STEGANOGRAFI DENGAN MENGGUNAKAN METODE LSB DAN ALGORITMA HILL CIPHER

Sherly Gina Supratman

Abstract


Abstrak

Jaringan Komunikasi seperti Internet  merupakan jaringan yang tidak aman untuk mentransmisi data, seperti teks, audio,video dan citra digital. Salah satu cara untuk pengamanan data dapat dilakukan dengan menggunakan proses kriptografi dan  steganografi. Penggunaan ini dengan tujuan untuk merahasiakan pesan yang dikirim dan sekaligus menghindarkan pesan tersebut dari kecurigaan pihak lain yang tidak berkepentingan.

Pesan yang digunakan dalam makalah ini adalah berupa text dengan menyisipkannya pada gambar. Pada proses kriptografi, pesan yang berupa text akan dienkrip dengan algoritma Hill Chiper, dan kemudian pesan yang telah dienkrip akan dilakukan proses steganografi pada citra digital  8 bit dengan skala 0 – 255, dengan metode Least Significant Bit ( LSB ).

 

Kata kunci: Kriptografi, Hill Chiper, Steganografi, Least Significant Bit

 

Abstract

Communication Networks such as the Internet are unsafe networks for transmitting data, such as text, audio, video and digital imagery. One way to secure data can be done by using cryptography and steganography process. This use is for the purpose of concealing messages being transmitted and avoiding such messages from the suspicion by others who are not interested.

The message used in this paper is text by inserting it in the image. In the cryptographic process, text messages will be encrypted with the Hill Chiper algorithm, and then the encrypted message will be steganographed on 8-bit digital images on a scale of 0-255, using the Least Significant Bit (LSB) method.

 

Keywords: Cryptography, Hill Chiper, Steganography, Least Significant Bit

Full Text:

PDF

References


Dika Santosa, Egar. Implementasi Algoritma Caesar Cipher dan Hill Cipher pada Database Sistem Inventori TB Mitra Jepara. Teknik Informatika Universitas Dian Nuswantoro. Semarang.

Nugraha, Ivan. Studi Analisis Mengenai Aplikasi Matriks dalam Kriptografi Hill Cipher. Teknik Informatika Institut Teknologi Bandung. Bandung.

Prihastomo, Yoga. Komputasi Terapan Steganografi. 2011. Universitas Budi Luhur Jakarta.

Prima Puspita, Niken. Dan Bahtiar Nurdin. Kriptografi Hill Cipher dengan Menggunakan Operasi Matriks. Jurusan Matematika FMIPA UNDIP. Semarang.

Satria Alasi, Tomy. Penerapan Hill Cipher pada Keamanan Pesan Teks. Komunitas Elearning Ilmu Komputer.

Suryani, Esti., Sri Martini, Titin., Kombinasi Kriptografi Dengan Hill Chiper Dan Steganografi Dengan LSB untuk Keamanan Data Teks, Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Magelang




DOI: https://doi.org/10.25134/buffer.v1i1.582

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Buffer Informatika


BUFFER INFORMATIKA : DEPARTMENT of INFORMATICS ENGINEERING
(print) p-ISSN :2527-4856 , (online)e-ISSN : 2614-5413
DOI :https://doi.org/10.25134/buffer.v5i2

Organized by Department of Informatics Engineering, Faculty of Computer Science, University of Kuningan, Indonesia.

website : https://journal.uniku.ac.id/index.php/buffer
E-Mail : [email protected]
Mailing : Jalan Cut Nyak Dhien No.36A Kuningan, Jawa Barat, Indonesia

Lisensi Creative Commons
BUFFER INFORMATIKA is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

StatCounter

View My Stats