between digital marketing and product quality on consumer purchasing decisions. Digital marketing is increasingly important as a tool in company marketing strategies in this increasingly sophisticated digital era. Product quality is an important factor that influences purchasing decisions. To ascertain the extent to which these two variables influence customer purchasing decisions, this research combines the two. This research methodology combines a quantitative approach with descriptive verification techniques. The data analysis technique uses a Likert scale with multiple regression data analysis. Research findings show that the variable (Y) or purchase decision for Seblak Teh Windy is strongly influenced by digital marketing (X1). This shows that digital marketing has had a big impact on Seblak Teh Windy. Product quality (X2) has a significant effect on variable (Y), namely the decision to purchase Seblak Teh Windy for generation z. This shows how important product quality is in making an assessment of what to buy. Digital marketing (X1) and product quality (X2) are two elements that greatly influence the purchasing decision for Seblak Teh Windy. This shows how product quality and efficient digital marketing strategies can increase purchasing satisfaction and motivate generation z to choose Seblak Teh Windy.</em></p><p><em> </em></p><p><strong><em>Keywords</em></strong><em>: digital marketing; product quality; buying decision</em></p> 2024-07-31T11:35:56+07:00 Copyright (c) 2024 Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi https://journal.uniku.ac.id/index.php/Equilibrium/article/view/9663 PENGARUH LEVERAGE, LIKUIDITAS, TOTAL ASSET TURNOVER PADA PROFITABILITAS 2024-07-31T11:35:56+07:00 Erlitawati Kaharudin erlita@aeterbang.ac.id Anang Tri Wahyono Anang@aeterbang.ac.id <p align="center"><strong>Abstrak</strong></p><p>Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh <em>leverage</em>, likuiditas, dan <em>total asset turnover</em> terhadap profitabilitas perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2015-2020. Penelitian ini menggunakan data sekunder berupa laporan keuangan perusahaan manufaktur yang diperoleh dari situs resmi BEI. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi, sedangkan analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa <em>leverage</em> berpengaruh negatif dan signifikan terhadap profitabilitas, sementara likuiditas tidak berpengaruh signifikan. Sebaliknya, total asset turnover berdampak positif dan signifikan terhadap profitabilitas. Temuan ini mengindikasikan bahwa perusahaan manufaktur perlu mengelola struktur utang secara hati-hati untuk menghindari peningkatan risiko keuangan yang dapat menghambat pertumbuhan profitabilitas. Di sisi lain, perusahaan perlu meningkatkan efisiensi penggunaan asetnya untuk meningkatkan penjualan dan laba. Dari penelitian ini perusahaan harus menjaga keseimbangan antara penggunaan utang dan modal sendiri, serta terus berupaya meningkatkan efisiensi operasional. Bagi penelitian selanjutnya, disarankan untuk memperluas cakupan penelitian dengan melibatkan sampel yang lebih besar dan periode penelitian yang lebih panjang. Selain itu, penelitian juga dapat mempertimbangkan faktor-faktor lain yang mungkin mempengaruhi profitabilitas, seperti ukuran perusahaan, pertumbuhan industri, dan kondisi ekonomi makro.</p><p> </p><p><strong>Kata kunci:</strong><em> leverage; likuiditas; total asset turnover; profitabilitas; perusahaan manufaktur</em></p><p><strong><em> </em></strong></p><p align="center"><strong><em>Abstract</em></strong></p><p><em>This research aims to examine the influence of leverage, liquidity and total asset turnover on the profitability of manufacturing companies listed on the Indonesia Stock Exchange (BEI) for the 2015-2020 period. This research uses secondary data in the form of manufacturing company financial reports obtained from the official IDX website. The data collection technique was carried out using the documentation method, while data analysis used multiple linear regression. The research results show that leverage has a negative and significant