BAHAN AJAR MATAKULIAH BAHASA INDONESIA UNTUK JURUSAN ILMU HUKUM
Abstract
ABSTRAK: Artikel ini menguraikan tentang hasil penelitian analisis kebutuhan bahan ajar mata kuliah bahasa indonesi pada jurusan ilmu hukum. Penelitian ini merupakan penelitian kulitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan pengolahan data dilakukan dengan langkah, reduksi, klasifikasi, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar matakuliah bahasa indonesia jurusan ilmu hukum mencakup materi tentang (1) membaca dengan analisis untuk mengetahui gagasan atu ide-ide bacaan dan melakukan penilaian bahan bacaan, (3) mendeskripsikan suatu kejadian yang beraspek hukum dalam bentuk tertulis secara objektif, (4) menulis karya ilmiah, (5) menyimak, dan (6) berbicara ilmiah. Penelitian ini juga merekomendasikan penyesuaian silabus mata kuliah Bahasa Indonesia.
KATA KUNCI: Bahan Ajar, Bahasa Indonesia, Ilmu Hukum.
ABSTRACT: This article describes the results of research into the analysis of the needs of Indonesian language teaching materials in the department of law. This research is a qualitative research with descriptive research. Data collection is done by interview and data processing is done by steps, reduction, classification, and conclusion collection. The results of the study show that Indonesian language teaching materials majoring in law include material about (1) reading with analysis to understand thinking or reading ideas and reading reading material, (3) describing cases that have aspects (4) writing scientific papers, (5) listening, and (6) speaking scientifically. Syllabus of Indonesian Language courses.
KEYWORD: Indonesian Language, Legal Studies, Teaching Material.Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Anton, M. Moeliono, dkk. (1998). Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.
Attamimi A. Hamid, (1997). Materi Muatan Peraturan Perundang-Undangan, Majalah Hukum dan Pembangunan, Jakarta
Creswell, J. W. (1994). Research Design Qualitative and Quantitative Approaches. Sage Publications. London.
Dick, Walter and Carey, Lou. (2001). The Sistemetic Design of Instruction. Illionois: Scott, Foresman and Company.
Karim, M. (2000). Pemilihan Bahan Pengajaran. Jakarta: Penlok P3G.
Miarso, Yusuf Hadi. (2004). Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Prenada Media.
Miles, B.B., dan A.M. Huberman, (1992), Analisa Data Kualitatif, Jakarta: UI Press Modul 5, Bahasa Perundang-Undangan, Diklat Teknis Penyusunan Praturan Perudang-undangan (Legal Drafting), Tahun 2009.
Prastowo, Andi. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: DIVA Press
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta
Kemendikbud. (2012). UU No. 12 pasal 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi
DOI: https://doi.org/10.25134/fjpbsi.v15i2.2161
Copyright (c) 2019 FON
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jl. Cut Nyak Dien No. 36A Cijoho-Kuningan
Pos. 45513 | [email protected]