IMPLEMENTASI DAN EFEKTIFITAS MOBILE LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN METODE SYNCHRONOUS DAN ASYNCHRONOUS LEARNING PADA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI UNIVERSITAS KUNINGAN BERBASIS ANDROID

  • Panji Novantara

Abstract

Abstrak

Penelitian ini dibuat bertujuan untuk mengimplementasikan dan mengukur efektivitas media pembelajaran melalui mobile learning dengan menggunakan metode Synchronous dan Asynchronous Learning berbasis android untuk mata kuliah Bahasa Inggris kepada mahasiswa di universitas Kuningan.Target penelitian yang ingin dicapai adalah adanya media belajar tambahan yang menarik dan mudah digunakan sehingga dapat meningkatkan minat belajar dan  prestasi mahasiswa dalam mata kuliahBahasa Inggris.Penelitian ini akan membahas bagaimana merancang, mengembangkan juga mengevaluasi efektifitas penggunakan aplikasi Mobile Learning berbasis Android untuk mata kuliahBahasa Inggris di kalangan mahasiswa Universitas Kuningan dengan metode Synchronous dan Asynchronous Learning. Aplikasi ini dibuat supaya pengguna dapat secara mudah mengakses suatu materi kuliah Bahasa Inggris  menggunakan aplikasi Mobile Learning melalui Smartphone.Aplikasi Mobile Learning ini merupakan aplikasi media pembelajaran alternatif berbasis Android yang berdiri sendiri dan dapat diimplementasikan pada Smartphone berbasis Android.

 

Kata Kunci: Mobile Learning, Bahasa Inggris , Synchronous Learning, Asynchronous Learning,Media pembelajaran.

References

Mulyadi, S. T., 2010, Membuat Aplikasi Untuk Android. Multimedia CenterPublishing. Yogyakarta.

Safaat, Nazrudin. 2011. Android Pemograman Aplikasi Mobile Smartphone Dan Tablet PC Berbasis Android. Informatika, Bandung,

M. Suyanto, 2004. Analisis dan Desain Aplikasi Multimedia Untuk Pemasaran. Yogyakarta : Andi Offset.

Prof. Jogiyanto HM., Ph.D. 2008. Metodologi Penelitian Sistem Informasi.

Zainal A,. Hasibuan, Ph.D, 2007. Mettodologi Penelitian Pada Bidang Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi, Fakultas Ilmu Komputer – UI Referensi tambahan.

Published
2017-04-10
Section
Articles