INOVASI PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN PONDOK PESANTREN MANSYAUL MUBTADIIN BERBASIS WEB

TITO SUGIHARTO

Abstract


Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah inovasi pengembangan sistem informasi pengelolaan Pondok Pesantren Mansyaul Mubtadiin berbasis web. Pada kondisi saat ini, sistem pengelolaan Pondok Pesantren Mansyaul Mubtadiin masih bersifat tradisional dan manual. Dengan sistem pengelolaan yang masih bersifat tradisional dan manual memunculkan banyak permasalahan, yaitu: sistem rekap data santri masih menggunakan kertas, terjadi penumpukan dokumen dalam ruangan, sulitnya melakukan pencarian data santri, dan pelaporan data yang rumit serta tidak rapih.

Oleh karena itu, inovasi pengembangan sistem informasi pengelolaan Pondok Pesantren Mansyaul Mubtadiin berbasis web menjadi hal yang sangat dibutuhkan. Dengan adanya sistem informasi tersebut diharapkan dapat mempermudah proses rekap data santri, proses pencarian data, proses dokumentasi data, dan proses pelaporan.

Desain penelitian ini berupa perancangan dan pembuatan sistem informasi pengelolaan Pondok Pesantren Mansyaul Mubtadiin berbasis web. Subyek dari penelitian ini adalah pengelola dan pengurus Pondok Pesantren Mansyaul Mubtadiin. Target penelitian yang ingin dicapai adalah adanya inovasi pengembangan sistem informasi dalam hal pengelolaan Pondok Pesantren Mansyaul Mubtadiin yang menarik, mudah dipahami dan mudah untuk digunakan.

Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah RUP (Rational Unified Process). Terdapat empat tahapan dalam penggunaan metodologi RUP ini, yaitu tahapan inception, ellaboration, contruction, dan transition. Model perancangan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan UML (Unified Modelling Language).

Inovasi pengembangan sistem informasi Pondok Pesantren Mansyaul Mubtadiin ini dapat memberikan solusi bagi permasalahan yang ada dengan melihat pada proses perancangan yang sudah dilakukan sebelumnya. Diharapkan dengan adanya aplikasi ini dapat membantu dalam pengelolaan Pondok Pesantren Mansyaul Mubtadiin mulai dari proses pendataan santri, proses pencarian data, proses dokumentasi data, dan proses pelaporan

Full Text:

PDF

References


Al Fatta, H. (2007). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi untuk Keunggulan Bersaing Perusahaan dan Organisasi Modern. Yogyakarta : CV. Andi Offset.

Nugroho, Adi. 2005. Analisis dan Perancangan Sistem Informasi dengan Metodologi Berorientasi Objek. Bandung: Informatika.

Presssman, R. S, 2011. Softare Engineering : A Practitioners Approach, McGraw-Hill.

Rosa-Shalahuddin, A. S. M. 2013. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung : Informatika.

Sridadi Bambang, 2009, Pemodelan dan Simulasi Sistem : Teori, Aplikasi dan Contoh Program Dalam Bahasa C, Bandung : Informatika Bandung.

Sutabri, Tata, S.Kom., MM., 2012. Analisis Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi

Yakub. 2012. Pengantar Sistem Informasi, Yogyakarta: Graha Ilmu


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Buffer Informatika

BUFFER INFORMATIKA : JURNAL ILMIAH TEKNIK INFORMATIKA
p-ISSN :2527-4856, e-ISSN :2614-5413 
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Kuningan, Indonesia.
Website  : https://journal.uniku.ac.id/index.php/buffer/index
Email     : buffer.informatika@uniku.ac.id
Address : Jalan Cut Nyak Dhien No.36A Kuningan, Jawa Barat, Indonesia