IMPLEMENTASI METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) UNTUK MENGUKUR KINERJA GURU (STUDI KASUS: SMAN 1 LURAGUNG)

erlan darmawan

Abstract


Abstrak

 

     Penilaian kinerja ini terdiri dari serangkaian proses dimana dinilai berdasarkan data – data keberhasilan yang dapat ditunjukkan oleh guru. Agar pengukuran dilakukan secara cermat SMAN 1 Luragung mengadakan penilaian kinerja guru secara berkala sehingga dapat digunakan untuk menentukan strategi kinerja dimasa mendatang. Untuk menghasilkan suatu Sistem Pendukung Pengambilan Keputusan Penilaian Kinerja Guru berdasarkan metode Simple Adittive Weghting (SAW) dengan model Fuzzy di SMAN 1 Luragung.

          Dari penelitian yang telah dilakukan di SMA Negeri 1 Luragung, bahwa dengan Decision Support System (DSS) menggunakan Model Fuzzy MADM dengan metode Simple Additive Weighting . Program ini memudahkan pihak sekolah untuk melakukan penilaian kinerja guru secara cepat dan tepat. Penilaian tersebut berdasarkan kriteri dan kompetensi serta nilai bobot untuk  masing – masing kompetensi meliputi kompetensi Pedogagik, Kepribadian, Sosial dan Profesional.

     Perhitungan Fuzzy MADM yang diterapkan ini berdasarkan kompetensi – kompetensi dan bobot kompetensi yang telah ditentukan, dimana perhitungannya dengan melakukan normalisasi matrik semua kriteria. Hasil akhir dari penilitian ini adalah sebuah alternatif yang memiliki nilai alternatif terbaik dari alternatif yang lainnya berdasarkan proses perangkingan.

Kata kunci : simple additive weighting (SAW), kinerja guru


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Cloud Information



CLOUD INFORMATION JOURNAL : JOURNAL OF INFORMATION SYSTEM

e-ISSN:2614-543X , p-ISSN: 2527-5224

Organized by Faculty of Computer Science, Universitas Kuningan, Indonesia.
Website : https://journal.uniku.ac.id/index.php/cloudinformation
Email : [email protected]
Address : Jalan Cut Nyak Dhien No.36A Kuningan, Jawa Barat, Indonesia.