effect on profitability, while liquidity has no significant effect. On the other hand, total asset turnover has a positive and significant impact on profitability. These findings indicate that manufacturing companies need to manage debt structures carefully to avoid increasing financial risks that could hamper profitability growth. On the other hand, companies need to increase the efficiency of using their assets to increase sales and profits. From this research, companies must maintain a balance between the use of debt and their own capital, and continue to strive to improve operational efficiency. For further research, it is recommended to expand the scope of the research by involving a larger sample and a longer research period. In addition, research can also consider other factors that might influence profitability, such as company size, industry growth, and macroeconomic conditions.</em></p><p><em> </em></p><p><strong><em>Key words:</em></strong><em> leverage; liquidity; total asset turnover; profitability; manufacturing companies</em><em></em></p> 2024-07-31T11:35:56+07:00 Copyright (c) 2024 Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi https://journal.uniku.ac.id/index.php/Equilibrium/article/view/9672 ANTESEDEN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA BRAND FASHION LOKAL DIKOTA BATAM 2024-07-31T11:35:56+07:00 Edy Yulianto Putra yulianto@uib.ac.id Syelen Syelen 2041012.syelen@uib.edu Ferdinand Nainggolan ferdinan@uib.ac.id <p align="center"><strong>Abstrak</strong></p><p>Dunia <em>fashion </em>di Indonesia mengalami perkembangan pesat karena adanya modernisasi desain. Dalam kehidupan sehari-hari pakaian turut menjadi tolak ukur dalam menilai perbedaan status antar kelompok tertentu, karena hal ini orang-orang lebih suka memilih <em>brand fashion </em>dari luar negeri ketimbang<em> brand fashion </em>lokal karena dinilai lebih dapat meningkatkan gengsi. Permasalahan tersebut juga terjadi di Kota Batam, karena hal tersebut penelitian ini dibuat untuk mengetahui lebih dalam mengenai peminatan pada <em>brand fashion</em> di kota Batam, dengan menguji pengaruh dari citra merek, harga, promosi, kualitas produk, kualitas pelayanan, terhadap loyalitas pelanggan oleh kepuasan pelanggan. Variabel tersebut digunakan sebagai anteseden dalam menginvestigasi masalah yang disebutkan sebelumnya. Objek pada penelitian ini berfokus pada <em>Brand Fashion</em> lokal di Kota Batam dengan populasi adalah masyarakat Kota Batam yang dipilih sesuai dengan kriteria sampel yaitu generasi muda di Kota Batam yang pernah membeli <em>Brand Fashion</em> lokal.” Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif, kemudian data yang terkumpul dianalisa menggunakan<em> SmartPLS</em> dan <em>PLS-SEM</em>. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini memberikan sebuah <em>insight</em> bahwa kepuasan pelanggan dalam hal ini tidak dipengaruhi oleh citra merek dan promosi yang biasanya selalu berpengaruh signifikan, begitu juga dengan loyalitas pelanggan dalam hal ini juga tidak terbukti secara signifikan dipengaruhi oleh citra merek, kualitas produk, dan pelayanan.</p><p> </p><p><strong>Kata kunci:<em> </em></strong><em>c</em><em>itra </em><em>m</em><em>erek; </em><em>h</em><em>arga; </em><em>p</em><em>romosi; </em><em>k</em><em>ualitas </em><em>p</em><em>elayanan; </em><em>l</em><em>oyalitas </em><em>p</em><em>elanggan; </em><em>k</em><em>ualitas </em><em>p</em><em>roduk; </em><em>k</em><em>epuasan </em><em>p</em><em>elanggan</em></p><p> </p><p align="center"><strong><em>Abstract</em></strong></p><p><em>The fashion industry in Indonesia has developed significantly due to the modernization of design. In daily life, clothing has also become a benchmark in measuring status differences between certain social groups. Because of this, people prefer to choose fashion brands from abroad rather than local fashion brands because they are considered to be able to increase prestige. These problems also occur in Batam City, so this study was made to find out more about the interest in fashion brands in Batam City. By examining the influence of brand