RANCANG BANGUN PENGEMBANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN AKSARA SUNDA UNTUK MADRASAH IBTIDAIYAH BERBASIS MULTIMEDIA

Dadan Nugraha, Wisnu Ahmad Maulana

Abstract


Abstrak

       Pembelajaran aksara Sunda merupakan salah satu muatan lokal pada kegiatan belajar mengajar (KBM) di Madrasah Ibtidaiyah Amanah Geresik. Kegiatan belajar mengajar didalam kelas dapat diterapkan dalam berbagai metode pembelajaran, yaitu metode yang konvensional dan dilakukan terus menerus tanpa adanya variasi dalam pembelajaran yang dampaknya siswa/i menemui kejenuhan karena tidak ada suasana baru dalam kegiatan belajar mengajar. Dengan adanya media pembelajaran berbasis multimedia ini diharapkan siswa/i dapat lebih aktif dalam kegiatan belajar mengajar khususnya mengenai muatan lokal aksara Sunda dan dapat mewujudkan kegiatan belajar mengajar yang berbasis PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan).

       Subjek dalam penelitian ini adalah aplikasi multimedia sebagai media pembelajaran aksara Sunda untuk Madrasah Ibtidaiyah. Konsep multimedia yang merupakan gabungan dari animasi, teks, gambar, dan suara digunakan agar siswa lebih tertarik dan dapat menyerap materi yang diberikan. Untuk konsep penyampaian materi, digunakan metode CAI dimana siswa mengikuti panduan belajar yang tertera pada komputer. Data untuk penelitian didapat dari beberapa metode yaitu metode kepustakaan, metode wawancara dan metode pengumpulan data dari internet/browsing. Aplikasi disusun dengan prosedur yang mencakup indentifikasi masalah, studi kelayakan, analisis kebutuhan sistem, merancang konsep, merancang isi, merancang naskah, merancang grafik, memproduksi sistem, pengetesan sistem dengan black box dan alpha test, penggunaan sistem dan tahap akhir adalah memelihara sistem.

       Hasil penelitian ini adalah aplikasi pembelajaran aksara Sunda untuk Madrasah Ibtidaiyah berbasis multimedia.  Aplikasi telah diuji coba  menggunakan black box test dan alpha test. Berdasarkan hasil uji coba tersebut dapat disimpulkan bahwa aplikasi belajar ini dapat  membantu proses pembelajaran secara mandiri pada siswa dan dapat digunakan sebagai alat  bantu guru yang dapat menunjang pembelajaran aksara Sunda.

 

Kata kunci: Aksara Sunda, CAI, Multimedia

 

Abstract

       Learning Sundanese script is one of the local content subjects in teaching and learning activities at Geresik Amanah Islamic Elementary Schools (MI). Teaching and learning activities in the classroom can apply a variety of learning methods in this case conventional method and it is done continuously without any variation causing students’ saturation because there is no new atmosphere in learning activities. With the multimedia-based learning media, it is expected that students can be more active in learning activities, especially in learningSundanese script as local content subject and it can manifest-PAIKEM (Active, Innovative, Creative, Effective and Fun) based teaching and learning activities.

       Subject in this study is a multimedia application as a Sundanese script learning media for Elementary School. Multimedia concept is a combination of animation, text, images and sound used to make students more interested and they are able to absorb the material provided. The concept for the delivery of content, the writers use CAI method in which students follow a study guide affixed to the computer. Data for the study is got by several techniques: literature, interview and data collection techniques from internet / browsing. The applicationis compiled with procedures including problem identification, feasibility studies, analysis of system requirements, designing the concept, designing the contents, draft a text, designing graphics, producing system, testing system with a black box and the alpha test, using the system and the final stage is maintaining the system.

       The result of this study isa Multimedia based Sundanese script learning applications for Islamic elementary schools. The application has been tested using black box test and alpha test. Based on the results of these trials, it can be concluded that the application can help students’ learning process independently and it can be used as a tool for teachers to support learning Sundanese script.

 

Keywords: Sundanese script, CAI, Multimedia

Full Text:

PDF

References


Depdiknas. 2008. Konsep Pakem – Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan. Departemen Pendidikan Nasional.

Hariyanto., 2009, Aplikasi Pembelajaran Huruf Jepang Berbasis Multimedia, Skripsi UAD, Yogyakarta.

Kencanawati, Indah Sari., 2009, Baso Jang Te 2 Bahasa Dan Aksara Rejang, PT. Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.

Linda Liana, silabus , Madrasah Ibtidaiyah Geresik.

Wibisama,Nur.R., 2005, Visualisasi Huruf Jawa Berbasis Multimedia Untuk Siswa Madrasah Ibtidaiyah, Skripsi UAD, Yogyakarta.


Refbacks



Copyright (c) 2017 Cloud Information



CLOUD INFORMATION JOURNAL : JOURNAL OF INFORMATION SYSTEM

e-ISSN:2614-543X , p-ISSN: 2527-5224

Organized by Faculty of Computer Science, Universitas Kuningan, Indonesia.
Website : https://journal.uniku.ac.id/index.php/cloudinformation
Email : [email protected]
Address : Jalan Cut Nyak Dhien No.36A Kuningan, Jawa Barat, Indonesia.