Main Article Content
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari proses pembelajaran yang berpusat pada guru sehingga lemahnya kemampuan siswa dalam bernalar dan kecerdasan naturalis siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui penerapan penilaian autentik pada model PBL terhadap Penalaran Konsep berbasis Marzano dan Kecerdasan Naturalis. Kemampuan bernalar siswa yang tinggi akan memberikan dampak positif terhadap kemampuan memecahkan masalah di kehidupan sehari-hari sedangkan kecerdasan naturalis siswa akan berdampak terhadap kemampuan merawat alam. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Kuasi eksperimen, dengan Nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Yaspika Kuningan Tahun Pelajaran 2018/2019, sedangkan yang dijadikan sampel penelitian adalah kelas VII D dan VII F. Kelas VII D dengan jumlah 28 orang menggunakan penilaian autentik pada model PBL , sedangkan kelas VII F dengan jumlah 28 orang menggunakan model konvensional. Penalaram konsep siswa dikumpulkan menggunakan tes uraian yang diolah secara kuantitatif, kecerdasan naturalis dikumpulkan menggunakan LKS dan lembar observasi yang diolah secara kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, maka kesimpulan penelitian ini sebagai berikut: 1) Untuk hasil post-test terdapat perbedaan rata-rata yaitu kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol , H0 ditolak dan H1 diterima yaitu penerapan penilaian autentik pada model pembelajaran PBL dapat meningkatkan penalaran konsep berbasis Marzano dan Kecerdasan naturalis siswa kelas VII pada konsep Pencemaran lingkungan di MTs Yaspika Kuningan . 2) Untuk melihat peningkatan hasil dari nilai dari pre-test ke nilai post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol maka dilakukan uji N-gain, hasilnya pada kelas eksperimen adalah 0,83 termasuk kedalam kategori tinggi dan untuk kelas kontrol adalah 0,74 termasuk kedalam kriteria sedang. 3) LKS digunakan untuk melihat kemampuan kecerdasan naturalis siswa dan hasilnya kelas eksperimen yang di beri perlakuan lebih tinggi dari kelas control. 4) Lembar observasi guru yang digunakan untuk mengetahui efektivitas penilaian autentik pada model pembelajaran PBL dengan persentasi sebesar 93,33 %. Hal ini menunjukkan bahwa aktivitas guru termasuk kedalam kategori baik sekali.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
How to Cite
Fauziah, H., & Nur, S. H. (2024). Penerapan Penilaian Autentik Pada Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Penalaran Konsep Berbasis Marzano Dan Kecerdasan Naturalis Siswa Kelas VII Pada Konsep Pencemaran Lingkungan Di MTs Yaspika Kuningan. Edubiologica: Jurnal Penelitian Ilmu Dan Pendidikan Biologi, 8(2), 27-33. https://doi.org/10.25134/edubiologica.v8i2.10228
References
- Amudi, Pasaribu. 1995. Pengantar statistik. Galia Indonesia, Jakarta.
- Arends, Richard I. Learning to Teach. Terjemahan oleh Helly Prajitno dan Sri Mulyantini 2008. Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
- Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. PT Rineka Cipta, Jakarta.
- Ary D, L.C jacobs and A Razavieh. Pengantar penelitian dalam pendidikan. Terjemahan oleh Arief Furchan 2010. Pustaka pelajar, Jakarta.
- Henry G., Kuswanto, Tuti Hartiningsih. IPA untuk SMP/MTs. Penerbit Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional Tahun 2009.
- Janice A. Herrington. 2006.Authentic conditions for authentic assessment: aligning task and assessment, University of Wollongong, Australia
- Joyce, Bruce. Weil, Marsha and Calthon, Emily. Models Of Teaching. Terjemahan oleh Ahmad Fawaid dan Ateilla Mirza 2009. Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
- J.T.M. Gulikers,et al 2006. Authentic assessment, student and teacher perceptions: the practical value of the fivedimensional framework. Journal of vocational education and training 58, 337-357.
- Kunandar.2013.Penilaian Autentik.PT Raja Grafindo Persada,Jakarta.
- Martomidjojo, Russamsi . Rustaman, Nuryani. 2011, Pembelajaran Biologi Sel Berbasis Keterampilan BerfikirKritis Menggunakan “Concept Attaiment model. 37 halaman. Tersedia online pada Http://jurnal .fkip.uns.ac.id/index.php’prosbio/article/vico/965619
- Marzano, RJ, 1992. A Different Kind Of Classroom : teaching withdimentions of learning, United States Of America : Association supervition and Curiculum Development.
- Muchtar Hartati. 2010. Penerapan Penilaian Autentik dalam Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan.
- Nugraha, Endi, 1985. Statistika Untuk Penelitian : Permudi, Bandung.
- Pantiwati Yuni. 2013. Hakekat asesmen autentik dan penerapannya dalam pembelajaran biologi.UMM .
- Rahmat, Adi.2007. Learning Demensions Based Teaching. Pusat Penelitian Kebijakan Dan Inovasi Pendidikan Balitbang Depdiknas
- Rusman, 2010. Model-model Pembelajaran. Rajawali Pers, Jakarta.
- Sarjan,Haryanto,Yusman,Agus,Suharjo,Widodo,Wita. Ilmu Pengetahuan Alam. Penerbit Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional Tahun 2009
- Setya Nurachmandani dan Samson Samsulhadi. Ilmu Pengetahuan Alam Terpadu. Penerbit Pusat Kurikulum dan Perbukuan Kementerian Pendidikan Nasional Tahun 2010
- Selviana Yunita dan Hapsari Tri, 2013. Peningkatan PBL untuk hasil belajar siswa. UNM.
- Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. ALVABETA, Bandung,
- Suharsaputra Uhar. 2012. Metode Penelitian . PT Refika Aditama, Kuningan.
- Sumantri, Mulyani. Pendidikan Dasar dan menengah. (Artikel)
- Sunarya, Yaya 2014. Strategi Meningkatkan Tes Uraian 16 halaman. Tersedia online pada http://file.upi.ada/Direktorat/FIP/Jur_Psikologi_Pend_dan_Bimbingan195911301987031-YayaSunarya/Bahan_Evaluasi-Asessment/Tes_Uraian.Pdf
- Trianto.2010.Model pembelajaran terpadu. bumi aksara, Jakarta.
- Utomo, Galuh. mediabelajaronline. 2010/03/sistem-pencernaan-pada-manusia.
- Wulandari,Eni dkk. Penerapan Model PBL (Problem Based Learning) Pada Pembelajaran IPA.Universitas sebelas maret