image, price, promotion, product quality, service quality, on customer loyalty by customer satisfaction. These variables are used as antecedents in investigating the previously mentioned problems. The object of this study focuses on local fashion brands in Batam City with the population being the people of Batam City selected in accordance with the sample criteria, namely the younger generation in Batam City who have purchased local fashion brands.The method used in this research is quantitative method, then the data collected is analyzed using SmartPLS and PLS-SEM. The findings from this study indicate that customer satisfaction is not impacted by </em><em>b</em><em>rand </em><em>i</em><em>mage and </em><em>p</em><em>romotion, which typically have a significant effect. Additionally, </em><em>c</em><em>ustomer </em><em>l</em><em>oyalty is not significantly influenced by </em><em>b</em><em>rand </em><em>i</em><em>mage, </em><em>p</em><em>roduct </em><em>q</em><em>uality, and </em><em>s</em><em>ervice in this context.</em></p><p><em> </em></p><p><strong><em>Keywords : </em></strong><em>b</em><em>rand </em><em>i</em><em>mage; </em><em>p</em><em>rice; </em><em>p</em><em>romotion: </em><em>s</em><em>ervice </em><em>q</em><em>uality; </em><em>c</em><em>ustomer </em><em>l</em><em>oyalty; </em><em>p</em><em>roduct </em><em>q</em><em>uality; </em><em>c</em><em>ustomer </em><em>s</em><em>atisfaction</em></p> 2024-07-31T11:35:57+07:00 Copyright (c) 2024 Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi https://journal.uniku.ac.id/index.php/Equilibrium/article/view/9707 PERAN STRUKTUR MODAL, PROFITABILITAS DAN PENGUNGKAPAN LINGKUNGAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN 2024-07-31T11:35:57+07:00 Hesti Fajarsari fajarsarihesti@gmail.com Ika Swasti Putri ikakame@student.uns.ac.id Alexander Nova Vernando alexandernovavernando@gmail.com Erlitawati Kaharudin erlitakaharudin@gmail.com Anang Tri Wahyono anangtriw@aeterbang.ac.id <p align="center"><strong>Abstrak </strong></p><p>Penelitian ini mengkaji hubungan antara struktur modal, profitabilitas, dan pengungkapan lingkungan terhadap nilai perusahaan pada sektor minyak dan gas yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2019-2023. Sampel penelitian terdiri dari 15 perusahaan dengan total 60 observasi. Pengumpulan data menggunakan data sekunder. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda dengan pendekatan data panel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa struktur modal dan profitabilitas berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan, sedangkan pengungkapan lingkungan tidak berpengaruh signifikan. Struktur modal yang optimal dapat meningkatkan nilai perusahaan dengan menyeimbangkan komposisi utang dan ekuitas, sehingga memberikan sinyal positif kepada investor terkait stabilitas keuangan perusahaan. Profitabilitas yang tinggi mencerminkan efisiensi operasional dan kemampuan perusahaan menghasilkan laba secara konsisten, yang pada gilirannya meningkatkan nilai perusahaan. Di sisi lain, pengungkapan lingkungan tidak berpengaruh signifikan, kemungkinan disebabkan oleh kurangnya standar yang konsisten dalam pelaporan informasi lingkungan serta pertimbangan manajer terkait biaya modal dan risiko informasi. Penelitian ini memberikan wawasan mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi nilai perusahaan di sektor minyak dan gas, serta implikasinya bagi pengambilan keputusan manajerial dan investasi. Keterbatasan penelitian meliputi fokus pada satu sektor industri dan ukuran sampel yang terbatas, sehingga penelitian selanjutnya disarankan untuk memperluas cakupan sektor dan sampel, serta menggunakan metode pengumpulan data yang lebih beragam.</p><p> </p><p><strong>Kata kunci:<em> </em></strong><em>struktur modal; profitabilitas; pengungkapan lingkungan; nilai perusahaan; sektor minyak dan gas</em></p><p> </p><p align="center"><strong><em>Abstract </em></strong></p><p><em>This study examines the relationship between capital structure, profitability, and environmental disclosure on the value of companies in the oil and gas sector listed on the Indonesia Stock Exchange for the 2019-2023 period. The research sample consisted of 15 companies with a total of 60 observations.