IMPLEMENTASI ALGORITMA SIFT PADA APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) BERBASIS AUGMENTED REALITY MELALUI ANDROID

Rio Priantama

Abstract


Pengalaman pada masa anak-anak usia dini memiliki peran yang sangat penting dalam keseluruhan proses perkembangan aspek-aspek kepribadian pada masa-masa kehidupannya. Sehingga, pendidikan anak usia dini membutuhkan media pembelajaran yang dapat memberikan stimulus yang berdasarkan realita serta mampu membawa pengetahuan sebanyak mungkin dalam kegiatan bermain anak-anak sebagai kegiatan belajar utama bagi anak usia dini.

Teknologi informasi dan komunikasi dapat memberikan alternatif media pembelajaran. Berdasarkan penelitian, Gawai (Gadget) berpengaruh signifikan terhadap perkembangan karakter dan interaksi sosial anak usia dini, baik positif maupun negatif. Secara positif, Gawai dapat menjadi media pembelajaran yang dapat digunakan dalam pendidikan anak usia dini

Penelitian ini bertujuan membangun sebuah aplikasi media pembelajaran anak usia dini berbasis augmented reality pada android. Aplikasi dibangun dengan menerapkan algoritma Scale Invariant Feature Transform (SIFT) dengan metode pengenbangan aplikasi menggunakan Rational Unified Process (RUP)

Aplikasi media pembelajaran pendidikan anak usia dini (PAUD) berbasis augmented reality pada android,  dapat meningkatkan stimulus pembelajaran bangu ruang berdasarkan realita serta menyajikan pengetahuan bangun ruang  menjadi lebih menarik. Berdasarkan hasil uji User Acceptance Test (UAT), aplikasi ini dapat memudahkan tim Guru PAUD dalam memberikan penjelasan Bangun Ruang secara lebih menarik dalam pembelajaran anak usia dini

References


Puji Asmaul Chusna (2017), Pengaruh Media Gadget Pada Perkembangan Karakter Anak, Jurnal DinamikaPenelitian.DOI.10.21274/dinamika.2017.17.2.315-330

Putri Hana Pebriana (2017), Analisis penggunaan gadget terhadap kemampuan interaksi sosial pada anak usia dini, Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol 1. Hal 1-11

Tria Puspita Sari dan Amy Asma Mitsalia (2016), Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Personal Sosial Anak Usia Prasekolah di TK Al Mukmin, Jurnal PROFESI, Vool 13 No,2

Azuma, Ronald T. (1997). “A Survey of Augmented Reality” Presence:Teleoperators and Virtual Environments, 6 (4) : 355-385 (Sri D. Siswanti & Titoyan, 2016).

Siswanti, Sri D. dan Titoyan. (2016), “Tracking Markerless Augmented Reality untuk Design Furniture Room”, Annual Research Seminar 2016, 2 (1), 377-383

Rio, Unang. Erlinda, S. dan Haryono, D. (2016). “Implementasi Model Mobile Augmented Reality e-Booklet untuk Mempromosikan Object Wisata Unggulan Provinsi Riau dengan Metode 3D Object Tracking”, Jurnal Inovtek Polbeng-Seri Informatika, 2(1).

Doni, R. Herlandy, Pratama B. dan Mukhtar, H. (2018).“Buku Bergambar sebagai Media Pembelajaran Kisah Sahabat Nabi dengan Pemanfaatan Augmented Reality”, RABIT (Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi Univrab), 3(1) : 22-29

Badru Zaman, M.Pd. dan Hj.Cucu Eliyawati, M.Pd (2010). Media Pembelajaran Anak Usia Dini, Bahan Ajar PPG, UPI, 2010

Kepm, J.E. dan Dayton, D.K. (1985) “Planning and Prioducing Instructional Media”, Cambridge: Harper & Row Publisher, New York

Hainstok dalam Sujiono (2009:54), Sujiono, Yuliani Nurani. 2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks

Azuma, Ronald T. (1997). “A Survey of Augmented Reality” Presence: Teleoperators and Virtual Environments, 6 (4) : 355-385.

Zhou,F., Duh,H,B,L. & Billinghurst,M., (2008) “Trends in Augmented Reality Tracking, Interaction and Display:A Review of Ten Years of ISMAR”. IEEE and ACM ISMAR 2008 (pp. 193-202). Cambridge, UK: IEEE and ACM

Lowe, David G. (2004), “Distinctive Image Features from Scale-Invariant Keypoints”, International Journal of Computer Vision




DOI: https://doi.org/10.25134/buffer.v6i2.3562

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Buffer Informatika


BUFFER INFORMATIKA : DEPARTMENT of INFORMATICS ENGINEERING
(print) p-ISSN :2527-4856 , (online)e-ISSN : 2614-5413
DOI :https://doi.org/10.25134/buffer.v5i2

Organized by Department of Informatics Engineering, Faculty of Computer Science, University of Kuningan, Indonesia.

website : https://journal.uniku.ac.id/index.php/buffer
E-Mail : [email protected]
Mailing : Jalan Cut Nyak Dhien No.36A Kuningan, Jawa Barat, Indonesia

Lisensi Creative Commons
BUFFER INFORMATIKA is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

StatCounter

View My Stats