INOVASI PENGEMBANGAN APLIKASI MULTIMEDIA PANDUAN SKRIPSI MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS6

TITO SUGIHARTO

Abstract


Abstrak

Penelitian ini dibuat bertujuan untuk menghasilkan suatu aplikasi multimedia panduan Skripsi menggunanakan adobe flash CS6. Target penelitian yang ingin dicapai adalah adanya sebuah media informasi alternatif yang menarik dan mudah untuk dipahami mengenai panduan Skripsi di Fakultas Ilmu Komputer Universitas Kuningan. Penelitian ini akan membahas bagaimana merancang dan mengembangkan aplikasi multimedia panduan Skripsi menggunakan adobe flash CS6. Pada saat ini panduan Skripsi yang ada di Fakultas Ilmu Komputer Universitas Kuningan masih berupa buku. Media buku sebagai panduan Skripsi menjadi media tunggal dalam menyebarkan informasi mengenai panduan Skripsi. Media buku memiliki kekurangan sebagai media informasi panduan Skripsi, diantaranya adalah menjadi media yang kurang menarik untuk diperhatikan, masih sedikitnya mahasiswa yang menggunakan media buku sebagai media informasi untuk panduan Skripsi, pemahaman yang berbeda dari media buku,  dan kesulitan dalam mengakses media buku sebagai panduan Skripsi. Oleh karena itu, untuk menyelesaikan permasalahan tersebut maka diperlukan sebuah inovasi dalam pengembangan aplikasi multimedia panduan Skripsi menggunakan adobe flash CS6. Diharapkan dengan adanya aplikasi tersebut dapat menarik dan mempermudah mahasiswa dalam mencari informasi mengenai panduan Skripsi di Fakultas Ilmu Komputer Universitas Kuningan. Proses pengujian dilakukan dengan menggunakan User Acceptance Test (UAT).

 

Kata Kunci : Inovasi, Aplikasi, Multimedia, Panduan Skripsi, Flash.

 

 

Abstract 

This research was made aiming to produce a thesis multimedia application application using adobe flash CS6. The research target to be achieved is the existence of an interesting and easy alternative information media to understand about the Thesis guide at the Faculty of Computer Science, University of Kuningan.This research will discuss how to design and develop multimedia applications using Thesis guides using adobe flash CS6. At this time the Thesis guide in the Faculty of Computer Science at the University of Kuningan is still a book. Media books as a thesis guide become a single medium in disseminating information about Thesis guidelines. Media books have shortcomings as a Thesis guide information media, including being less attractive media to note, there are still few students who use book media as information media for Thesis guidance, different understandings of book media, and difficulties in accessing media books as Thesis guidelines.Therefore, to solve these problems, we need an innovation in developing multimedia applications for Thesis guides using adobe flash CS6. It is expected that the existence of these applications can attract and facilitate students in finding information about Thesis guidelines at the Faculty of Computer Science, University of Kuningan. The testing process is carried out using the User Acceptance Test (UAT).

 

Keywords: Innovation, Application, Multimedia, Thesis Guide, Flash..

 


Keywords


Inovasi; Aplikasi; Multimedia; Panduan Skripsi; Flash; ; Application; Multimedia; Thesis Guide; Flash;

Full Text:

PDF

References


Al Fatta, H. (2007). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi untuk Keunggulan Bersaing Perusahaan dan Organisasi Modern. Yogyakarta : CV. Andi Offset.

Amir F. Sofyan, 2005. Modul Multimedia. Yogyakarta : STMIK AMIKOM Yogyakarta.

Amir F. Sofyan, 2006. Modul Multimedia TI. Yogyakarta : STMIK AMIKOM Yogyakarta.

Darmawan Erico, H. (2006). “Perancangan Mini Image Editor Versi 1.0 sebagai aplikasi Penunjang Mata Kuliah Digital Image Processing”. Volume 2(2), 10 Halaman.

M. Suyanto, 2003. Multimedia Alat Untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing. Yogyakarta : Andi Offset.

M. Suyanto, 2004. Analisis dan Desain Aplikasi Multimedia Untuk Pemasaran. Yogyakarta : Andi Offset.

M. Suyanto, 2006. Merancang Film Kartun Kelas Dunia. Yogyakarta : Andi Offset.

Munir, R. (2004). Pengolahan Citra Digital Dengan Pendekatan Algoritmik. Bandung : Informatika.

Nugroho, Adi. 2005. “Analisis dan Perancangan Sistem Informasi dengan Metodologi Berorientasi Objek”. Bandung: Informatika.

Putra, D. (2009). Pengoahan Citra Digital, Yogyakarta : C.V ANDI OFFSET.

Rosa-Shalahuddin, A. S. M. 2013. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung : Informatika.

Ruslan, R. (2003). Metode Penelitian PR dan Komunikasi. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Septian, D. (2010). Implementasi Kebijakan Peraturan Pemerintah Nomor 98 Tahun 2000 Tentang Pengadaan Pegawai Negeri Sipil Di Badan Cianjur. Bandung. Universitas Komputer Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.25134/buffer.v5i2.1998

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Buffer Informatika


BUFFER INFORMATIKA : DEPARTMENT of INFORMATICS ENGINEERING
(print) p-ISSN :2527-4856 , (online)e-ISSN : 2614-5413
DOI :https://doi.org/10.25134/buffer.v5i2

Organized by Department of Informatics Engineering, Faculty of Computer Science, University of Kuningan, Indonesia.

website : https://journal.uniku.ac.id/index.php/buffer
E-Mail : [email protected]
Mailing : Jalan Cut Nyak Dhien No.36A Kuningan, Jawa Barat, Indonesia

Lisensi Creative Commons
BUFFER INFORMATIKA is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

StatCounter

View My Stats