</em> <em>Data collection using secondary data The analysis method used is multiple linear regression with a panel data approach. The results of the study show that capital structure and profitability have a significant positive effect on the company's value, while environmental disclosure has no significant effect. An optimal capital structure can increase the value of the company by balancing the composition of debt and equity, thereby giving a positive signal to investors regarding the company's financial stability. High profitability reflects the company's operational efficiency and ability to generate profits consistently, which in turn increases the company's value. On the other hand, environmental disclosure has no significant effect, likely due to the lack of consistent standards in environmental information reporting as well as managers' considerations regarding capital costs and information risks. This study provides insight into the factors that affect the value of companies in the oil and gas sector, as well as their implications for managerial and investment decision-making. The limitations of the research include focusing on one industry sector and limited sample size, so further research is recommended to expand the scope of sectors and samples, as well as use more diverse data collection methods.</em></p><p><em> </em></p><p><strong><em>Keywords: </em></strong><em>capital structure; profitability; environmental disclosure; the value of the company; oil and gas sector</em></p> 2024-07-31T11:35:58+07:00 Copyright (c) 2024 Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi https://journal.uniku.ac.id/index.php/Equilibrium/article/view/9725 PENGEMBANGAN EKONOMI PESANTREN BERBASIS KEARIFAN LOKAL 2024-07-31T11:35:58+07:00 Vovi Sinta vovisinta@gmail.com Lailatul Fitriyah vovisinta@unuha.ac.id Nuri Liana Sari vovisinta@unuha.ac.id Sinta Budi Kusuma vovisinta@unuha.ac.id <p align="center"><strong>Abstrak</strong></p><p class="Default">Pondok pesantren merupakan salah satu wadah yang mempunyai potensi untuk mengembangkan ekonomi melalui unit usaha pondok pesantren. Optimalisasi usaha merupakan salah satu upaya dan langkah yang dapat menciptakan kemandirian ekonomi bagi pesantren. Ponpes Nurul Huda Sukaraja merupakan pesantren yang mampu menciptakan kemandirian ekonomi dengan menanamkan budaya entrepreneurship pada santrinya. Salah satu implementasi dari budaya enterpreneurship telah berhasil dilaksanakan oleh salah satu alumni ponpes Nurul Huda yaitu melalui inovasi pupuk berbasis kearifan lokal dengan memanfaatkan bahan-bahan alam dan hasil limbah kotoran sapi. Penelitian ini dimaksudkan untuk mendeskripsikan upaya pengembangan ekonomi pesantren berbasis kearifan lokal melalui industri pupuk kandang alumni Pondok Pesantren Nurul Huda Sukaraja. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan model interaktif sebagaimana dipaparkan oleh Miles dan Huberman yang meliputi: 1) reduksi data, 2) penyajian data, 3) penarikan kesimpulan dan verifikasi. Pada masa ini pondok pesantren telah menjalani proses perubahan sosial (<em>process of social change</em>), bukan lagi hanya bertumpu pada aspek pendalaman ilmu agama saja tetapi juga aspek ekonomi. Wujud dari pendalaman aspek ekonomi yaitu dengan menciptakan kemandirian ekonomi.</p><p><strong> </strong></p><p><strong>Kata kunci:<em> </em></strong><em>ekonomi pesantren; kearifan lokal</em><em>; industri pupuk kandang</em></p><p><em> </em></p><p align="center"><strong><em>Abstract</em></strong></p><p><em>Islamic boarding schools are a place that has the potential to develop the economy through Islamic boarding school business units. Business optimization is one of the efforts and steps that can create economic independence for Islamic boarding schools. Nurul Huda Sukaraja Islamic Boarding School is an Islamic Boarding School that is able to create economic independence by instilling a culture of entrepreneurship in its students. One of the implementations of entrepreneurship culture has