PENYUSUNAN BAHAN AJAR PRAGMATIK BERDASARKAN ANALISIS BAHASA PADA JEJARING SOSIAL

Sun Suntini

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk menghasilkan modul pragmatik berdasarkan analisis bahasa pada jejaring sosial facebook. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan mixed method, yaitu metode kombinasi antara kualitatif deskriptif analitis dan kuantitatif eksperimen. Beberapa tahapan dalam penelitian ini sebagai berikut (1) analisis teoritis dan praktis (2) analisis bahasa pragmatik pada jejaring sosial facebook (3) analisis kebutuhan bahan ajar terhadap mahasiswa dan dosen (4) penyusunsn bahan ajar pragmatik (5) penilaian oleh dosen dan ahli (6) perbaikan (7) uji coba keefektifan produk terhadap mahasiswa. Hasil penelitian ini dapat disajikan sebagai berikut. (1) Hasil dari analisis dapat disimpulkan profil bahasa pragmatik pada jejaring sosial facebook, didapat, dari 140 data yang dianalisis terdapat 65 deiksis dengan pembagian deiksis persona 37 data, deiksis ruang 7 data, deiksis waktu 21 data, praanggapan sebanyak 30 data, tindak ujar 36 data, dan implikatur percakapan 9 data. Dari jumlah tersebut dapat disimpulkan bahwa para pengguna jejaring sosial facebook lebih banyak menggunakan deiksis terutama deiksis persona. Deiksis persona yang banyak digunakan yaitu persona pertama aku, ku-, dan ku-. Sesuai dalam teori bahwa penggunan kata aku, ku-, dan ku- , digunakan dalam situasi santai, hasil analisis ini juga menunjukan bahwa bahasa yang digunakan oleh pengguna jejaring sosial facebook kebanyakan bahasa yang mereka gunakan santai, tidak resmi, bahkan banyak yang menggunakan bahasa alay.(2)rata-rata skor hasil anlisis kebutuhan bahan ajar mahsiswa 53 termasuk kategori sangat membutuhakan bahan ajar, sedangkan skor analisis kebutuhan dosen 61 kategori sangat menbutuhakan bahan ajar.(3) hasil penilaian dosen dan ahli yakni, ada perbaikan diantaranya perbaikan cover, gamabar dan ilustrasi, penggunaan kalimat yang efektif, perbedaan warna huruf.(4) Produk yang dihasilkan berupa modul untuk empat kegiatan yaitu deiksis, praanggapan, tindak ujar, dan implikatur percakapan (5) hasil uji coba terhadap mahasiswa yaitu skor rata-rata pretest 63 (C) dan posttest 73 (B) sehingga dapat disimpulkan bahwa bahan ajar modul pragmatik berdasarkan analisis bahasa jejaring sosial facebook efektif dijadikan bahan ajar.
Kata Kunci : Bahan Ajar, Pragmatik, Jejaring Sosial (Facebook)

References


Cummings, Louise. (2010). Pragmatik Klinis. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Cumming, Louise. (2007). Pragmatik (sebuah perspektif multidisipliner). Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Dariyo, (2004). Psikologi Perkembangan Remaja. Bogor : Ghalia Indonesia.

Djasasudarma, T.Fatimah. (2012). Wacana dan Pragmatik. Bandung : Refika Aditama.

Djasasudarma, T.Fatimah. .(2010). WACANA (Pemahaman dan Hubungan Antarunsur). Bandung : Aditama.

Hidayat, Deddy N. (2001). Analisis Wacana (Pengantar Analisis Teks Media). Yogyakarta : LkiS Yogyakarta.

Leech, Geofrey. (1993). Prinsip-Prinsip Pragmatik. Jakarta : UI- Press

Lubis, Hamid Hasan. (1991). Analisis Wacana Pragmatik. Bandung : Angkasa.

Purwanto dkk. (2007). Pengembangan Modul. Jakarta : Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan.

Purwo, Bambang Kaswanti. (1990). Pragmatik dan Pengajaran Bahasa. Yogyakarta: Kanisius.

Purwo, bambang Kaswanti. (1993). PELLBA 6(Analisis Wacana Pengajaran Bahasa) . Jakarta : Kanisius.

Purwo, Bambang Kaswanti. (1994). PELLBA 7 (Analisis Klausa, Pragmatik Wacana, Pengkomputeran Bahasa). Jakarta : Kanisius.

Purwo, Bambang Kaswanti. (1984). Deiksis dalam Bahasa Indonesia. Jakarta : PN Balai Pustaka.

Rahardi, R.Kunjana. (2005). PRAGMATIK (Kesantunan Imperatif Bahasa Indonesia): Jakarta. Erlangga.

Rahardi, R.Kunjana .(2009). SOSIOPRAGMATIK : Yogyakarta. Erlangga.

Sugiyono. .(2011). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung : Alfabeta

Soesilowindradini. Psikologi Perkembangan Masa Remaja. Surabaya : Usaha Nasional.

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosda Karya.

Sumantri, Mulyani dan Nana Syaodih. (2008). Modul Perkembangan Peserta Didik. Jakarta : Universitas Terbuka.

Suyono. (1990). PRAGMATIK Dasar-Dasar dan Pengajarannya. Malang : YA 3 Malang

Tarigan, Hendy Guntur. (2009). Pengajaran pragmatik. Bandung : Angkasa.

Yule, George. (2006). Pragmatik.Yogyakarta : Pustaka pelajar.

Yusuf, Syamsu. (2011). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung : Rosda.

Wati, Mardiana dan A.R.Rizky. (2009). 5 Jam Belajar Cepat Menggunakan Facebook. Bandung : Yrama Widya.




DOI: https://doi.org/10.25134/fjpbsi.v5i2.179



Copyright (c)



Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

e-ISSN 2614-7718 | p-ISSN 2086-0609

 Creative Commons License

View My Stats

Jl. Cut Nyak Dien No. 36A Cijoho-Kuningan

Pos. 45513 | [email protected]