NILAI PSIKIS DALAM NOVEL BAIT SURAU KARYA RAKHA WAHYU (sebagai upaya alternatif pemilihan bahan ajar Bahasa Indonesia pada kurikulum 2013 di SMA)

Asep Jejen Jaelani, Vini Rianti Sabani

Abstract


Judul penelitian ini adalah Nilai Psikis dalam novel Bait Surau karya Rakha Wahyu (sebagai alternatif bahan ajar Bahasa Indonesia pada kurikulum 2013). Rumusan Masalah: 1) apakah tema yang terkandung dalam Novel “Bait Surau” karya Rakha Wahyu?; 2) bagaimana tokoh dan perwatakan yang terkandung dalam Novel “Bait Surau” karya Rakha Wahyu?; 3) bagaimana konflik yang terkandung dalam Novel “Bait Surau” karya Rakha Wahyu?; 4) apakah amanat yang terkandung dalam Novel, “Bait Surau” karya Rakha Wahyu?; 5) bagaimana nilai psikis yang ada dalam Novel “Bait Surau” karya Rakha Wahyu?; 6) apakah Novel “Bait Surau” karya Rakha Wahyu dapat dijadikan sebagai upaya alternatif bahan ajar Bahasa Indonesia pada Kurikulum 2013 di SMA?; Tujuan: ingin mengetahui apakah tema yang terkandung dalam Novel“Bait Surau” karya Rakha Wahyu, bagaimana tokoh dan perwatakan yang terkandung dalam Novel“Bait Surau” karya Rakha Wahyu, bagaimana konflik yang terkandung dalam Novel“Bait Surau” karya Rakha Wahyu, apakah amanat yang terkandung dalam Novel “Bait Surau” karya Rakha Wahyu, dan bagaimana nilai psikis yang ada dalam Novel“Bait Surau” karya Rakha Wahyu, serta ingin mengetahui apakah dapat dijadikan sebagai upaya alternatif bahan ajar Bahasa Indonesia pada Kurikulum 2013 di SMA. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif analisis. Simpulan: nilai psikis dalam novel“Bait Surau” karya Rakha Wahyu dapat dijadikan sebagai upaya alternatif pemilihan bahan ajar Bahasa Indonesia pada Kurikulum 2013 di SMA kelas XII dilihat dari Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD), serta psikologi perkembangan.
Kata kunci: nilai psikis, bahan ajar, kurikulum 2013


References


Alwisol (2009) Psikologi Kepribadian. Malang: UMM Press.

Desmita. (2008). Psikologi Perkembangan. Bandung : Remaja Rosdakarya

Dharma, dkk . Pengantar Psikologi. Jakarta: Erlangga.

Hadi, dkk (2009) Psikologi Kepribadian. Surabaya: Bumi Aksara

Heryadi, Dedi. (2010). Metode Penelitian. Tasikmalaya: Universitas Siliwangi.

Hidayat, Dede (2011) Psikologi Kepribadian dan Konseling. Bogor: Ghalia Indonesia.

Kementrian dan Kebudayaan. (2013). Dokumen kurikulum 2013. Jakarta : Kementrian dan Pendidikan Kebudayaan.

Kosasih,E (2008) Apresiasi Sastra Indonesia. Jakarta: PT Perca

Majid, Abdul (2013) Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mar’at, Samsunuwiyati (2013) Psikologi Perkembangan. Bandung: PT Remaja Rodaskarya.

Marliany, Rosleny (2010) Psikologi Umum. Bandung: Pustaka Setia.

Muis, Saludin (2009) Kenali Kepribadian Anda dan permasalahannya dari sudut pandang Teori Psikoanalisa. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Prastowo,Andi (2013) Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inofatif. Yogyakarta: Diva Press.

Riyanto, Yatim (2010) Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya: SIC.

Rusyana, Yus. (1982). Metode Pengajaran Sastra. Bandung : Gunung Larang

Sugiantomas, Aan (2002) Langkah Awal Menuju Apresisi Sastra Indonesia. Kuningan: Universitas Kuningan.

Sugiantomas, Aan (2008) Kajian Prosa Fiksi dan Drama. Kuningan: Universitas Kuningan.

Sugiantomas, Aan (2012) Kajian Prosa Fiksi dan Drama. Kuningan : Universitas Kuningan.

Syamsuddin dan Damaianti, Vismaia S. (2003). Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Sukmadinata, Nana (2010) Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Wahyu,Rakha (2012) Bait Surau. Jakarta: Two Synergy Publisher.




DOI: https://doi.org/10.25134/fjpbsi.v9i2.1026



Copyright (c) 2018 FON



Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

e-ISSN 2614-7718 | p-ISSN 2086-0609

 Creative Commons License

View My Stats

Jl. Cut Nyak Dien No. 36A Cijoho-Kuningan

Pos. 45513 | [email protected]