Inovasi Produk Dan Motif Batik Pada Industri Kreatif Nisya Batik Sebagai Basis Dan Bentuk Pengembangan Digitalisasi Kebudayaan Di Kabupaten Kuningan

Dadan Nugraha, Rika Nugraha, Nunu Nugraha, Dadang Hamdani

Abstract


Abstrak

 

Digitalisasi kebudayan merupakan suatu konsep pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan daya guna dalam bidang kebudayaan, terutama dalam hal pengelolaan, pendokumentasian, penyebarluasan informasi dan pengetahuan dari unsur-unsur kebudayaan. Lingkup pengembangan digitalisasi kebudayaan mencakup unsur-unsur kebudayaan, yakni sistem religi, sistem kemasyarakatan atau organisasi sosial, sistem pengetahuan, bahasa, kesenian, sistem mata pencaharian hidup atau sistem ekonomi, dan sistem peralatan hidup atau teknologi (C. Kluckhohn, 1952). Batik merupakan salah satu produk tekstil hasil karya tradisional bangsa Indonesia. Hampir setiap daerah di Indonesia memiliki hasil karya batik dengan kekhasan motifnya termasuk Kabupaten Kuningan. Ini merupakan salah satu dari sekian banyak ragam kekayaan bangsa yang perlu dilestarikan dan dijaga kualitasnya. Penerapan teknologi informasi sebagai instrumen pendukung dalam proses digitalisasi kebudayaan yang berguna bagi seluruh kalangan untuk meningkatkan kinerja salah satunya di dunia usaha industri kreatif. Nisya Batik merupakan salah satu pelaku usaha industry kreatif di kabupaten Kuningan yang memproduksi produk dan motif batik sampai ke proses pemasaran secara konvensional. Untuk itu perlu adanya suatu inovasi pemanfaatan teknologi informasi untuk membantu proses pembuatan sampai ke proses pemasarannya berupa platform aplikasi.   Dalam penelitian ini perancangan aplikasi di buat dengan metode pengembangan sistem Waterfall. Bahasa pemrograman yang digunakan pada sistem yang dikembangkan ini adalah bahasa pemrograman PHP dan pengelolaan databasenya menggunakan SQL. Dengan adanya platform aplikasi ini, Nisya Batik bisa mengelola dan memasarkan produk batik bukan hanya untuk daerah Kabupaten Kuningan, tetapi bisa sampai ke seluruh penjuru Indonesia dan dunia sebagai bentuk kekayaan budaya di Kabupaten Kuningan khususnya dan Indonesia pada umumnya.

 

Kata kunci : Platform; Digitalisasi; Batik;  Waterfall; SQL

 

Abstract

 

Cultural digitization is a concept of using information and communication technology to increase efficiency in the field of culture, especially in terms of managing, documenting, disseminating information and knowledge of cultural elements. The scope of the development of cultural digitization includes cultural elements, namely religious systems, social systems or social organizations, knowledge systems, languages, arts, livelihood systems or economic systems, and systems of living equipment or technology (C. Kluckhohn,

1952). Batik is one of the textile products made by the traditional Indonesian people. Almost every region in Indonesia has batik works with unique motifs, including Kuningan Regency. This is one of the many kinds

of national wealth that needs to be preserved and maintained for its quality. The application of information technology as a supporting instrument in the process of digitizing culture that is useful for all groups to

improve performance, one of which is in the creative industry business world. Nisya Batik is one of the

creative industry business actors in Kuningan district which produces batik products and motifs to the conventional marketing process. For this reason, it is necessary to have an innovation in the use of information technology to help the manufacturing process to the marketing process in the form of an application platform. In this study, the application design was made using the Waterfall system development method. The programming language used in this developed system is the PHP programming language and the database management uses SQL. With this application platform, Nisya Batik can manage and market batik products not only for the Kuningan Regency area, but can reach all corners of Indonesia and the world as a form of cultural wealth in Kuningan Regency in particular and Indonesia in general.

 

Keywords: Platform;  Digitization; Batik;  Waterfall;  SQL


Keywords


Platform; Digitalisasi; Batik; Waterfall; SQL; Digitization;

References


Agus Saputra (2011). Trik dan Solusi Jitu Pemrograman PHP. IKAPI., Jakarta;

Chaffey, D., 2009, E-Business and Ecommerce Management: Strategy, Implementation and Practice, 4th edition, Prentice Hall;

Hasan, V. C. (2016). Perancangan Sistem Informasi Inventori Darah Berbasis Web pada Palang Merah Indonesia Cabang Bantul. Journal Speed – Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi, 35 - 41.

Murray, A. dan Clark, K (2015) “The Use of UML for Software Requirements Expression and Management.” IEEE.

Fernandez, E.B. Yoshioka, N., Washizakim H., Jurjens, J., VanHilst, M., dan Pernu, G. (2011). "Using Security Patterns to Develop Secure Systems.” Dalam: Software Engineering for Security Systems: Industrial and Research Perspectives. H. Mouratidis. Hershey: IGI Global.

Antaranews.com, 11 Desember, 2014. iWOW, aplikasi multi fungsi promosikan pariwisataIndonesi.(www.antaranews.com), diakses 26 Januari 2015)

Antaranews.com, 16 Juni 2012. Perpustakaan Kaltim akan Digitalkan Warisan Budaya.

Asa, Kusnin. 2000. Batik Pekalongan Dalam Lintasan Sejara. Paguyuban Pecinta Batik Pekalongan

Daymon, Christine, Immy Holloway. 2008. Riset Kualitatif dalam Public Relations & Marketing Communications (terj.). Yogyakarta:Bentang.

--------------------. 2008. Pengembangan Ekonomi Kreatif Indonesia 2025. Departemen Perdaganagn Republik Indinesia.

--------------------. 2009. Busana dan Aksesori Nusantara. National Geographic Traveler Vol.1, No. 6, 2009, hal. 52-71.

Weiler, Betty and Hall, Colin Michael. 1992. Special Interest Tourism.London:Belhaven Press pada Batik secara Komputasional. Gramedia Pustaka Utama

Andi Kristanto, (2003). Perancangan Sistem Informasi dan Aplikasinya. Gava media: Jakarta




DOI: https://doi.org/10.25134/buffer.v9i1.6656

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Buffer Informatika


BUFFER INFORMATIKA : DEPARTMENT of INFORMATICS ENGINEERING
(print) p-ISSN :2527-4856 , (online)e-ISSN : 2614-5413
DOI :https://doi.org/10.25134/buffer.v5i2

Organized by Department of Informatics Engineering, Faculty of Computer Science, University of Kuningan, Indonesia.

website : https://journal.uniku.ac.id/index.php/buffer
E-Mail : [email protected]
Mailing : Jalan Cut Nyak Dhien No.36A Kuningan, Jawa Barat, Indonesia

Lisensi Creative Commons
BUFFER INFORMATIKA is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

StatCounter

View My Stats