been successfully carried out by one of the Islamic Boarding School alumni, Nurul Huda, namely through fertilizer innovation based on local wisdom by utilizing natural ingredients and cow dung waste products. This research is intended to describe efforts to develop the Islamic Boarding School economy based on local wisdom through the manure industry for alumni of the Nurul Huda Sukaraja Islamic Boarding School. This type of research is descriptive qualitative with a case study approach. The data collection method used in this research is through observation, interviews and documentation techniques. Data were analyzed using an interactive model as described by Miles and Huberman which includes: 1) data reduction, 2) data presentation, 3) conclusion drawing and verification. At this time, Islamic boarding schools have undergone a process of social change, no longer only relying on aspects of deepening religious knowledge but also economic aspects. The manifestation of deepening economic aspects is by creating economic independence.</em></p><p><em> </em></p><p><strong><em>Keywords:</em></strong><em> islamic boarding school economy; local wisdom; manure industry</em></p> 2024-07-31T11:35:59+07:00 Copyright (c) 2024 Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi https://journal.uniku.ac.id/index.php/Equilibrium/article/view/9744 PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MOBILE LEARNING EKOJEK BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR 2024-07-31T11:35:59+07:00 Dhea Sarfita dheasarfita.20034@mhs.unesa.ac.id Norida Canda Sakti noridacanda@unesa.ac.id <p align="center"><strong>Abstrak </strong></p><p>Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya pemahaman peserta didik pada mata pelajaran ekonomi yang menyebabkan hasil belajar belum mencapai ketuntasan klasikal. Tujuan penelitian pengembangan ini guna mendeskripsikan: 1) kevalidan media pembelajaran <em>mobile learning</em> EKOJEK berbasis android, 2) mendeskripsikan kepraktisan media pembelajaran <em>mobile learning</em> EKOJEK berbasis android, 3) mendeskripsikan keefektifan media pembelajaran <em>mobile learning</em> EKOJEK berbasis android. Penelitian ini merupakan jenis penelitian <em>Research and Development </em>(R&amp;D) dengan menggunakan model 4-D <em>(Define, Design, Development, &amp; Dissiminate).</em> Hasil dari penelitian ini adalah sebuah produk media pembelajaran <em>mobile learning</em> EKOJEK berbasis android dalam bentuk APK <em>(Application Package File)</em>. Hasil validasi media pembelajaran <em>mobile learning</em> EKOJEK berbasis android diperoleh dari ahli materi, ahli media, dan ahli grafis dengan kategori sangat layak. Pengukuran hasil belajar menggunakan teknik <em>gain score</em> dari hasil <em>pretest</em> dan <em>posttest</em> memperoleh hasil di kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Berdasarkan hasil perolehan data menunjukkan bahwa media pembelajaran <em>mobile learning</em> EKOJEK berbasis android layak dan efektif digunakan sebagai sumber belajar, serta memberikan respon positif bagi peserta didik. Pada penelitian ini masih terbatas sampai tahap <em>development</em>, disarankan untuk penelitian berikutnya sampai ke tahap <em>disseminate</em> agar dapat memberikan manfaat secara maksimal.</p><p> </p><p><strong>Kata kunci:</strong><em> media pembelajaran; ekojek; hasil belajar</em></p><p> </p><p align="center"><strong><em>Abstract </em></strong></p><p><em>The background to this research is the low understanding of students in economics subjects which causes learning outcomes not to reach classical completeness. The aim of this development research is to describe: 1) the validity of the android-based EKOJEK mobile learning learning media, 2) describe the practicality of the android-based EKOJEK mobile learning learning media, 3) describe the effectiveness of the android-based EKOJEK mobile learning learning media. This research is a type of Research and Development (R&amp;D) research using the 4-D model (Define, Design, Development, &amp; Dissiminate). The result of this research is an android-based EKOJEK mobile learning