Pengembangan Aplikasi Penerimaan Santri Baru Sebagai Media Promosi Di Pondok Pesantren Hidayatul Ikhwan Berbasis Android

Abstract

Salah satu upaya dalam mengembangkan potensi diri di bidang keagamaan, kepribadian maupun kecerdasan yaitu melalui Pendidikan nonformal. Pondok pesantren menjadi salah satu Lembaga nonformal alternatif yang dapat mengurangi jumlah anak putus sekolah di Indonesia. Pada pondok pesantren yang sudah memiliki nama besar, cukup mudah dalam memenuhi kuota jumlah peserta didik dikarenakan telah memiliki sistem informasi sebagai media promosi, sebaliknya bagi pondok pesantren yang kecil di desa-desa sangat sulit dalam menambah jumlah peserta didik dikarenakan masih banyaknya pondok pesantren yang belum memiliki sistem informasi sebagai media promosi serta belum memiliki aplikasi khusus yang dapat mengelola data penerimaan santri baru sehingga menyulitkan pihak pondok pesantren dalam mempromosikan pondoknya. Dengan adanya penelitian ini maka dapat mempermudah pondok pesantren dalam mempromosikan pondoknya lebih luas lagi sehingga dapat menambah jumlah santri dan mengurangi jumlah anak putus sekolah, memudahkan dalam mengelola data penerimaan santri baru, serta masyarakat dapat mengetahui kredibilitas pondok pesantren dengan melihat informasi yang ditampilkan pada aplikasi. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan sebuah aplikasi yang dapat mengelola penerimaan santri baru di Pondok Pesantren Hidayatul Ikhwan berbasis android dimana pengguna adalah calon santri, admin (pengelola pondok pesantren). Calon santri dapat melihat informasi fasilitas dan kurikulum, melakukan pendaftaran secara real-time, melakukan konfirmasi pembayaran sampai memperoleh informasi status [diterima/tidak]. Admin/pengelola pondok pesantren dapat mengelola data fasilitas maupun kurikulum, melihat data calon penerima, memvalidasi pembayaran dan mengupdate status calon santri [diterima/tidak]. Pimpinan pondok pesantren dapat melihat laporan data santri yang diterima dan tidak diterima

References

CNN Indonesia. Tingginya Angka Putus Sekolah di Indonesia [Internet]. Pusat Studi Kependudukan Dan Kebijakan Universitas Gadjah Mada. 2017 [Cited 2023 Mar 28]. Available from: https://cpps.ugm.ac.id/tingginya-angka-putus-sekolah-di-indonesia-cnnindonesia/

FARAH MUTIARA. FAKTOR PENYEBAB PUTUS SEKOLAH DAN DAMPAK NEGATIFNYA BAGI ANAK (Studi Kasus di Desa Kalisoro Kecamatan Tawangmangu Kabupaten Karanganyar). 2014.

Badan Pusat Statik. Angka Anak Tidak Sekolah Menurut Jenjang Pendidikan dan Jenis Kelamin 2020-2022 [Internet]. Badan Pusat Statistik (BPS). 2022 [cited 2023 Mar 28]. Available from: https://www.bps.go.id/indicator/28/1986/1/angka-anak-tidak-sekolah-menurut-jenjang-pendidikan-dan-jenis-kelamin.html

Pendidikan J, Konseling D. ISSAC Sebagai Sistem Manajemen Rekrutmen Peserta Didik di Pondok Modern. 2023;5.

Pemasaran dalam Peningkatan Citra Pondok Pesantren Al Hidayah Prapak Temanggung M, Anggrainy Kusumaningrum D, Kurniandini S, Saifuddin K, Temanggung I. Manajemen Pendidikan Pemasaran Dalam Peningkatan Citra Pondok Pesantren Al Hidayah Prapak Temanggung. QuranicEdu: Journal of Islamic Education. 2023;2(2).

Ula M. Strategi Manajemen Digital Marketing Dalam Peningkatan Kuantitas Santri Baru Di Era Covid 19 Pondok Pesantren Manba’ul ’Ulum Cirebon.

Gustian D, Hasanudin A. Strategi Pemasaran Yayasan Pondok Pesantren Baitul Huda Dengan Menggunakan Metode K-Means. 4(1):198–207

Statista. Number of Smartphone User In Indonesia from 2018 until 2028. https://www.statista.com/statistics/266729/smartphone-users-in-indonesia/ [Akses : 28-10-2023]

BPS. Pertumbuhan penggunaan internet dan Smartphone Tahun 2022. https://www.bps.go.id/publication/2021/10/11/e03aca1e6ae93396ee660328/statistik-telekomunikasi-indonesia-2020.html [akses : 28-10-2023]

A, Rosa, S dan Salahuddin M, 2011. Modul Pembelajaran Rekayasa Perangkat Lunak. (Terstruktur dan Berorientasi Objek). Modula: Bandung

Published
2025-04-20
Section
Articles