SISTEM INFORMASI INVENTORI DAN PENGELOLAAN SAPRONAK DENGAN PENDEKATAN SUPPLY CHAIN MANAGEMENT (Studi Kasus: PT. Aretha Nusantara Farm)

Tri Septiar Syamfithriani, Alman Muhamad, M. Deri Eka Putra

Abstract


Abstrak

Manajemen persediaan stok barang merupakan masalah penting yang dihadapi oleh perusahaan khususnya perusahaan dagang. Untuk mendukung kelancaran perdagangan yang pada akhirnya akan berpengaruh pada kelancaran pemenuhan permintaan konsumen maka manajemen harus selalu berusaha untuk menjamin ketersediaan stok barang. Manajemen persediaan stok barang yang kurang optimal dapat mengakibatkan terjadinya kelebihan dan kekurangan stok persediaan barang di suatu perusahaan. Oleh sebab itu dalam manajemen persediaan stok barang di gudang perlu adanya aplikasi system informasi data keluar masuknya barang dan mempermudah dalam pengontrolan persedian stok barang yang dilakukan oleh staff gudang. Pengumpulan data dalam penulisan penelitian ini menggunakan teknik observasi, dan wawancara, metode penelitian kepustakaan dengan data sekunder sebagai sumber datanya. Hal yang menjadi salah satu kendala dalam pelaksanaan kerja masih ditemukan kesalahan dalam proses pengolahan data keluar masuknya barang dan stok barang yang akan dijadikan bahan untuk pembuatan laporan harian, mingguan, dan bulanan. Dengan dibuatkannya sistem informasi stok barang di bagian logistik Aretha Nusantara Farm berbasis web ini maka dapat membantu mengurangi kesalahan dalam proses pengolahan data keluar masuknya barang dan stok barang yang akan dijadikan bahan pembuatan laporan.

 

Kata Kunci: Supply Chain Management, Sistem Informasi, Poultry Shop

 

Abstract

Stock inventory management is an important issue faced by the company especially trading companies. To support smooth trade which will affect the smooth fulfillment of consumers’ demand,the management should try to ensure inventory availability. A not optimal stock inventory management may result the excess and shortages inventory in a company. Therefore, the inventory management in the warehouse needs a data information system applications and facility of entry and exit goods inventory and it makes easy to control the data of inventory by the warehouse staff. Collecting data in this study used observation and interviews, library research technique with secondary data as its data source. The problems found in the implementation was errors in data processing of entry and exit of goods and stock items that will be used as material for daily, weekly, and monthly reports. By designing the web based system inventory information in the logistics of Aretha Nusantara Farm, it can help reducing errors in data processing of entry and exit goods and stock items to be used as material for reports.

 

Keywords: Supply Chain Management, Sistem Informasi, Poultry Shop

Full Text:

PDF

References


Siahaya, Willem (2013) Sukses Supply Chain Management : Akses Demand Chain Management,Edisi I. in Media, Jakarta.

Jogianto, HM (2005). Analisis dan Desain Sistem Informasi : pendekatan terstruktur teori dan aplikasi bisnis,Edisi III . Andi, Yogyakarta.

JannerSimarmata. (2007). Perancangan Basis Data, Edisi I, Andi, Yogyakarta.

Atmosudirdjo, Prajudi. 1982. Administrasi dan Management Umum. Ghalia Jakarta, Depdikbud.

Fatansyah.(2007). BukuTeksKomputer Basis Data, Informatika, Bandung.

Simarmata, Janner (2010). Rekayasa Perangkat Lunak. Andi, Yogyakarta.

EdhySutanta, (2005).Sistem Basis Data, EdisiPertama, GrahaIlmu, Yogyakarta.

KiesoDonald. E et al (2009). Akuntansi Intermediate, Edisi ke-12 Jilid 1,Erlangga, Jakarta.

Kurniawan Rulianto, (2008). Membangun Situs Dengan PHP Untuk Orang Awam, Maxikom, Yogyakarta.

Ladjamudin, (2005). Analisis dan Desain Sistem Informasi, GrahaIlmu., Yogyakarta.

Pamono Andi, (2005). Kolaborasi Flash, Dreamweaver, dan PHP Untuk Aplikasi Web Site, Andi, Yogyakarta.

Pressman Roger S, (2007). Rekayasa Perangkat Lunak, Andi, Yogyakarta.

Andri Kristanto, (2003). Perancangan Sistem Informasi dan Aplikasinya, GavaMedia, Jakarta

Wirasta, Wendi. 2012. Perancangan Sistem Informasi Inventory dan Permintaan Stock Barang dengan Pendekatan Supply Chain Management pada Pizza Hut Delivery, Jurnal Sistem Informasi

Aprila, Aristyan. 2012. Rancang Bangun Aplikasi Pengolahan Data Pada Konveksi Dwi Putra Sragen, Jurnal Teknik Informatika Manajement


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Cloud Information



CLOUD INFORMATION JOURNAL : JOURNAL OF INFORMATION SYSTEM

e-ISSN:2614-543X , p-ISSN: 2527-5224

Organized by Faculty of Computer Science, Universitas Kuningan, Indonesia.
Website : https://journal.uniku.ac.id/index.php/cloudinformation
Email : [email protected]
Address : Jalan Cut Nyak Dhien No.36A Kuningan, Jawa Barat, Indonesia.