learning media product in the form of an APK (Application Package File). The validation results of the android-based EKOJEK mobile learning learning media were obtained from material experts, media experts and graphics experts with a very feasible category. Measuring learning outcomes using the gain score technique from the pretest and posttest results obtained results in the experimental class that were higher than the control class. Based on the results of the data obtained, it shows that the android-based EKOJEK mobile learning learning media is feasible and effective to use as a learning resource, and provides a positive response for students. This research is still limited to the development stage, it is recommended that further research reach the Disseminate stage so that it can provide maximum benefits.</em></p><p><em> </em></p><p><strong><em>Keywords: </em></strong><em>learning media, ekojek, learning outcomes</em></p> 2024-07-31T11:35:59+07:00 Copyright (c) 2024 Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi https://journal.uniku.ac.id/index.php/Equilibrium/article/view/9740 PENGARUH KESADARAN MEREK DAN KUALITAS YANG DIRASAKAN TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS MEREK 2024-07-31T11:35:59+07:00 Dewi Farida faridadewi38@gmail.com Parlagutan Silitonga parlagutan@asaindo.ac.id <p>hubungan antara kesadaran merek dan kualitas yang dirasakan terhadap kepuasan merek dan loyalitas merek pada Restoran Solaria. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan Restoran Solaria. Penelitian ini melibatkan 250 responden yang dikumpulkan menggunakan penyebaran kuesioner dengan teknik <em>purposive sampling</em>. Syarat <em>purposive sampling</em> adalah pelanggan pernah mengunjungi Restoran Solaria minimal dua kali. Analisis data dilakukan dengan menggunakan <em>Structural Equation Modeling</em> (SEM) dengan bantuan <em>software Smart-PLS</em>. Hasil penelitian ini menunjukkan tidak ada pengaruh antara kesadaran merek terhadap kepuasan merek dan loyalitas merek. Selanjutnya, kualitas yang dirasakan berpengaruh dan memiliki dampak yang signifikan terhadap kepuasan merek dan loyalitas merek. Oleh karena itu, menjaga dan meningkatkan kualitas yang dirasakan adalah penting dalam usaha menciptakan kepuasan merek dan loyalitas merek. Dalam hal ini, peningkatan kepuasan merek juga menjadi penting dalam upaya meningkatkan loyalitas merek. Karena semakin tinggi tingkat kualitas yang dirasakan dan kepuasan merek yang dirasakan oleh konsumen, maka semakin tinggi pula minat konsumen untuk loyal terhadap suatu merek.</p><p align="left"> </p><p><strong>Kata kunci:<em> </em></strong><em>kesadaran merek</em><em>;</em><em>kualitas yang dirasakan</em><em>;</em><em>kepuasan merek;loyalitas merek</em></p><p><em> </em></p><p align="center"><strong><em>Abstract </em></strong></p><p><em>This research aims to determine the relationship between brand awareness and perceived quality on brand satisfaction and brand loyalty at Solaria Restaurant. The population in this study were all Solaria Restaurant customers. This research involved 250 respondents who were collected using questionnaires using purposive sampling techniques. The condition for purposive sampling is that customers have visited Solaria Restaurant at least twice. Data analysis was carried out using Structural Equation Modeling (SEM) with the help of Smart-PLS software. The results of this research show that there is no influence between brand awareness on brand satisfaction and brand loyalty. Furthermore, perceived quality is influential and has a significant impact on brand satisfaction and brand loyalty. Therefore, maintaining and improving perceived quality is important in creating brand satisfaction and brand loyalty. In this case, increasing brand satisfaction is also important in efforts to increase brand loyalty. Because the higher the level of perceived quality and brand satisfaction felt by consumers, the higher the consumer's interest in being loyal to a brand.