IMPLEMENTASI E-LEARNING BERBASIS VIRTUAL CLASS DENGAN MENGGUNAKAN METODE SYNCHRONOUS LEARNING PADA PEMBELAJARAN DI UNIVERSITAS KUNINGAN

Panji Novantara

Abstract


Penelitian ini dibuat bertujuan untuk mengimplementasikan media pembelajaran berbasis Virtual Class melalui e-Learning dengan menggunakan metode Synchronous Learning di Universitas Kuningan. Target penelitian yang ingin dicapai adalah adanya media belajar tambahan berbasis virtual yang menarik dan mudah digunakan sehingga dapat meningkatkan minat belajar dan prestasi mahasiswa dalam pembelajaran di Universitas Kuningan. Penelitian ini akan membahas bagaimana merancang dan mengembangkan media pembelajaran berbasis Virtual Class melalui e-Learning dalam pembelajaran di kalangan mahasiswa Universitas Kuningan dengan metode Synchronous dan Asynchronous Learning. Virtual classroom learning didefinisikan sebagai sebuah metode pembelajaran dan pengajaran, yang meliputi penyajian materi, grafik, simulasi,evaluasi, maupun umpan balik yang dituangkan dalam bentuk multimedia pembelajaran interaktif yang menggunakan media elektronik (terkoneksi dengan sambungan Internet) untuk menyampaikan materi dan bimbingan berbasis Virtual.

Keunggulan virtual classroom ini adalah mobilitas tinggi, harganya murah dan lebih banyak interaktifitas (antar pengguna/mahasiswa, pengguna/mahasiswa dengan program maupun pengguna/mahasiswa dengan nara sumber lain/dosen pendamping). Sebagai solusi untuk mengembangkan kemampuan dari Teknologi Virtual maka dikembangkanlah metode pembelajaran sebagai teknik penyampaian pembelajaran melalui Virtual dengan menggunakan metode Virtual Class Learning. Aplikasi Virtual Class Learning harus dirancang secara lebih efektif, efisien dan optimal dibandingkan dengan aplikasi yang dirancang untuk E-learning.

Keywords : e-Learning, Virtual Class, Metode Synchronous Learning, Media Pembelajaran.

Full Text:

PDF

References


Mulyadi, S. T., 2010, Membuat Aplikasi Untuk Android. Multimedia Center Publishing. Yogyakarta.

Safaat, Nazrudin. 2011. Android Pemograman Aplikasi Mobile Smartphone

Dan Tablet PC Berbasis Android. Informatika, Bandung,

M. Suyanto, 2004. Analisis dan Desain Aplikasi Multimedia Untuk Pemasaran. Yogyakarta : Andi Offset.

Prof. Jogiyanto HM., Ph.D. 2008. Metodologi Penelitian Sistem Informasi

Zainal A,. Hasibuan, Ph.D, 2007. Mettodologi Penelitian Pada Bidang Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi, Fakultas Ilmu Komputer UI Referensi tambahan.




DOI: https://doi.org/10.25134/buffer.v4i1.1290

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Buffer Informatika


BUFFER INFORMATIKA : DEPARTMENT of INFORMATICS ENGINEERING
(print) p-ISSN :2527-4856 , (online)e-ISSN : 2614-5413
DOI :https://doi.org/10.25134/buffer.v5i2

Organized by Department of Informatics Engineering, Faculty of Computer Science, University of Kuningan, Indonesia.

website : https://journal.uniku.ac.id/index.php/buffer
E-Mail : buffer.informatika@uniku.ac.id
Mailing : Jalan Cut Nyak Dhien No.36A Kuningan, Jawa Barat, Indonesia

Lisensi Creative Commons
BUFFER INFORMATIKA is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

StatCounter

View My Stats