IMPLEMENTASI ALGORITMA HORSPOOL PADA APLIKASI TAKSONOMI BERBASIS ANDROID

Fajar Ikhwan

Abstract


Ilmu taksonomi sendiri memiliki banyak sekali cabangnya. Salah satunya adalah taksonomi tumbuhan (Plantae), Taksonomi tumbuhan lebih banyak mempelajari aspek sampel-sampel tumbuhan dan pengelompokan. Dalam memahami klasifikasi (taksonomi) dan tata nama ilmiah, alat bantu yang umum digunakan adalah buku pelajaran atau tabel klasifikasi (taksonomi) dan tata nama ilmiah sehingga kurang praktis. Banyak masyarakat, siswa maupun mahasiswa sulit untuk menghafal karena berbahasa latin dan klasifikasi (taksonomi) terdiri dari banyak objek. Jenis dan spesies tumbuhan sangat banyak, sehingga dalam mempelajarinya sering terjadi kesalahan dalam penulisan klasifikasi (taksonomi) dan tata nama ilmiah pada tumbuhan.

Dalam memanfaatkan kemajuan teknologi saat ini dan juga dalam memudahkan serta mempelajari taksonomi tumbuhan kingdom plantae maka perlu dibuatkan aplikasi tentang taksonomi tumbuhan berbasis android. Dibuatkan berbasis android karena banyak pengguna android saat ini sehingga akan mudah digunakan masyarakat dan lebih praktis.

Untuk memudahkan pengguna dalam mencari data pada aplikasi taksonomi tumbuhan, pada aplikasi perlu adanya suatu proses pencarian. Pencarian yang diterapkan pada aplikasi taksonomi tumbuhan yaitu menggunakan cara string matching.

String Maching merupakan salah satu jenis cara yang bertujuan untuk mencocokan karakter dimana cara ini bekerja untuk mencocokan suatu karakter yang disebut pattern dalam suatu kumpulan teks. Salah satu jenis string matching adalah algoritma Horspool. Algoritma Horspool merupakan turunan dari algoritma Boyer-Moore dan mudah dalam implementasinya. Algoritma Horspool hanya menggunakan perpindahan bad character yang terjadi pada Boyer Moore.

Kata Kunci : Taksonomi,Plantae, Android, String Matching, Horspool


Full Text:

PDF

References


A.S Rosa, Shalahuddin M.(2013).Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek.Bandung.Penerbit: Informatika

Agustiani, Ita. 2016. Implementasi Algoritma Horspool untuk Pencarian Data Skripsi Berbasis Mobile (Studi Kasus : Teknik Informatika Universitas Kuningan). Program Studi Teknik Informatika, Universitas Kuningan.

Amirudin, Ahmad. 2015. Pengembangan Aplikasi Sistem Pembelajaran Klasifikasi (Taksonomi) dan Tata Nama Ilmiah (Binomial Nomenklatur) Pada Kingdom Plantae (Tumbuhan) Berbasis Android. Universitas Lampung

Cato Chandra,S.Kom dan Ir. Teddy Marcus Zakaria,M.T.2008.Be Smart Be. Profesional With Microsoft Office 2007.Informatika.Bandung

Charras C, Raymond., dan T.Lecroq (2009), Handbook of Exact String Matching Algoritm. URL: http://ebookee.org/Handbook-of-Exact-String-Matching-Algorithms_892540.html.

Cormen, T.H., Leiserson, C.E., Rivest, R.L. & Stein, C. 1994. Introduction to Algorithms. McGraw-Hill Book Company: North America.

Effendi, D., Hartono, T. & Kurnaedi, A. 2013. Penerapan string matching menggunakan algoritma Boyer-Moore pada translator bahasa Pascal ke C. Majalah Ilmiah Unikom Vol. 11, No. 2: 262-271.

Febrian, Jack. 2007. Kamus Komputer dan Teknologi Informasi. Penerbit Informatika. Bandung

Hakim, Lukmanul.(2008). RaRahasia Inti Master PHP dan MySQLi(improved).

Yogyakarta : Lokomedia

Hendrayudi. 2009. VB 2008 Untuk Berbagai Keperluan Programming. Jakarta. PT Elex Media Komputindo

Horspool, R.N. 1980. Practical fast searching in strings. Journal Software Practice and ExperienceVol. 10: 501-506.

Kadir, Abdul. 2010. Tuntunan Praktis: Belajar Database Menggunakan MySQL. Yogyakarta : Andi.

Knuth D.E., Morris (Jr) J.H. & Pratt V.R. 1977. Fast pattern matching in strings. SIAM Journal on ComputingVol. 6, No.1: 323-350.

Kustiyahningsih, Y. dan Anamisa, D. R. 2011. Pemrograman Basis Data Berbasis Web Menggunakan PHP& MySQL. Edisi Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Martinus, Surawan dan Hartono, R. Sapto. 2008. KAMUS NOMENKLATUR: Mudah Mencari Padanan Kata Latin-Indonesia & Indonesia Latin. Andi Offset: Yogyakarta. 178 hlm.

Nasution, Ade Mutiara Kartika. 2016. Implementasi Algoritma Horspool Dalam Pembuatan Kamus Istilah Psikologi Pada Platform Android. Program Studi Ilmu Komputer, Universitas Sumatra Utara.

Nugroho, Adi (2009). Rational Rose Untuk Pemodelan Berorientasi Objek. Bandung.Penerbit : Informatika.

Pramana, H, W. (2006). Aplikasi Inventory Berbasis Access. Jakarta : Elex Media Komputindo

Pressman, Roger S.(2010) Rekayasa Perangkat Lunak. Yogyakarta: Andi.

Safaat H, Nazarudin. 2012. (Edisi Revisi) Pemograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android. Informatika:Bandung.

Sibero, Alexander F.K. 2011. Kitab Suci Web Programming. Yogyakarta: Mediakom.

Simarmata, Janner. 2010. Rekayasa Perangkat Lunak. Yogyakarta: Andi.

Singh, R. & Verma, H.N. 2011. A fast string matching algorithm. International Journal of Computer Technology and ApplicationsVol. 2, No. 6: 1877-1883.

Sismoro Heri. 2005. Pengantar Logika Informatika, Algoritma, dan Pemrograman Komputer. Andi. Yogyakarta.

Soepomo. 2010. Morfologi Tumbuhan. Yogyakarta: Pt. Gajah Muda University Press.

Sutarman. 2009. Pengantar Teknologi Informasi. Yogyakarta : Bumi Aksara

Supono, dan Virdiandry Putratama. 2016. Pemrograman Web dengan Menggunakan PHP dan Framework Codeigniter. Yogyakarta: deepublish.

Suryana, Taryana (2007) Metode RUP Rational Unified Process. Metode RUP Rational Unified Process. Universitas Komputer Indonesia




DOI: https://doi.org/10.25134/buffer.v4i2.1474

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Buffer Informatika


BUFFER INFORMATIKA : DEPARTMENT of INFORMATICS ENGINEERING
(print) p-ISSN :2527-4856 , (online)e-ISSN : 2614-5413
DOI :https://doi.org/10.25134/buffer.v5i2

Organized by Department of Informatics Engineering, Faculty of Computer Science, University of Kuningan, Indonesia.

website : https://journal.uniku.ac.id/index.php/buffer
E-Mail : [email protected]
Mailing : Jalan Cut Nyak Dhien No.36A Kuningan, Jawa Barat, Indonesia

Lisensi Creative Commons
BUFFER INFORMATIKA is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

StatCounter

View My Stats