IMPLEMENTASI ALGORITMA FISHER YATES SHUFFLE PADA GAME PENGENALAN BUAH DAERAH INDONESIA

yati nurhayati

Abstract


Abstrak

Setiap negara memiliki ciri khas baik dari segi budaya, alam dan lain sebagainya. Jika dikembangkan dengan baik maka dapat menjadi salah satu aset untuk menaikan pendapatan negara tersebut. Negara Indonesia salah satu negara yang kaya akan ragam budayanya, hal ini dapat dilihat salah satunya dari beraneka ragamnya jenis makanan di masing-masing daerah contohnya adalah buah-buahan. Akan tetapi masih banyaknya buah-buahan Indonesia yang belum dikenal baik bagi warga negara Indonesia sendiri maupun mancanegara. Oleh karena itu pada penelitian ini dibuat sebuah aplikasi dalam bentuk game untuk mengenalkan buah-buahan Indonesia. Sehingga dapat lebih mengenalkan ciri khas Indonesia lebih luas lagi ke masyarakat. Pada aplikasi ini diterapkan algoritma Fisher Yates Shuffle untuk pengacakan string soal agar lebih menarik. Perancangan sistem menggunakan Unified Model Language (UML) dan ditepkan ke dalam bahasa pemrograman php dan mysql (untuk sisi admin) sedangkan untuk sisi pengguna dapat mengakses menggunakan mobile.

Kata Kunci Game, Buah Indonesia, LCM, UML

Abstract

Each country has characteristics both in terms of culture, nature and so forth. If it is well developed, it can become one of the assets to increase the country's income. Indonesia is one country that is rich in cultural diversity, this can be seen from one of the various types of food in each region, for example fruit. However, there are still many Indonesian fruits that are not yet well known to both Indonesian and foreign citizens. Therefore in this study an application was made in the form of a game to introduce Indonesian fruits. So that it can introduce Indonesian characteristics more broadly to the public. In this application the Linear Fisher Yates Shuffle algorithm is applied to randomize the question string to make it more interesting. The system design uses the Unified Model Language (UML) and placed in the php and mysql programming languages (for the admin side) while for the user side can access using mobile.

Keywords Game, Indonesia Fruits, LCM, UML


Keywords


Game; Buah Indonesia; LCM; UML; Indonesia Fruits;

Full Text:

PDF

References


Ramadan, Rido. Game Development Life Cycle. 2013.

Supriyanto. Penerapan Algoritme Fisher-Yates pada Edugame Guess

Caculation Berbasis Android. Palembang : STMIK GI MDP.

Bentley, Lonnie D, dan Jeffrey L Whitten. 2007. Systems. Analysis and

Design for the Global Enterprise Seventh Edition,. New York: McGraw-

Hill.




DOI: https://doi.org/10.25134/buffer.v5i1.1959

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Buffer Informatika


BUFFER INFORMATIKA : DEPARTMENT of INFORMATICS ENGINEERING
(print) p-ISSN :2527-4856 , (online)e-ISSN : 2614-5413
DOI :https://doi.org/10.25134/buffer.v5i2

Organized by Department of Informatics Engineering, Faculty of Computer Science, University of Kuningan, Indonesia.

website : https://journal.uniku.ac.id/index.php/buffer
E-Mail : buffer.informatika@uniku.ac.id
Mailing : Jalan Cut Nyak Dhien No.36A Kuningan, Jawa Barat, Indonesia

Lisensi Creative Commons
BUFFER INFORMATIKA is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

StatCounter

View My Stats