Implementasi Algoritma Jaro-Winkler Distance Untuk Sistem Pendeteksi Plagiarisme Pada Dokumen Skripsi

Panji Novantara

Abstract


ABSTRAK

Karya tulis ilmiah merupakan bagian dari tuntutan formal akademik di Perguruan Tinggi. Dilihat dari jenisnya, karya tulis ilmiah terdiri atas makalah, laporan, jurnal, skripsi dan lain-lain. Karya tulis ilmiah yang digunakan sebagai salah satu syarat mahasiswa untuk menyelesaikan program studi S1 yaitu skripsi. Dalam pembuatan skripsi hampir tidak dapat dihindari sering ditemukannya kecurangan, seperti mengambil ide maupun menjiplak karya tulis orang lain atau sering juga disebut dengan plagiarisme. Plagiarisme adalah tindakan menjiplak karya seseorang dan kemudian mengakuinya sebagai karya sendiri. Untuk itu perlu dilakukan upaya-upaya penekanan tindakan plagiarisme sejak dini. Maka diperlukan sisitem pendeteksi plagiarisme untuk mengetahui seberapa besar tingkat kemiripan dokumen skripsi. Agar bisa digunakan untuk memutuskan apakah skripsi ini merupakan plagiarisme atau bukan. Untuk mengetahui seberapa besar persentase kesamaan bisa menggunakan pendekatan string metrik, yaitu dengan melakukan perbandingan string menggunakan algoritma Jaro-Winkler Distance dengan tahapan melakukan proses menghitung panjang string, menentukan jumlah karakter yang sama, menghitung nilai transposisi, menghitung nilai Jaro-Distance, menghitung nilai Jaro-Winkler Distance, dan menghitung tingkat kemiripan (similarity). Pembuatan aplikasi menggunakan bahasa pemrograman Java dengan menggunakan NetBeans IDE 8.0. Sistem pendeteksi plagiarisme dengan menggunakan algoritma Jaro-Winkler Distance dapat digunakan untuk mendeteksi plagiarisme dokumen skripsi dengan cara melakukan perbandingan antara dokumen asli dan dokumen uji yang diinputkan untuk mengetahui tingkat kemiripan (similarity) dari dokumen skripsi yang diuji.

 

Kata Kunci : Skripsi, Plagiarisme, Algoritma Jaro-Winkler Distance, NetBeans IDE 8.0


Full Text:

PDF

References


Anna Kurniawati, Sulistyo Puspitodjati, Sazali Rahman (2010), Implementasi Algoritma Jaro-Winkler Distance untuk Membandingkan Kesamaan Dokumen Berbahasa Indonesia. Depok : Universitas Gunadarma.

A.S Rosa & M. Shalahuddin. (2013), Modul Pembelajaran Rekayasa Perangkat Lunak, Bandung : Informatika.

Hartati, Sri. (2007). Pemrograman GUI Swing Java dengan NetBeans 5/G. Sri Hartati, B. Herry Suharto dan M.Soesilo Wijono;-Ed.1.Yogyakarta : Andi.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (1997). Jakarta : Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa.

Kornain, Ahmad, Ferry Yansen (2010), Penerapan Algoritma Jaro-Winkler Distance Untuk Sistem Pendeteksi Plagiarisme Pada Dokumen Teks Berbahasa Indonesia, Program Studi Teknik Informatika, STMIK GI MDP.

Nugroho, Adi (2005). Rational Rose Untuk Pemodelan Berorientasi Objek, Bandung : Informatika,.

Nugroho, Eko 2011. Perancangan Sistem Deteksi Plagiarisme Dokumen Teks dengan Menggunakan Algoritma Rabin-Karp, Program Studi Ilmu Komputer, Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Brawijaya, Malang.

Ridhatillah, Ardini. 2003. Dealing with Plagiarism in the Information System Research Community: A Look at Factors that Drive Plagiarism and Ways to Address Them, MIS Quarterly; Vol. 27, No. 4, p. 511-532/December 2003.

Sastroasmoro, Sudigdo 2007, Beberapa Catatan tentang Plagiarisme. Departemen Ilmu Kesehatan Anak, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Jakarta.

Sismoro, Heri (2005), Pengantar Logika Informatika, Algoritma, dan Pemrograman Komputer, Yogyakarta : Andi.

Triawati, Chandra. 2009. Metode Pembobotan Statistical Concept Based untuk Klastering dan Kategorisasi Dokumen Berbahasa Indonesia. Institut Teknologi Telkom. Bandung.




DOI: https://doi.org/10.25134/buffer.v3i2.960

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Buffer Informatika


BUFFER INFORMATIKA : DEPARTMENT of INFORMATICS ENGINEERING
(print) p-ISSN :2527-4856 , (online)e-ISSN : 2614-5413
DOI :https://doi.org/10.25134/buffer.v5i2

Organized by Department of Informatics Engineering, Faculty of Computer Science, University of Kuningan, Indonesia.

website : https://journal.uniku.ac.id/index.php/buffer
E-Mail : [email protected]
Mailing : Jalan Cut Nyak Dhien No.36A Kuningan, Jawa Barat, Indonesia

Lisensi Creative Commons
BUFFER INFORMATIKA is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

StatCounter

View My Stats