</em></p><p align="left"><strong><em> </em></strong></p><p align="left"><strong><em>Keywords: </em></strong><em>brand awareness;perceived quality;brands satisfaction;brand loyalty</em></p> 2024-07-31T11:36:00+07:00 Copyright (c) 2024 Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi https://journal.uniku.ac.id/index.php/Equilibrium/article/view/9849 FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA BISNIS UKM: PERAN KEUNGGULAN BERSAING 2024-07-31T11:36:00+07:00 Iyan Setiawan setiawaniyan111@gmail.com Cucu Suhartini cucu.suhartini@uniku.ac.id Atin Nuryatin atin.nuryatin@uniku.ac.id Sri Mulyati srimulyati@uniku.ac.id Caecilia Dina Rosaline srimulyati@uniku.ac.id Fahry Muhamad Shobirin srimulyati@uniku.ac.id <p align="center"><strong>Abstrak</strong></p><p>Rendahnya kinerja pemasaran pada UKM di Kabupaten Kuningan ditunjukkan dengan penurunan omset penjualan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh orientasi pasar terhadap keunggulan bersaing; pengaruh keunggulan bersaing terhadap kinerja pemasaran; pengaruh secara tidak langsung antara orientasi pasar terhadap kinerja pemasaran melalui keunggulan bersaing. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengeksplorasi dan menganalisis pengaruh pengaruh positif inovasi produk terhadap keunggulan bersaing; pengaruh positif keunggulan bersaing terhadap kinerja pemasaran; pengaruh positif secara tidak langsung antara inovasi produk terhadap kinerja pemasaran melalui keunggulan bersaing. Penelitian ini dilakukan dengan memnggunakan metode survei, kuesioner diadopsi dari analisis literatur. Pengukuran yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengukuran skala Likert. Responden penelitian berjumlah 82 orang di Kabupaten Kuningan. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi. Studi ini memiliki temuan sebagai berikut: 1). orientasi pasar berpengaruh positif terhadap keunggulan bersaing, 2). keunggulan bersaing berpengaruh positif terhadap kinerja pemasaran dan 3). orientasi pasar<strong> </strong>berpengaruh tidak langsung terhadap kinerja pemasaran. Penelitian ini membuktikan bahwa keunggulan bersaing dapat dicapai melalui orientasi pasar, dimana keunggulan bersaing yang dihasilkan UKM dapat meningkatkan kinerja pemasarannya.</p><p> </p><p class="Default"><strong>Kata kunci</strong>: <em>kinerja pemasaran; </em><em>orientasi pasar</em><em>; </em><em>keunggulan kompetitif</em><strong> </strong><strong> </strong><strong></strong></p><p class="Default"><strong> </strong></p><p align="center"><strong><em>Abstract</em></strong></p><p><em>The low marketing performance of SMEs in Kuningan Regency is indicated by a decrease in sales turnover. The aim of this research is to determine the influence of market orientation on competitive advantage; the influence of competitive advantage on marketing performance; Indirect influence between market orientation on marketing performance through competitive advantage. This research is quantitative research which aims to explore and analyze the positive influence of product innovation on competitive advantage; the positive influence of competitive advantage on marketing performance; Indirect positive influence of product innovation on marketing performance through competitive advantage. This research was conducted using a survey method, a questionnaire adopted from literature analysis. The measurement used in this research is a Likert scale measurement. The research respondents numbered 82 people in Kuningan Regency. The data analysis technique uses regression analysis. This study has the following findings: 1). market orientation has a positive effect on competitive advantage, 2). Competitive advantage has a positive effect on marketing performance and 3). Market orientation has an indirect effect on marketing performance. This research proves that competitive advantage can be achieved through market orientation, where the competitive advantage produced by SMEs can improve their marketing performance.</em></p><p><em> </em></p><p><strong><em>Keywords</em></strong><em>: marketing performance; market orientation; competitive advantage</em><strong></strong></p> 2024-07-31T11:36:00+07:00 Copyright (c) 2024 Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi