PEMANFAATAN POSTER MY WALL SEBAGAI MEDIA PIDATO PERSUASIF KAMPANYE VAKSIN COVID-19 UNTUK SISWA SMP

Muhammad Fahruddin, Putri Kumala Dewi

Abstract


ABSTRAK: Kegiatan pembelajaran Kompetensi Dasar (KD) pada siswa SMP Negeri 10 Malang memiliki kendala dalam menuangkan gagasan dalam pidato persuasif secara tulis. Hal ini diketahui melalui hasil observasi dan wawancara. Terbukti dari tugas yang dikumpulkan hanya 3 yang dikumpulkan. Selain itu, kedala sinyal internet siswa dan pegawai kurang memadai. Dengan hanya 3 siswa yang mengumpulkan tugas dapat disimpulkan bahwa tema yang digunakan kurang aktual. Penelitian ini akan membahas Kompetensi Dasar (KD) menuangkan gagasan dalam pidato persuasif secara tulis dengan mengangkat tema kampanye vaksin Covid-19, tema tersebut dirasa aktual dengan pandemi Covid-19 yang sedang dialami. Dalam penelitian ini menggunakan platform Poster My Wall sebagai media sebagai pembuatan poster pidato persuasif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses interaksi belajar, kendala yang dihadapi, dan hasil belajar siswa dengan pemanfaatan platform Poster My Wall dalam Kompetensi Dasar (KD) dalam menuangkan gagasan pidato persuasif secara tulis. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 9 di SMP Negeri 10 Malang dengan jumlah 22 siswa. Intrumen penelitian berupa pedoman observasi, kisi-kisi tes kinerja, dan rubrik penilaian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari 22 siswa dalam kelas 9 siswa masuk dalam kualifikasi sangat baik dengan persentase 49% dan 13 siswa masuk dalam kualifikasi baik dengan persentase 59%. Berdasarkan hasil tersebut pengguaan platform Poster My Wall memiliki pengaruh pada pembelajaran dalam menuangkan gagasan dalam pidato persuasif secara tulis.

KATA KUNCI: Keterampilan; Pidato Persuasif; Poster My Wall

UTILIZATION OF MY WALL POSTER AS A MEDIA PERSUASIVE SPEECH FOR COVID-19 VACCINE CAMPAIGN FOR JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS

ABSTRACT: Basic Competency (KD) learning activities for SMP Negeri 10 Malang students have problems in expressing ideas in written persuasive speeches. This is known through the results of observations and interviews. It is evident from the tasks that were collected only 3 were collected. In addition, the internet signal for students and staff is inadequate. With only 3 students collecting assignments, it can be concluded that the theme used is not actual. This study will discuss Basic Competence (KD) expressing ideas in written persuasive speeches with the theme of the Covid-19 vaccine campaign, the theme is felt to be actual with the Covid-19 pandemic that is being experienced. In this study, the Poster My Wall platform was used as a medium for making persuasive speech posters. The purpose of this study was to determine the process of learning interaction, the obstacles faced, and student learning outcomes by using the Poster My Wall platform in Basic Competence (KD) in expressing ideas for written persuasive speeches. This research is a descriptive qualitative research with case study method. The subjects in this study were grade 9 students at SMP Negeri 10 Malang with a total of 22 students. The research instruments were in the form of observation guidelines, performance test grids, and assessment rubrics. The results of this study indicate that out of 22 students in grade 9 students are in very good qualifications with a percentage of 49% and 13 students are in good qualifications with a percentage of 59%. Based on these results, the use of the Poster My Wall platform has an influence on learning in expressing ideas in written persuasive speeches.

KEYWORDS: Skills; Persuasive Speech; My Wall Posters


References


Adnyana, dkk. (2020). Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Pidato Persuasif Siswa Kelas IX C Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Tabanan. Jurnal Pendidikan Mahasiswa. 2 (1), pp. 1-6.

Buku Saku Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19). kemendikbud.go.id.

Indarto, Wiwik. (2020). Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Materi “Menyampaikan Pidato Persuasif” Kelas IX-F Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kudus pada Semester Gasal Tahun Pembelajaran 2019/ 2020. Journal of Education and Teaching. 1 (2), pp 85-101.

Miftah, Muhammad. (2013). Fungsi dan Perangkat Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan kemampuan Belajar Siswa. Jurnal Kwangsan. 1(2).

Musdolifah, Ari dan Maulida, Nurliana. (2021). Penguatan Materi Menulis Teks Pidato Persuasif Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IX SMP Negeri 2 Balikpapan Selatan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 1 (5), pp. 917-926.

Rubiyanto, Nanik. (2010). Strategi Pembelajaran Holistik di Sekolah. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Rohani. (2017). Meningkatkan Kreativitas Anak Usia DIni Melalui Media Bahan Bekas. Raudhah. 05(2).

Salamah, Wiladatus. (2020). Deskripsi Penggunaan Aplikasi Google Classroom dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan. 4(3).

Sutomo. (2017). Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Meyenangkan (PAKEM) dengan Metode Tim Kuis Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas X KKY 1 Materi Menyiapkan Proses Kontruksi Kayupada SMK Negeri 1 Wonoasri Semster 2 Tahun Pelajaran 2016/2017. El-Wasathiya. 5, (2): 201.

Trianto, Agus, Titik Harsiati, dan E. Kosasih. (2018). Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas IX. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Pembukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Wahyuningsih, Sri. (2013). Metode Penelitian Studi Kasus (Konsep, teori Pendekatan Psikologi Komunikasi, dan Contoh Penelitiannya). Madura: UTM Press.

Wiratama, Apip Avero. (2017). Bentuk Pemanfaatan Internet dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Bandar Lampung. Skirpsi. Universita Islam Negeri Raden Intan Lampung. Lampung.

Zainaturachmah, Z. (2021). Upaya Peningkatan Hasil Pembelajaran Materi Bahasa Indonesia secara Daring dengan Pidato Persuasif melalui Media Vlog. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5 (2), pp. 3894-3903.

Zuklarnaim. (2016). Peningkatan Keterampilan Pidato Persuasi dengan Media Barang Produk pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri I Bontonomposelatan Kabupaten Gowa. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Makassar. Makassar




DOI: https://doi.org/10.25134/fon.v18i2.5228



Copyright (c) 2022 Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

e-ISSN 2614-7718 | p-ISSN 2086-0609

 Creative Commons License

View My Stats

Jl. Cut Nyak Dien No. 36A Cijoho-Kuningan

Pos. 45513 | [email protected]