ANALISIS GANGGUAN FONOLOGI DAN VARIASI PELAFALAN FONEM /R/ PADA PENDERITA CADEL

Andriyana Andriyana

Abstract


ABSTRAK: Fonologi sebagai kajian bunyi mentanskripsikan bunyi secara detail secara fonetik dari yang dihasilkan artikulator pembicara. Penelitian sebelumnya berkaitan dengan cadel cenderung memulul rata karena hanya menggunakan transkripsi ortografis dan fonemis namun tidak sampai melakukan transkripsi fonetik. Untuk penyebab dari cadel itu sendiri sudah banyak dibahas oleh peneliti lain sehingga penulis hanya melihat tanpa meneliti lebih dalam penyebab dari cadel. Gangguan cadel yang dialami oleh Aden Eka Pradana dan Ilham Maulana Irsyad yang akan dilihat perbedaan dan variasi pengucapan fonem /r/ yang mereka ucapkan untuk membedakan pendapat umum tentang cadel yang hanya merubah fonem /r/ menjadi /l/. Penelitian ini megunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus dengan proses pencarian data menggunakan wawancara terbuka untuk mendalami kasus cadel dan wawancara tertutup utuk menguji pengucapan fonem /r/ dengan posisinya dalam kata. Data tersebut kemudian diolah menggunakan teknik Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukan posisi /r/ dan konsisi individu membedakan pelafalan /r/ sehingga pada tes menggunakan fonem konsonan partisipan pertama menimbukan bunyi aspirasi dan partisipan kedua menimbulkan retopleks. Tes kedua dengan menggunakan kluster kembali memiliki perbedaan dimana partisipan pertama menyebutkan dengan sempurna sementara partisipan kedua masih memiliki gangguan yaitu lateral release. Hal ini membuktikan bahwa posisi dan jenis fonem /r/ mempengaruhi pengucapan pada penderita cadel.

KATA KUNCI: cadel; fonologi; gangguan fonologi; trill apikoalveolar;

 

ANALYSIS OF PHONOLOGICAL DISORDERS AND VARIATIONS OF FONEM /R/ IN CADEL PATIENTS

 

ABSTRACT: Phonology as the study of sound describes sounds in phonetic detail from the speaker articulator. Previous research related to slurred tended to flatten because it only used orthographic and phonemic transcription but did not make phonetic transcription. For the cause of lisp itself has been widely discussed by other researchers so that the authors only look without examining deeper the causes of lisp. Slurred disorder experienced by Aden Eka Pradana and Ilham Maulana Irshad that will be seen differences and variations in pronunciation of the phonemes /r/ they say to distinguish general opinions about lisp which only changes the phoneme /r/ to /l/. This study uses a qualitative method with a case study approach with the process of finding data using open interviews to explore slurred cases and closed interviews to test phoneme /r/ pronunciation with its position in words. The data is then processed using Miles and Huberman techniques. The results showed that the position /r/ and individual conditions differentiate pronunciation /r/ so that in the test using the consonant phoneme the first participant raises the sound of aspiration and the second participant gives rise to retoplex. The second test using the cluster again has a difference where the first participant mentions perfectly while the second participant still has the disorder namely lateral release. This proves that the position and type of phoneme /r/ affect pronunciation in slurred sufferers.

KEYWORDS: apicoalveolar trill; cadel; phonology; phonological disorders;

References


Amaliah, M. N. (2017). PEMEROLEHAN KOMPETENSI FONOLOGIS DAN GANGGUAN PEMRODUKSIAN UJARAN PADA ANAK BERUSIA 3 SAMPAI 4 TAHUN. Caraka: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia serta Bahasa Daerah, 6(2), 47.

Arsal, A. F. (2012). Analisis Pedigree Cadel (Studi Kasus Beberapa Kabupaten di Sulawesi Selatan). Sainsmat: Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 156-166.

Bugin, Burhan. (2007). Penelitian Kualitatif. Jakarta : Prenada Media Grup

Chaer, A. (2009). Fonologi Bahasa Indonesia. Rineka Cipta.

Devianty, R. (2016). Pemerolehan bahasa dan gangguan bahasa pada anak usia batita. RAUDHAH, 4(1).

Dewi, M. I. N. (2019). PERUBAHAN BUNYI BAHASA PADA PENDERITA AFASIA WERNICKE (KAJIAN PADA PASIEN MR. D). ENSAINS JOURNAL, 2(2), 68-74.

Dewi, Y. K., & Sastra, G. (2015). GANGGUAN FONOLOGIS PENDERITA ANKYLOGLOSSIA PENUTUR BAHASA MELAYU RIAU. Puitika, 11(1), 11-25.

Hidayat, A. (2015). VARIASI BAHASA BERDASARKAN JENIS KELAMIN DI DESA MATANGAJI KECAMATAN SUMBER KABUPATEN CIREBON. FON: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(2).

Janella, T., Muzzamil, A. R., & Syahrani, A. KAJIAN PSIKOLINGUISTIK TERHADAP GANGGUAN MEKANISME BERBICARA (STUDI KASUS RAISYA DAN ATHAYA). Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(9).

Johan, M., & Susanto, A. (2018, October). Gangguan berbahasa pada penderita strok suatu kajian: Neurolinguistik. In Prosiding Seminar Nasional Ilmu Sosial dan Teknologi (SNISTEK) (No. 1, pp. 103-108).

Maharany, A. F. (2016). Gejala fonologis bahasa indonesia pada anak usia 3-4 tahun di paud permata hati kota kendari. JURNAL BASTRA, 2(1).

Matondang, C. E. H. (2019). ANALISIS GANGGUAN BERBICARA ANAK CADEL (Kajian Pada Perspektif Psikologi dan Neurologi). Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(2), 49-59.

Peishi, N., Sumarti, S., & Rusminto, N. E. (2018). Ketepatan Pelafalan Kluster Dan Deretan Konsonan Bahasa Indonesia Oleh Penutur Mandarin. J-SIMBOL (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya), 6(1).

Pentury, H. J. (2018). Pengembangan Literasi Guru PAUD Melalui Bahan Ajar Membaca, Menulis dan Berhitung di Kecamatan Limo dan Cinere. DIKEMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(1).

Purba, H. S. R. (2018). PEMEROLEHAN FONOLOGI ANAK USIA 6 TAHUN DENGAN RIWAYAT KEJANG DEMAM (Studi kualitatif pemerolehan fonologi pada Nazwa). LINGUISTIK: Jurnal Bahasa dan Sastra, 3(1), 15-24.

Rodzi, N. S. M., & Jaafar, S. R. S. (2018). Kajian Fonologi Kesalahan Bunyi Dalam Bahasa Kanak-Kanak (A Phonological Study of Sound Errors in Children’s Utterances). e-Bangi, 15(2).

Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Yuliastuti, R. A. (2020). LSVT LOUD MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI VERBAL PASIEN STROKE ISKEMIK DENGAN DISARTRIA DI RSI JEMURSARI SURABAYA. Infokes, 10(1), 206-213.




DOI: https://doi.org/10.25134/fjpbsi.v16i2.2700



Copyright (c) 2020 FON

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

e-ISSN 2614-7718 | p-ISSN 2086-0609

 Creative Commons License

View My Stats

Jl. Cut Nyak Dien No. 36A Cijoho-Kuningan

Pos. 45513 | [email protected]