RANCANG BANGUN SISTEM PEMANTAUAN LOKASI MARKETING MENGGUNAKAN PERANGKAT GPS (Studi Kasus: PD. BPRS Gotong Royong Subang)

Aji Permana, Dudi Rahmadi

Abstract


Abstrak

Rancang Bangun Sistem Pemantauan Lokasi Marketing Menggunakan Perangkat GPS (Studi Kasus: PD. BPRS Gotong Rroyong Subang) merupakan aplikasi pengelolaan data-data kunjungan marketing dan beberapa sataf pemasaran terhadap nasabah yang dikunjungi dimulai dari status New, Follow Up, Close sampai Maintenance.

Titik lokasi kunjungan masing-masing marketing akan tercatat menggunakan aplikasi berbasis android yang dikirimkan menggunakan koneksi Internet ke server yang dituju sehingga kunjungan yang dilakukan selalu terpantau dengan presepsi apakah benar berkunjung ke tempat calon nasabah atau tidak berkunjung dan menginputkan data-data yang tidak sesuai dengan keadaan calon nasabah. Dengan begitu kinerja pegawai pada PD. BPRS Gotong Royong dapat terpantau dengan baik dan sesuai dengan kondisi di lapangan.

Selain itu aplikasi ini mampu mengelola dari mulai data calon nasabah, proses kunjungan (funding/ lending), proses marketing (pembukaan rekening/ permohonan pembiayaan), proses support (survey jaminan/ survey anggota komite), proses komite (memo pembiayaan/ catatan komite) sampai menghasilkan laporan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.

Kata Kunci: Sistem Pemantauan Lokasi, Perangkat GPS, Aplikasi Pemantauan Perangkat GPS

 

Abstract

The Design of Marketing Location Monitoring System Using GPS (Global Positioning System) Devices (A Case Study at PD. SRB Mutual-Royong Subang) is a data management application of marketing visit and some marketing staffs to visited customers starting from New status, Follow Up, Close to Maintenance.

Point-site of each marketing visits will be recorded using an android based application delivered using an Internet connection to the server so the visits carried out are constantly monitored with perception whether or notthe marketing visits the prospective customer and input data that is not in accordance with the state prospective customer. Thus the performance of employees in PD. BPRS Gotong Royong can be monitored properly and it is in accordance with real conditions in the field.

In addition, the application is able to manage data of prospective customers, processes of visit (funding / lending), the process of marketing (account opening / financing request), process of support (survey assurance / survey committee members), the committee (memo financing / records committee) to generate reports that can be adapted with users’ requirements.

 

Keywords: Location Monitoring System, GPS Devices, GPS Device Monitoring Applications

Full Text:

PDF

References


Abidin H. Z. (1995) “Penentuan Posisi dengan GPS dan Aplikasinya” PT.Paradnya Paramitra Jakarta. “Buku Petunjuk VALSAT – 021”

Arief. M. Rudyanto. 2011. Pemrograman Web Dinamis Menggunakan PHP & MySQL. Yogyakarta: Andi.

Jogiyanto. 2005. Analisis dan Desain Sistem Informasi : Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktik Aplikasi Bisnis. Yogyakarta : ANDI.

Kristanto,Andri. 2008. Perancangan Sistem Informasi dan Aplikasinya. Yogyakarta : Gava Media.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Cloud Information



CLOUD INFORMATION JOURNAL : JOURNAL OF INFORMATION SYSTEM

e-ISSN:2614-543X , p-ISSN: 2527-5224

Organized by Faculty of Computer Science, Universitas Kuningan, Indonesia.
Website : https://journal.uniku.ac.id/index.php/cloudinformation
Email : [email protected]
Address : Jalan Cut Nyak Dhien No.36A Kuningan, Jawa Barat, Indonesia.